Mulai Belajar Data GRATIS di DQLab  Sign Up

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Menginstall Python

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Menginstall Python

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/429d35e8f354001d7482b6e8644ac6a7_100_persen.jpg

Python adalah Bahasa pemrograman yang banyak digunakan di seluruh dunia untuk mengembangkan situs web, algoritma dan menyederhanakan proses otomatisasi. Proses pengkodean pada Python sangat sederhana sehingga dapat membantu perusahaan-perusahaan seperti Yahoo, IBM, Nokia, Google, Disney, dan banyak perusahaan Indonesia yang menggunakannya sebagai back end mereka.

Python adalah Bahasa pemrograman yang paling direkomendasikan bagi pemula yang memasuki dunia Data Science. Bagi kamu yang baru mengenal tentang pemrograman biasanya akan direkomendasikan untuk memulai dengan menggunakan Python. Mengapa Python menjadi rekomendasi? Mengapa tidak Bahasa pemrograman yang lainnya? Yuk kita simak beberapa alasan kenapa kamu harus menginstall Python! 

1.   Bahasa yang User-friendly dan Mudah Dipelajari

Bahasa yang sederhana dan panduannya yang mudah memungkinkan pengguna melakukan transisi dari Bahasa formal ke Bahasa pemrograman. Hampir sama dengan Bahasa inggris sehari-hari, Python berbeda dengan Bahasa pemrograman lainnya  karena tidak langsung mengenalkan dengan sesuatu yang benar-benar baru untuk penggunanya.

Selain Bahasanya yang sederhana dalam membangun kode, Python juga mudah untuk dipelajari. Jika dalam pengkodean menggunakan java menghasilkan tiga baris, maka jika dengan Python hanya akan menghasilkan tiga kata. Tidak perlu menjadi seorang yang ahli jika ingin mempelajari Python dan segera install karena Python gratis dan open source!

Baca juga: Belajar Python: Intip Tutorial Mudah Instalasi Python pada Windows 10 di DQLab! 

 2.  Python Memiliki Banyak Library

Library pada Python adalah tempat yang kamu butuhkan untuk mendapatkan informasi yang membantumu untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu. Pada dasarnya, library memudahkan kamu dari tugas menulis kode untuk fungsi-fungsi tertentu. Cara adalah kamu hanya perlu mencari modul tertentu di dalam library dan akan melakukan tugas sesuai fungsinya. Misalnya, jika kamu ingin menambahkan beberapa gambar ke aplikasi, kamu cukup menggunakan Python Imaging Library. Jika kamu tertarik dengan pemrograman game, library Pyglet dan Pygame akan sangat membantu. Beberapa tugas akan cukup rumit jika kamu memutuskan untuk mengkodekannya secara manual. Oleh karena itu,  banyaknya modul dan library menunjukkan alasan lebih mudah menjalankan fungsi kompleks menggunakan Python. 

3.  Peran Python dalam Big Data dan Otomasi

Python merupakan salah satu Bahasa pemrograman yang mendukung operasi Big Data. Dengan kemampuannya, Python dapat membantu memproses berbagai jenis informasi. Terlebih lagi untuk sekarang, Python memungkinkan untuk membantu mendukung komputasi paralel. Salah satunya penggunaan Python dalam Big Data, Python membuatnya lebih mudah untuk memprosesnya. Python sama pentingnya dalam otomasi juga, karena ia dapat digunakan sebagai bahasa scripting juga.

Itulah beberapa alasan yang harus kamu pertimbangkan untuk menginstall Python. Meskipun pada akhirnya setiap bahasa pemrograman memiliki keunggulan nya masing-masing, akan tetapi Python mempermudah kita untuk membuat kode dan mengembangkan algoritma, program, atau situs web secara instan.

Baca juga: Python Tutorial : Yuk Mulai Pahami Formula Ini Untuk Hasilkan Keputusan Terbaik!

4. Yuk mulai pelajari Python lebih mendalam bersama DQLab!

Yuk mulai pelajari dan terapkan ilmunya pada data yang kamu miliki! Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulisan : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!