DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 46 Menit 52 Detik 

Beragam Manfaat Mengikuti Kursus Data Analyst, Persiapan Karir 2022

Belajar Data Science di Rumah 12-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eb1fe8a7978fd94d0b10b35b39137d19_x_Thumbnail800.png

Halo teman-teman apakah kalian pernah mendengar istilah Data Analyst? Data Analyst merupakan salah satu profesi dalam bidang data yang bertugas menganalisis data perusahaan atau instansi terkait serta dapat memberikan insight untuk kemajuan bisnis. Namun perlu diketahui pula bahwa menjadi seorang data analyst memerlukan beberapa keterampilan. Terdapat berbagai cara menjadi data analyst profesional, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus data analyst.


Mengikuti kursus merupakan salah satu cara dalam menggapai impian menjadi data analyst yang handal dan profesional. Tidak ada ruginya jika seseorang mengikuti kursus Data Analyst. Mengapa dikatakan demikian? Hal ini dikarenakan data analyst merupakan profesi yang menjanjikan dan sangat dibutuhkan namun belum banyak peminatnya, sehingga kita semua memiliki peluang yang besar untuk bergabung dalam profesi tersebut. Kira-kira manfaat apa saja yang didapatkan jika mengikuti kursus data analyst?


1. Berlatih Memecahkan Masalah

Seorang Data Analyst nantinya akan benar-benar menghadapi permasalahan data yang sangat kompleks dan data real. Jika kita tidak pernah berlatih sebelumnya mungkin akan bingung jika dihadapkan dengan situasi seperti itu. Oleh karena itu dengan mengikuti kursus Data Analyst kita bisa berlatih mulai dari dataset yang kecil serta permasalahan yang tidak rumit sehingga dengan sering berlatih kita akan terbiasa menghadapi berbagai macam permasalahan industri yang ada. 


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Mendapatkan Sertifikat

Pada suatu platform kursus Data Analyst biasanya terbagi menjadi beberapa bagian, baik itu pembagian berdasarkan permasalahan yang ada atau pembagian berdasarkan materi yang akan diberikan. Pada umumnya, setelah kita menyelesaikan satu bagian kita akan mendapatkan tanda bukti berupa sertifikat yang menyatakan bahwa kita telah menyelesaikan bagian tersebut. Sertifikat ini pun bisa membantu sewaktu-waktu jika kita melamar pekerjaan sebagai data analyst sebagai bukti perjalanan belajar kita.


3. Membangun Portofolio

Portofolio merupakan catatan atau ringkasan hasil pencapaian kita. Baik itu dalam masa pembelajaran atau masa penyelesaian permasalahan tertentu. Dengan mengikuti kursus data science, kita akan dapat membangun portofolio data kita. Dalam portofolio itu kita dapat menjabarkan dataset serta permasalahan apa yang telah kita selesaikan. Semakin baik portofolio yang kita buat maka semakin menunjukkan bahwa kita memang sering berlatih layaknya seorang data analyst.


4. Memperluas Networking

Manfaat lainnya dalam mengikuti kursus data analyst adalah kita dapat memperluas networking kita. Networking atau jaringan pertemanan merupakan hal yang kita perlukan terutama dalam dunia kerja. Ketika mengikuti kursus data analyst biasanya kita akan dapat berdiskusi dengan sesama teman jika menemui kendala. Secara sadar atau tidak sadar hal itu akan melatih skill komunikasi dan menambah wawasan kita.. Terutama bagi para oemula, kita dapat belajar pengalaman dari teman yang lebih senior dalam bidang analisis data.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Gapai Mimpi Jadi Data Analyst Bersama DQLab

Data analyst saat ini menjadi profesi yang populer dan sangat diminati oleh berbagai kalangan usia. Beberapa hal yang menarik dari data analyst adalah gaji yang tinggi, jenjang karir yang menjanjikan serta waktu kerja yang fleksibel dan ilmunya yang dapat terus berkembang. Untuk menjadi data analyst kita dapat mulai mempelajari teori serta praktiknya di DQLab . Caranga sangat mudah, langsung aja coba DQLab.id/signup dan tentunya ada modul gratis loh di DQLab serta dilengkapi dengan bahasa pemrograman penunjang lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!