PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 55 Menit 13 Detik 

Belajar SQL Inner Join, Full Join, Right Join dan Left Join

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b33914865a211a89d270d13fd69422a_x_Thumbnail800.jpg

Jika kamu ingin memulai karir sebagai praktisi data entah itu sebagai data scientist, data analyst atau business intelligence maka mempelajari SQL terlebih dahulu adalah langkah yang tepat. Ketika kamu bekerja dengan banyak data ada kemungkinan untuk kamu menggabungkan data antar tabel yang berbeda dalam database. 


Penggabungan tabel tersebut adalah JOIN. Perintah JOIN dalam SQL digunakan untuk menampilkan data pada tabel yang saling berelasi atau tanpa berelasi tapi berhubungan. Artinya kamu dapat menampilkan data dalam beberapa table dengan melihat ada kesamaan antar tabel walau ada entitas yang berbeda namun isinya dapat kita hubungkan. 


Penggabungan dua tabel menjadi satu tabel baru menggunakan query SELECT pada subbab sebelumnya dilakukan dengan cara; menuliskan dua nama tabel yang akan digunakan dengan dipisahkan operator koma (,), kemudian menuliskan pasangan key columns dengan penghubung operator dengan (=) di bagian filter atau kondisinya.


Dari pada pusing-pusing membayangkannya lebih baik langsung saja kita berkenalan sekaligus mempraktekkan pada artikel dibawah ini!


1. Inner JOIN

INNER JOIN yaitu sebuah perintah yang digunakan untuk menampilkan sebuah data atau record dengan menghubungkan dua table atau lebih dalam satu perintah, pada perintah inner join data yang akan ditampilkan hanyalah data yang memiliki pasangan saja, maksudnya yaitu data pada table tidak memiliki sebuah kesamaan maka data tidak akan ditampilkan.


Perhatikan contoh tabel database berikut ini:

sql


Sekarang mari kita lakukan inner join dengan menggunakan syntax berikut:

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Right JOIN

RIGHT JOIN, fungsi dari right join hampir sama dengan inner join namun pada right join akan membuat sebuah parameter pada sebelah kanan jika data pada table terdapat data atau record yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL. RIGHT JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi.


Namun kebalikan dari LEFT JOIN, pada table ruang (table kanan), data yg tidak berelasi akan bernilai NULL. Masih menggunakan contoh tabel yang sama yaitu tabel kelas dan ruang. Mari kita buat right join sebagai berikut:


sql


3. Left JOIN

LEFT JOIN, fungsi dari left join hampir sama dengan inner join dan right join, namun pada LEFT JOIN kebalikan dari RIGHT JOIN, jika pada right join akan membuat sebuah parameter di sebelah kanan namun pada left join akan membuat sebuah parameter dari table sebelah kiri, dan jika ada data atau record yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL di sebelah kanan.


Sederhanyanya,  LEFT JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi. Namun pada table kelas (table kanan), data yg tidak berelasi akan bernilai NULL. Tidak jauh berbeda dengan right join berikut ini adalah contoh penerapan left join:

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Full JOIN

FULL JOIN, fungsi dari full join hampir sama dengan inner join, right join, dan left join, namun pada FULL JOIN gabungan dari RIGHT JOIN dan FULL JOIN, jika pada right join akan membuat sebuah parameter di sebelah kanan dan  pada left join akan membuat sebuah parameter dari table sebelah kiri, maka full join membuat sebuah parameter pada kanan dan kiri.


Jika ada data atau record yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL di sebelah kanan dan disebelah kiri. Berikut ini adalah contoh penerapan full join

sql


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun.


Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :