GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 29 Menit 58 Detik 

Belajar Python Pemula Cara Install Python untuk Membuat Program

Belajar Data Science di Rumah 16-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8108c8d7a959149b4a3865d1db07ec12_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berfokus pada keterbacaan kode. Python menjadi bahasa pemrograman yang wajib dikuasai khususnya oleh praktisi data seperti data scientist. Seorang data scientist menggunakan Python untuk mengolah big data dan membangun machine learning. Selain itu, Python juga dapat digunakan developer untuk membuat aplikasi berbasis web, aplikasi mobile, dan game. Terdapat banyak library yang disediakan Python yang memungkinkan aktivitas tersebut. Beberapa bersifat cross-platform yang mana aplikasi yang dibuat dapat digunakan di berbagai platform seperti Windows, Mac OS, Linux, Android, dan iOS. 


Dalam data science, bahasa Python merupakan syarat wajib yang hampir ada di setiap rekrutmen untuk profesi praktisi data. Biasanya minimal menguasai fundamental Python. Belajar Python bagi pemula kini cukup mudah karena banyak sumber yang membahas tentang Python seperti blog dan youtube dan juga Python merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan dipahami bahkan oleh pemula sekalipun. Penggunaan bahasa inggris standar dalam penulisan kode pada Python membuat kode pada Python mudah dibaca dan dipahami. Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika mulai belajar Python adalah menginstall Python. Nah, artikel kali ini akan dibahas cara menginstall Python dan contoh program sederhana dengan Python. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Bagaimana Cara Install Python?

Python dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya. Install Python tidak terlalu sulit seperti bahasa pemrograman lainnya yang mana harus menginstall programnya karena sebagian besar sistem operasi sudah memiliki compiler Python di dalamnya. Untuk kali ini adalah langkah-langkah install Python di Windows. Kamu bisa mengeceknya di Search > Command Prompt kemudian ketikkan perintah berikut:

$python -versionPython 3.7.1

Jika belum terdapat versi terbaru kamu bisa mengunduhnya di laman resmi Python disini. Setelah selesai mengunduh, jalankan file instalator Python. Pilih "Install for all users" agar dapat dipakai semua user di komputer. Lalu pilih lokasi Python yang akan diinstall. Klik next dan jangan lupa aktifkan "Add python.exe to path" agar command prompt mengenali perintah Python. Klik Finish untuk menyelesaikan proses install. 


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Mengenal Komponen-Komponen di Python

Sebelum mulai mencoba membuat program sederhana dengan Python, ada baiknya untuk mengenali komponen yang ada dalam Python yaitu sebagai berikut:

  • Sintaks yaitu perintah yang diketikkan dan dapat dieksekusi langsung di Python.

  • Komentar untuk menuliskan keterangan yang menjelaskan fungsi kode atau tulisan lainnya sesuai yang diinginkan. Komentar di Python dituliskan dengan memberikan awalan simbol # kemudian diikuti dengan komentar. Misalnya seperti #kode ini untuk menghasilkan output. Komentar dapat dituliskan sebelum, sesudah, atau di samping kode program. 

  • Operator yang digunakan pada Python untuk melakukan komputasi yaitu penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), pemangkatan (**), modulus (%), dan floor division (//). 

  • Python indentation atau penempatan baris kode yang sangat diperhatikan. Ketika baris kode dituliskan pada baris atau tab yang sama maka akan menghasilkan error. 

  • Variabel yang digunakan untuk proses penyimpanan berbagai tipe data.

  • String pada Python dideklarasikan dengan tanda kutip dua ( ) misalnya untuk mendeklarasikan DQLab maka penulisannya adalah (DQLab). 


3. Membuat Program untuk Menentukan Bilangan Ganjil Genap

Setelah menginstall Python dan mengenal komponen yang ada pada Python, sekarang mari kita coba membuat program sederhana dengan Python. Bagi yang pernah belajar pemrograman biasanya awalnya akan diajari membuat program menentukan bilangan ganjil genap. Tuliskan perintah di Python seperti dibawah ini: 


Output yang dihasilkan adalah akan muncul tulisan Masukkan bilangan: dan masukkan angka yang ingin kamu periksa apakah termasuk bilangan genap atau ganjil. Contoh jika memasukkan angka 10 maka outputnya seperti berikut:


Kemudian contoh memasukkan angka 7 maka outputnya sebagai berikut:


4. Membuat Program Sederhana untuk Order Toko

Setelah berhasil membuat program diatas, sekarang kita coba lagi membuat program sederhana untuk order toko semacam kasir. Dengan program ini kita bisa melihat total yang harus dibayarkan oleh konsumen. Jalankan program Python kemudian tuliskan sintaks seperti berikut:


String (str) dan integer (int) adalah tipe data yang bisa diinput dalam program. String digunakan untuk tipe data karakter dan integer digunakan untuk tipe data angka. Masukkan data sesuai perintah, dan output yang dihasilkan adalah sebagai berikut:


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5. Yuk, Belajar Python dari Dasar Bersama DQLab!

Belajar Python dari Dasar bisa dari berbagai sumber seperti blog, buku, video tutorial, dan sebagainya. Bagi pemula, salah satu yang sarana belajar yang bisa menjadi pilihan yaitu dengan mengikuti kursus. DQLab merupakan lembaga kursus data science yang memiliki pilihan program belajar dan memberikan modul-modul pembelajaran yang terstruktur. Pembelajaran dikemas dengan menarik dan mudah dipahami oleh pemula. Terdapat pembelajaran terkait data science yaitu dengan Python, R, SQL, dan Excel. Yuk, segera gabung di DQLab dan tingkatkan skill pemrograman dengan Python!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!