DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 41 Menit 24 Detik 

Belajar Rumus Dasar Statistik dengan Aplikasi Statistik Excel

Belajar Data Science di Rumah 25-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7cc51dc6fc0b83c213d5d51d428247ac_x_Thumbnail800.jpg

Pengolahan data sangat membantu berbagai sektor khususnya sektor bisnis dalam hal pengambilan keputusan, baik keputusan yang bersifat strategis hingga keputusan yang bersifat manajerial harian. Namun, untuk dapat melakukan pengolahan data harus menggunakan metode hingga aplikasi khusus seperti aplikasi statistik guna mempercepat proses pengolahan data tersebut. Selain itu, dengan menerapkan metode dan teknik yang sesuai dengan kebutuhan penelitian akan mempermudah lagi proses pengolahan data tersebut.


Aplikasi statistik adalah sebuah tools yang digunakan untuk mempercepat proses pengolahan data statistik khususnya dalam penelitian yang bersifat kuantitatif. Untuk memudahkan kita dalam melakukan pengolahan data dengan analisis statistik, kita dapat menggunakan berbagai macam alat bantu atau software. Adapun aplikasi yang dapat digunakan sangatlah beragam.


Salah satu software yang bisa digunakan untuk analisis statistik adalah Microsoft Excel. Software yang berisi beberapa baris, kolom, dan cell ini memiliki berbagai rumus mulai dari rumus operasi matematika dasar, rumus statistika, rumus matematika keuangan, dan lain sebagainya. Rumus atau dikenal juga dengan formula ini membantu kita untuk menghitung suatu perhitungan yang kompleks hanya dengan satu baris formula saja.


Saat ini, Excel pun menjadi syarat kompetensi yang banyak dicantumkan saat sebuah perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan. Jadi tunggu apalagi? Yuk simak beberapa rumus dasar statistik berikut yang bisa kamu jadikan bekal untuk berkarir!


1. Aplikasi Statistik Microsoft Excel

Microsoft Excel atau biasa disebut Excel adalah salah satu software berbasis spreadsheet untuk mengorganisasikan angka dan data dengan serangkaian rumus dan fungsi yang tersedia. Excel juga software spreadsheet yang sangat powerfull di kelasnya, Excel digunakan hampir untuk semua kepentingan di berbagai sektor bisnis dari segala ukuran untuk melakukan analisis keuangan ataupun analisis data. Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi, rumus dasar excel hingga advanced dan juga shortcuts yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsionalitasnya.


Oleh karena itu, tak heran jika Microsoft Excel memiliki penggemar fanatik dari hampir semua sektor bisnis baik dari perusahaan kecil hingga besar.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Perhitungan Dasar Excel

Excel dirancang untung memproses data dalam bentuk digital, dan kamu dapat menambahkan, mengubah, dan memanipulasinya sesuai kebutuhan. Mempelajari cara berhitung di Excel adalah langkah pertama untuk memahami keseluruhan konsep. Di Excel, dalam menghitung angka dan memproses data memiliki istilah lain, yaitu penggunaan "fungsi". Suatu fungsi juga dikatakan sebagai "rumus", sehingga bilangan yang diperoleh sesuai dengan yang kita inginkan. Langkah pertama untuk membuat fungsi adalah, klik kotak di Excel dan ketik simbol "=".


Berikut simbol/operator yang bisa kamu gunakan untuk perhitungan dasar di Excel:

  • "+" Untuk melakukan operasi pertambahan.

  • "-" Untuk melakukan operasi pengurangan.

  • "*" (Tanda bintang/SHIFT + 8) Untuk melakukan operasi perkalian.

  • "/" (Garis miring) Untuk melakukan pembagian.


3. Menghitung Mean dengan Excel

Mean dalam Excel dengan menggunakan rumus bisa dimanfaatkan untuk mempercepat dalam menghitung nilai rata-rata. Rata-rata ini bisa digunakan dalam rekap nilai atau semacamnya. Rumus Mean ini merupakan rumus statistik yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data yang dibagi dengan banyaknya data. Berikut cara menghitung rata-rata dengan rumus di Excel.

Misalnya, kita akan menghitung rata-rata dari kumpulan data berikut: 20, 30, 20, 10, 30, dan 10.

Maka cara untuk menghitung rumus rata-rata Excel adalah:



4. Menghitung Standar Deviasi dengan Excel

Standar deviasi merupakan metode untuk mengidentifikasi penyebaran data. Dalam Excel, ada dua formula untuk menghitung standar deviasi, yaitu STDEV.P dan STDEV. S. Rumus STDEV.P digunakan untuk menghitung standar deviasi dari populasi, sedangkan STDEV.S digunakan untuk menghitung standar deviasi dari sampel.


Pada contoh berikut ini, kita akan coba mengidentifikasi standar deviasi dari populasi berikut: 20, 30, 20, 10, 30, dan 10. 

Maka cara untuk menghitung rumus standar deviasi Excel adalah:



5. Mencari Nilai Minimum dan Maksimum dengan Excel

Nilai paling kecil (minimum) dan paling besar (maksimum) merupakan salah satu rumus statistik yang sering digunakan dalam Excel, diantaranya untuk menemukan berapa besarkah rentang atau selisih antara data terkecil dengan data yang memiliki nilai terbesar. Oleh karena itu nilai minimum dan maksimum juga sering ditemukan saat kita membuat sebuah statistik deskriptif dari sebuah kumpulan angka. Excel telah menyediakan fungsi statistik standar yakni MIN() dan MAX() untuk mencari kedua nilai tersebut sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot menghitungnya secara manual.


Pada contoh berikut ini, kita akan coba mengidentifikasi nilai minimum dan maksimum dari data berikut: 20, 30, 20, 10, 30, dan 10. 

Maka cara untuk menghitungnya dengan Excel adalah:



Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


6. Belajar Statistik dengan Modul DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang Data Scientist. Jika kamu adalah pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman Python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi? Jangan khawatir, yuk segera bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus Data Science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus Data Science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!