MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 4 Menit : 31 Detik

Belajar R : Pentingnya Mengetahui Manfaat R dalam Dunia Data Science

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b09541eead30a351010345db75f7f549_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan harta karun yang banyak dicari saat ini. Boleh dibilang, data sama mahalnya dengan sebongkah emas. Namun, untuk mengubah sebuah data yang berukuran besar dan tidak terstruktur, butuh proses pengolahan sehingga data tersebut menghasilkan informasi yang berguna bagi sebuah organisasi dan bisnis.

Saat ini muncul sebuah disiplin ilmu yang disebut dengan data science. Data science adalah bidang ilmu yang mempelajari proses pengolahan data hingga menjadi informasi yang berguna. Seseorang yang bekerja di bidang data science disebut data scientist. Seorang data scientist, data Analyst maupun Data Engineer membutuhkan software yang powerfull untuk membantu pekerjaannya. Salah satu software yang dapat digunakan adalah R. Apa sih spesialnya R? Dalam artikel kali ini DQLab akan berbagi kelebihan software R yang dapat dimanfaatkan oleh seorang data scientist. Yuk, simak artikel selengkapnya!

1. Mudah dan Cepat dalam Penggunaannya

Kelebihan R yang pertama adalah mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, seperti java, C#, javascript, dan lain lain.  Selain itu, R memberikan hasil yang relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan software lain. Contohnya, R dapat menghasilkan visualisasi data yang menarik dalam waktu cepat sehingga data scientist lebih produktif dalam menghasilkan informasi yang bermanfaat.

Baca juga: Data Scientist VS Data Analyst : Pahami Perbedaan Interview Kerja Kedua Peran Ini

2. R Kaya akan Fitur

R merupakan sebuah bahasa pemrograman untuk mengolah data dan grafik. Saat ini, R merupakan software yang sangat terkenal karena memiliki berbagai fitur mulai dari membaca teks, database, menghasilkan dashboard, hingga penggunaan machine learning. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh R adalah banyaknya sintaks dan fungsi statistik yang terpasang. Beberapa koleksi tools statistik untuk analisis data yaitu berbagai macam uji statistik, statistik deskriptif, fungsi probabilitas, hingga time series. Selain statistics tools, R juga menyediakan GUI (Graphic User Interface) yang berbasis sistem menu seperti R Studio, Tinn-R, R Commander, dan lain lain.

3. R Populer di Kalangan Industri Besar Dunia

R sudah banyak digunakan oleh data scientist di perusahaan besar seperti uber, facebook dan Anz. Tak heran jika banyak lowongan data scientist mencantumkan R sebagai syarat keterampilan yang harus dimiliki. Selain banyak digunakan oleh data scientist di perusahaan besar, dokumentasi pengguna R mudah diakses di Rpubs dan Gthub, dan ada koleksi packages yang dibagikan secara gratis oleh sesama pengguna.

Kelebihan R yang lain adalah memiliki komunitas yang tergabung dalam satu grup stack overflow yang sangat aktif. Di grup tersebut kamu bisa bertanya jika memiliki kesulitan saat menggunakan R atau memberi solusi ke pengguna lain. Jadi selain mendapat ilmu, kita juga mendapat relasi baru untuk terus berkembang dalam dunia data science.

Baca juga: Belajar Data Science, Kupas Tuntas Teknologi Big Data di Era Industri 4.0

4. Tertarik Belajar Bahasa Pemrograman R? Yuk, Gunakan Voucher BELAJARGRATIS untuk Akses DQLab GRATIS Selama 1 Bulan!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  •  Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  •  Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.


Simak informasi di bawah ini untuk belajar GRATIS selama 1 Bulan dengan redeem kode voucher BELAJARGRATIS sekarang!

  1. Daftarkan akun email pada DQLab.id

  2. Aktifkan akunmu melalui email, check juga di folder SPAM

  3. Log in pada academy.dqlab.id

  4. Klik ke menu redeem voucher dan masukkan kode voucher

  5. Bisa belajar GRATIS selama 1 Bulan!

 


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!