PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 26 Menit 25 Detik 

Belajar Python dengan Mematuhi Aturan Penulisan Sintaks

Belajar Data Science di Rumah 02-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/967c92c6ee98f1472e4b2804e605830b_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming dan termasuk dalam kategori high-level programming language. Sebagai general-purpose programming language, Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti: pengembangan aplikasi web ataupun mobile, data science dan visualisasi data. Python dipuji kualitasnya dan sangat direkomendasikan oleh para developer karena Python terintegrasi dengan baik dengan berbagai macam bahasa pemrograman dan layanan enterprise. Untuk bagian-bagian yang melibatkan sumber daya komputasi yang besar, pengembang dapat menggunakan fungsionalitas dalam bahasa pemrograman lainnya yang bersifat low-level yang telah dikemas ke dalam fungsionalitas Python. Berbicara mengenai bahasa pemrograman Python, ternyata bahasa ini dieksekusi oleh sebuah interpreter. Interpreter tersebut bertugas untuk memparsing sintaks python, dan kemudian mengkonversinya menjadi sebuah instruksi mesin satu persatu (maksudnya adalah satu baris-satu baris). Tapi, perlu kalian ketahui sahabat data bahwa dalam bahasa pemrograman apapun harus mematuhi aturan-aturan penulisan yang perlu diikuti bagi penggunanya. Salah satu bahasa pemrograman yang memiliki aturan penulisan sintaks tersendiri adalah Python.


Aturan penulisan python terbagi menjadi beberapa sub bahasan; mulai dari struktur baris kode, statemen, komentar, penugasan, indentasi, dan lain sebagainya. Secara umum ketentuan penulisan sintaks pada python memiliki sifat-sifat seperti case sensitive, tidak menggunakan titik koma, indentasi sebagai pembentuk struktur, tidak ketat terhadap tipe data dan human friendly. Melalui aturan penulisan sintaks yang terdapat dengan Python, maka user atau pengguna aplikasi Python disarankan untuk mengikuti format penulisan tersebut demi mendapatkan hasil dan output yang sesuai dengan kemauan user saat melakukan running data. Kira-kira apa saja ya aturan penulisan sintaks yang baik dan benar untuk bahasa pemrograman Python? Marilah kita belajar bersama-sama yuk sahabat data DQLab! Pada artikel DQLab kali ini, kita akan belajar dan cari tahu sama-sama apa saja aturan penulisan sintaks dalam bahasa pemrograman Python. Hal ini tentunya bermanfaat dan sangat recommended bagi kalian yang baru belajar data science maupun pemula data yang baru menggunakan aplikasi Python. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1.Penulisan Statement pada Python

Statement adalah sebuah pernyataan atau instruksi yang akan dieksekusi oleh mesin. Interpreter python akan bertugas untuk menginterpretasikan setiap statement menjadi perintah mesin yang sesuai. Di dalam python, penulisan antar statemen tidak diakhiri dengan titik koma berbeda dengan bahasa pemrograman lain pada umumnya di mana setiap statement akan dibedakan berdasarkan adanya karakter titik koma (;). Cara membedakan satu statement dengan statement lainnya dengan karakter ganti baris yakni dengan simbol ( ). Setiap pergantian baris, interpreter akan menganggap bahwa sebuah statement telah sempurna. Berikut merupakan contoh penulisan statement pada Python yang benar.


Penulisan satu statement tidak diakhiri dengan tanda titik-koma. Sedangkan, bila kita ingin menulis lebih dari satu statement dalam satu baris, maka kita harus memisahkan dengan titik-koma. Tapi, untuk cara ini tidak dianjurkan karena nantinya akan sulit dibaca jika menuliskan statement dalam satu baris.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2.Penulisan String pada Python

String adalah teks atau kumpulan dari karakter. String dalam pemrograman biasanya ditulis dengan dibungkus menggunakan tanda petik. Bisa menggunakan tanda petik tunggal maupun ganda. String pada Python adalah tipe data yang memuat satu karakter atau lebih karakter (sequences of character) yang diapit oleh tanda petik tunggal (') atau tanda petik ("). Dalam bahasa pemrograman Python, deklarasi suatu string tidak dibedakan penggunaan tanda petik atau tanda petik tunggal. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman yang mendekati bahasa mesin seperti C++ dan C, dimana penggunaan (') untuk mendefinisikan satu karakter dan (") untuk mendefinisikan banyak karakter. Berikut merupakan contoh penulisan string pada Python:


3.Penulisan Case pada Python

Sintak Python bersifat case sensitive, artinya teksini dengan TeksIni dibedakan. Penulisan sintaks pada python bersifat case sensitive, artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan atau tidak sama. Seperti misalnya, penulisan dimana dengan Dimana itu dibedakan. Berikut merupakan contoh penulisan case pada Python:


4. Penulisan Blok pada Python

Blok program adalah kumpulan dari beberapa statement yang digabungkan dalam satu blok. Penulisan blok program harus ditambahkan indentasi (tab atau spasi 2x/4x). Apa yang terjadi bila tidak ada indentasi? Program akan terindikasi error Sama seperti pada bahasa C atau Java jika kurang tanda titik koma. Berikut merupakan contoh penulisan blok pada Python yang benar dan salah:

Contoh penulisan blok yang benar:


Contoh penulisan blok yang salah:


Baca juga : Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5.Yuk Belajar Python Bersama DQLab!

Dilansir dari Redmonk, perusahaan software asal Amerika Serikat meluncurkan 10 bahasa pemrograman terpopuler tahun 2021. Salah satu bahasa pemrograman yang masuk kedalam jajaran 5 besar adalah Python. Python merupakan bahasa pemrograman interpretatif multiguna. Tidak seperti bahasa lain yang susah untuk dibaca dan dipahami, python lebih menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Hal ini membuat Python sangat mudah dipelajari baik untuk pemula maupun untuk yang sudah menguasai bahasa pemrograman lain. Jika kamu penasaran dengan python dan ingin belajar python langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id/signup.


Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor anti ribet. Kamu juga bisa cobain free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Penulis: Reyvan Maulid Pradistya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :