PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 31 Menit 44 Detik 

Belajar Query Dasar SQL yang Banyak Digunakan Oleh Praktisi Data, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 27-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/24e09a2c4be723e19a5bb1744b88dfce_x_Thumbnail800.jpg

Bagi sebagian orang, SQL menjadi bahasa pemrograman yang dianggap sulit jika dibandingkan dengan R dan Python karena hanya SQL yang akan berhubungan langsung dengan database relational. Database ini yang kemudian akan menghubungkan antara beberapa tabel serta mengatur data yang ada di dalam tabel. Sebenarnya, belajar SQL tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih jika mereka mulai mempelajarinya dari hal yang paling basic barulah ke tingkat selanjutnya.

SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa standar yang digunakan untuk mengakses database, sehingga meskipun berbeda vendor yang digunakan sebagai server, mereka tetap bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa standar. Hal ini sama dengan penduduk Indonesia yang akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa standar meskipun mereka berasal dari provinsi yang berbeda-beda. Nah, ada beberapa query dasar dari SQL yang wajib diketahui oleh pemula karena query ini akan banyak digunakan di dalam Data Science. Apa saja sih?


1. WHERE

Query yang pertama adalah WHERE, yaitu digunakan untuk memfilter data yang akan ditampilkan. Untuk menjalankan query WHERE, kita akan membutuhkan operator seperti sama dengan (=), lebih besar dari (>), kurang dari (<), tidak sama dengan (<>), dll. Operator ini tidak harus dihafalkan, karena jika rajin berlatih menggunakan SQL, kita pasti akan tahu harus menggunakan operator yang mana. Contoh penggunaan WHERE adalah:


SELECT * FROM customers WHERE kota <> 'Sumbawa';


Dari query di atas, kita akan mengambil seluruh data yang ada di tabel customer kecuali untuk data yang kota nya adalah Sumbawa.


Baca Juga: Yuk Cari Tahu Perbedaan Python, R, dan SQL


2. JOIN

JOIN adalah query yang juga banyak digunakan oleh para praktisi data. Seperti namanya, query ini digunakan untuk menggabungkan beberapa data yang ada 2 tabel atau lebih. Query JOIN dapat terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu INNER JOIN (hanya menggabungkan data yang sama), LEFT JOIN (menggabungkan data berdasarkan tabel yang ada di kiri, dimana tabel paling kiri akan dimasukkan semua), RIGHT JOIN (sama seperti LEFT JOIN hanya saja tabel yang dijadikan patokan adalah tabel yang ada di kanan), dan FULL JOIN. Contoh penggunaan query JOIN adalah:


SELECT * FROM customers

INNER JOIN sales

ON customers.product_id = sales.product_id;


3. UNION

Union sebenarnya hampir sama dengan JOIN karena sama-sama digunakan untuk menggabungkan data yang ada. Hanya saja, pada UNION data akan digabungkan secara vertikal, sementara pada JOIN data digabungkan secara horizontal. Jika dilihat berdasarkan query nya, UNION menggunakan query yang jauh lebih simpel jika dibandingkan dengan JOIN, contonya,


SELECT * FROM customers UNION

SELECT * FROM sales; 


4. GROUP BY dan HAVING

Query selanjutnya yang banyak digunakan oleh praktisi data adalah GROUP BY dan juga HAVING. GROUP BY akan digunakan untuk mengelompokkan data yang bernilai sama ke dalam satu kelompok. Umumnya dengan menggunakan fungsi aggregate seperti (COUNT, MAX, MIN, SUM, AVG, dll) kita bisa melakukan agregasi untuk untuk setiap kelompok yang ada. Sementara HAVING akan digunakan untuk menggantikan WHERE di dalam statement GROUP BY yang datanya di-agregasi. Contoh penggunaan GROUP BY dan HAVING secara bersamaan adalah sebagai berikut,


SELECT product_id

FROM sales

GROUP BY product_id

HAVING MIN (Revenue) > 100000


Baca Juga: Mengenal Perbedaan Python, R dan SQL dalam Data Science


5. Ingin Belajar Data Science Namun Tidak Punya Basic SQL? DQLab Adalah Pilihan yang Tepat!

Selain R dan Python, SQL termasuk bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para praktisi data. DQLab bisa menjadi pilihan tempat belajar SQL dan juga bahasa pemrograman lainnya. Ada banyak modul SQL yang disediakan oleh DQLab untuk member premium, dari level beginner hingga level advanced. Setiap materi akan disajikan menggunakan bahasa Indonesia, serta dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti. Selain itu, DQLab juga sering mengadakan webinar yang bertemakan Data Science, dan biasanya akan gratis untuk membernya. Tunggu apa lagi, yuk daftar dirimu menjadi member DQLab sekarang juga dan nikmati berbagai fasilitasnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!