Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Belajar SQL untuk Pemula? Intip Serba Serbinya Disini

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1620982040e3d800aec34169a08a54a7_x_Thumbnail800.png

Apabila saat ini kalian sedang mempelajari ilmu Data Science, tentunya kalian akan bertemu dengan materi mengenai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sangat banyak jenisnya dan dapat digunakan untuk mengembangkan segala jenis aplikasi untuk perangkat komputer, handphone, hingga table. Salah satu bahasa pemrograman yang akan dibahas dalam artikel ini adalah SQL.


SQL merupakan salah satu pilihan yang dapat kalian gunakan dalam membuat sistem database. Banyak sekali pekerja data, khususnya profesi developer yang menggunakan SQL untuk merancang kebutuhan database pada aplikasi. SQL merupakan salah satu faktor yang penting untuk kalian pelajari dalam Data Science, maka dari itu DQLab akan memberikan kalian informasi seputar cara belajar SQL untuk pemula di bidang data.


1. Pengertian SQL

Structured Query Language atau SQL merupakan bahasa query yang diciptakan untuk membantu pengambilan dan pengelolaan informasi dalam sebuah database. SQL juga dapat digunakan untuk mengolah data dalam jumlah yang besar, khususnya data yang berada di sistem manajemen database atau DBMS.

Dengan SQL, kalian dapat membuat dan memperbarui query, mengatur ulang data, membuat sistem database, serta mengontrol akses menuju data tersebut. Selain itu, SQL memungkinkan kalian untuk berkomunikasi dengan data yang ada di dalam database. Karena kebutuhan akan analisis data dan keputusan bisnis berbasis data terus meningkat, permintaan atau kebutuhan akan developer SQL semakin menaik tajam.

 

Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Manfaat SQL

SQL memiliki beberapa fungsi yang dapat kalian gunakan untuk pekerjaan di bidang data, fungsi pertama seperti yang sempat disampaikan sebelumnya, yaitu dapat memanipulasi dan mengakses database dengan menuliskan beberapa perintah sesuai dengan bahasa query yang telah ditetapkan. Kemudian, fungsi kedua dari SQL adalah mampu mengeksekusi query.


Penggunaan dari query tersebut bertujuan untuk memberikan perintah langsung kepada sistem untuk dapat mengelola sistem database. Dan fungsi terakhir dari SQL adalah dapat mengatur hak akses user atau pengguna. Hak yang dimaksud adalah hak dalam mengakses tabel, pandangan, dan prosedur pada database. Tujuan dari hak akses tersebut adalah untuk membatasi akses pengguna agar dapat sesuai dengan kebutuhan sistem yang diterapkan.


3. Ketahui Materi Seputar SQL

Dalam belajar Data Science, kalian perlu memperhatikan materi-materi yang akan kalian pelajari, khususnya ketika belajar bahasa query dalam SQL. Belajar SQL termasuk hal yang tidak mudah karena SQL merupakan bahasa yang rumit dan dapat menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menguasainya.


Materi seputar SQL bisa kalian dapatkan secara lengkap ketika kalian mendaftarkan diri ke dalam suatu tempat kursus data. Karena saat ini banyak sekali kursus data yang gratis atau murah dan menghasilkan banyak manfaat bagi kalian para calon ahli data, manfaatnya antara lain kalian bisa belajar menyesuaikan dengan aktivitas sehari-hari, dan lainnya.


4. Lakukan Praktik Latihan SQL

Ketika kalian sudah mempelajari SQL secara menyeluruh, tentunya kalian perlu menguji kemampuan tersebut dengan praktik secara nyata. Praktik yang bisa kalian lakukan antara lain melatih diri dengan menulis kode, belajar menjalin koneksi, mengetahui kode eror yang terdapat di SQL, dan lain sebagainya.


Karena database memiliki sistem yang berbeda-beda, kalian perlu terus menerus belajar untuk memahami sistem database yang ada beserta dengan cara kerjanya. Banyak sekali calon tenaga kerja yang berusaha keras berlatih SQL karena SQL menjadi salah satu faktor penting dalam profesi data, khususnya Data Scientist dan Developer.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Perbanyak Ilmu Lainnya Seputar SQL di DQLab

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, akan lebih baik apabila kalian melatih diri dalam belajar SQL di tempat kursus, DQLab dapat menjadi pilihan tempat kursus data yang tepat untuk kalian. Mengapa? Di DQLab, kalian dapat belajar materi data secara tuntas sekaligus mengembangkan portofolio kalian, jadi ketika kalian ingin melamar ke perusahaan tidak perlu memakan waktu lama dalam membangun portofolio yang menarik. Kalian bisa sign up di DQLab.id, kemudian kalian boleh langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi pertama kalian. Ayo, kembangkan ilmu data kalian bersama DQLab.id dan jadilah profesional dalam bidang data!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!