FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 7 Menit 31 Detik 

Belajar Teori Dasar MySQL Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b5306b6a71ea274d5fe8d6d6aabba2ba_x_Thumbnail800.jpeg

Salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang data scientist adalah memahami apa itu MySQL. Karena MySQL ini digunakan untuk berbagai macam proyek di dalamnya salah satunya adalah mengolah data. MySQL juga cukup sering digunakan untuk membuat proyek website termasuk penggunaan CMS (Content Management System) contohnya seperti wordpress. Maka dari itu banyak orang yang mulai mempelajari MySQL ini untuk macam-macam kebutuhan. Untuk kalian yang masih pemula dan ingin mempelajari MySQL kalian harus memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu.


Nah pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap dasar-dasar MySQL untuk kalian yang masih pemula. Jadi simak terus artikel dibawah ini.


1. Pengertian MySQL

Pengertian dari MySQL itu sendiri adalah salah satu software atau aplikasi RDBMS (Relational Database Management System). Secara sederhana RDBMS adalah aplikasi database yang menggunakan prinsip relasional. MySQL hanyalah salah satu dari RDBMS, beberapa RDBMS yang cukup populer adalah Oracle, Sybase, Microsoft Access, Microsoft SQL Server, dan juga PostgreSQL. Nah MySQL ini termasuk kedalam aplikasi yang open source yang berarti bisa digunakan oleh siapapun dan aksesnya pun mudah untuk membuat atupun mengembangkan sebuah aplikasi. MySQL juga di support oleh banyak sekali programmer di seluruh dunia dan juga salah satu aplikasi RDBMS yang cukup lengkap, cepat, dan juga reliabel.

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Keunggulan dari MySQL

Berikutnya adalah keunggulan dari MySQL salah satunya adalah memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan para pesaingnya. Keunggulan lainnya MySQL ini adalah salah satu software atau aplikasi open source yang jarang memiliki bug ataupun hang tidak seperti aplikasi open source lainnya. Karena setiap orang bisa berkontribusi dalam memeriksa bug dan juga melakukan test case untuk berbagai jenis permasalahan yang bisa memakan waktu sampai 24 jam online, multi user dan juga memakan data ratusan GB. Ini yang membuat MySQL memiliki performa diatas rata-rata. MySQL juga sudah dipakai oleh banyak perusahaan besar di dunia seperti Epson, New York Times, Wikipedia, Google, dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan besar lainnya.


3. Kekurangan MySQL

Setelah melihat beberapa keunggulan dari MySQL, pastinya sebuah aplikasi memiliki kekurangan di dalamnya karena hampir tidak pernah ada aplikasi yang sempurna pastinya memiliki kekurangan di dalamnya. Nah di dalam MySQL ini terdapat beberapa kekurangan seperti MySQL kurang mampu untuk mengelola sebuah database dalam jumlah yang sangat besar, kekurangan selanjutnya MySQL tidak begitu cocok untuk pembuatan aplikasi mobile ataupun game karena manajemen sistem MySQL masih kurang begitu bagus saat dipakai untuk membuat sistem aplikasi tersebut, kekurangan terakhir adalah technical support di dalamnya kurang bagus, karena aplikasi ini bersifat open source yang membuat technical support di dalamnya kurang begitu memadai. Jadi biasanya user akan mengalami masalah yang berhubungan dengan pengopersaian software tersebut. 


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Komponen MySQL

Dalam MySQL terdapat tiga jenis komponen di dalam menuliskan sebuah perintah pada SQL yang merupakan bahasa yang bisa digunakan untuk melakukan operasi tertentu dalam database dan juga membuat database itu sendiri. Tiga jenis komponen ini adalah DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan juga DCL (Data Control Language). Perbedaan dari tiga komponen ini adalah untuk DDL berisikan perintah-perintah dari SQL yang bisa mendefinisikan skema dari sebuah database, untuk DML adalah perintah SQL yang memiliki hubungan dengan memanipulasi data dan juga mengambil data dari dalam database relasional, yang terakhir untuk DCL berfungsi untuk melakukan sebuah pengontrolan data yang memiliki banyak hubungan dengan izin, hak, dan kontrol lainnya di dalam sebuah database.


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :