FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 35 Menit 24 Detik 

Belajar Track Data Analyst & Siap Berkarir 2023

Belajar Data Science di Rumah 25-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bef88bcd7a8e7796ad5cbc52635b45c2_x_Thumbnail800.jpeg

Bukan rahasia lagi jika Data Analyst menjadi pekerjaan yang paling banyak diminati di tahun ini. Hal ini berkaitan dengan perkembangan transformasi digital yang mengharuskan seluruh perusahaan turut mengambil keputusan berdasarkan data yang dimiliki. Data Analyst terbukti memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan bisnis. Sehingga permintaan untuk profesi ini di berbagai bidang industri akan selalu ada.


Mengawali karir sebagai Data Analyst memang dibutuhkan ketekunan dalam mempelajari sejumlah kompetensinya. Seperti yang dijelaskan di atas, hal ini berguna ketika kamu mengalami masalah dan hendak mengambil keputusan yang tepat. Saat ini ada banyak metode yang bisa kamu terapkan ketika belajar untuk menjadi Data Analyst, bisa dari buku-buku, artikel, Youtube hingga mengikuti pelatihan Data Analyst.


Sudah tahu DQLab, belum? Kenalan, yuk! DQLab merupakan lembaga kursus Data Science online dengan pembelajaran yang terstruktur sehingga pemula sekalipun dapat belajar Data Science secara bertahap mulai dari dasar. Contoh kasus yang digunakan dalam modul juga mirip dengan kasus nyata di dunia data sehingga sahabat data bisa mendapat gambaran seperti apa data ditangani di industri.


Penasaran seperti apa modul-modul DQLab yang dapat dicoba untuk mengasah skill Data Analyst kamu? Yuk kita kupas bersama!


1. Materi Modul yang Lengkap

Salah satu keunggulan dari DQLab adalah mereka menyediakan modul yang sangat lengkap, dimana materi akan dibagi menggunakan tiga bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data, yaitu R, Python, dan SQL.


Data Analyst


Selain itu, materi yang diberikan juga akan bertahap secara terstruktur sehingga peserta tidak akan kaget karena langsung dihadapkan dengan permasalahan yang rumit. Membuat proses belajar menjadi menyenangkan tentu sangatlah penting, agar saat proses belajar berlangsung member tidak akan merasa tertekan dan akan mudah menyerap materi yang diberikan.


Pada setiap akhir materi di pelatihan DQLab, akan diberikan mini project dengan studi kasus sederhana hingga yang advanced. Dengan sering mengerjakan tipe-tipe soal seperti itu kita dapat memahami pola soal yang dimaksud sehingga tidak akan gagap jika model soalnya diganti atau dimodifikasi.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Modul Introduction to Data Science with Python

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berfokus pada keterbacaan kode sehingga penggunanya dapat fokus pada program yang sedang dibuat daripada penulisan kodenya. Banyak library dan packages yang disediakan Python untuk mendukung proses mengolah data. Bahasa pemrograman ini merupakan skill yang wajib dikuasai oleh Data Analyst. 

Data Analyst

Selain untuk memproses Big Data, Python juga bisa digunakan untuk memvisualisasikan data. Kamu bisa mencoba memvisualisasikan data dengan menarik dan berikan insight yang berguna. Di dalam modul Python DQLab kamu akan menemukan beberapa pembahasan library yang sering digunakan oleh Data Analyst yaitu Pandas, Scipy, Numpy, dan Matplotlib.


Modul DQLab edisi: Introduction to Data Science with Python berisi 2 chapter dan 16 sub-bab yang membahas diantaranya pengenalan tentang Python, library pada Python, struktur bahasa Python, dan praktik penggunaan bahasa Python. Didampingi oleh mentor yang ahli di bidang data dengan penjelasan yang mudah dipahami dan dipelajari.


3. Modul Introduction to Data Science with R

R adalah bahasa pemrograman dan software yang digunakan untuk analisis statistika dan grafik yang dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlemen. R bersifat open source yang artinya dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis.


Dahulu bahasa R hanya fokus pada analisis data, statistik, dan model grafis. Namun saat ini R lebih banyak digunakan untuk analisis data karena banyak jenis packages, test, dan tools yang memudahkan proses analisis data. 

Data Analyst

Introduction to Data Science with R merupakan modul gratis yang diberikan oleh DQLab pada program free modules. Modul ini diantaranya berisi tentang pengenalan bahasa R, dasar pemrograman R, dan praktik penggunaan R. Materi-materi ini dapat menjadi langkah awal bagi pemula yang ingin belajar Data Science lebih dalam.


Untuk menjalankan R kamu harus menginstall RStudio di perangkatmu. Cobalah eksplor library yang sering digunakan Data Analyst untuk melakukan analisis dan penyajian data. Contohnya yaitu ada ggplot2, tidyverse, dan dplyr.


Namun jangan khawatir jika kamu tidak bisa menginstall RStudio. DQLab menyediakan fitur live code editor sehingga kamu bisa melakukan pengkodingan secara online.


4. Modul Fundamental SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun, mengakses, mengubah, dan memanipulasi data berbasis relasional. Beberapa tools SQL yang populer digunakan yaitu MS SQL, MySQL, PostgreSQL, SQLite, Oracle, dan MongoDB.


Perintah pada SQL menggunakan bahasa inggris dasar sehingga mudah dipelajari dan dipahami. Perintah SQL terbagi menjadi tiga jenis yaitu Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), dan Data Control Language (DCL). 


Data Analyst


Seorang Data Analyst wajib menguasai skill ini karena akan selalu berhadapan dengan data dan SQL akan sangat membantu proses pengolahan data tersebut.


Nah, di DQLab terdapat modul yang membahas mengenai SQL mulai dari pengenalan fungsi dan cara penulisan sintaksnya, bagaimana melakukan manajemen data yang baik, manipulasi data dengan SQL, memproses data, dan masih banyak lainnya.


Jangan lupa untuk mengerjakan project-project SQL yang ada untuk mengasah kemampuan database dan bisa juga dijadikan bahan untuk portofolio datamu, loh.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Pelatihan Data Analyst gratis salah satu keuntungannya yaitu kamu bisa mendapatkan pembelajaran secara intensif tanpa mengeluarkan biaya lebih. Teman-teman yang masih pelajar, mahasiswa, atau lainnya yang ingin belajar Data Science namun belum punya budget lebih tentu akan sangat terbantu. 


Di DQLab kamu bisa mengikuti bootcamp, webinar, bedah modul, dan event menarik lainnya secara gratis. Pengisinya merupakan para mentor ahli di bidang data atau recruiter yang memberikan tips agar diterima sebagai praktisi data.


Selain itu, kamu juga bisa memiliki kesempatan bekerja di perusahaan yang berpartner dengan DQLab melalui data challenge atau fitur job connector. 


Daftar sekarang di DQLab.id dan dapatkan langsung akses modul gratisnya!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :