PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 6 Jam 21 Menit 59 Detik

Berawal Ikut Bootcamp Hingga Menjadi Data Engineer, Ini Kisah Inspiratif Keizia!

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-member-sharing-2023-09-29-141952_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era Big Data yang luar biasa ini, menjalani peran sebagai praktisi data adalah seperti menjelajahi lautan tak terbatas potensi dan peluang. Minat yang tumbuh pesat terhadap karir di dunia data tidaklah mengherankan. Tetapi, penting untuk diingat bahwa mencapai kesuksesan dalam peran ini memerlukan bekal yang kuat: pemahaman yang mendalam tentang dunia data dan kemahiran teknis yang tajam.


Perlu diingat, bahwa peran-peran dalam dunia data menjanjikan peluang cerah. Di tengah gelombang digitalisasi yang semakin meluas, banyak pekerjaan tradisional yang akan tergantikan, tetapi peran di dunia data justru semakin dicari dan menawarkan peluang yang sangat menarik.


Meskipun banyak orang salah paham bekerja sebagai praktisi data yang harus berasal dari bidang IT, salah satu alumni peserta Tetris Batch III yaitu Keizia Duma Caterina Purba, mampu membuktikan bahwa sebagai lulusan NON-IT kini bisa berkarir dan sukses di industri sebagai Data Engineer di Xeratic. Sahabat DQ, yuk kita simak kisah selengkapnya seperti apa!


1. Berawal dari Course & Bootcamp Online

Pada umumnya kita tau bahwa melakukan riset belajar sangat penting, karena hal ini menjadi salah satu pertimbangan dalam proses belajar. Keizia Duma Caterina Purba atau dikenal dengan Keizia, merupakan lulusan Hubungan Internasional di Universitas Pertamina. 


Keizia menjelaskan awal mula ia kenal dengan dunia data sejak Agustus 2021. Sebagai NON-IT, Keizia pun mencari program-program kursus online data yang tersedia untuk membantunya dalam belajar dan disitulah ia mencoba belajar pada event gratis di DQLab.


Setelah selesai menyelesaikan pembelajarannya tersebut, Keizia semakin jatuh hati dibidang data terutama dalam menggali insight dan melakukan visualisasi data. Ia memutuskan mengikuti Bootcamp di DQLab karena melalui Bootcamp pelajaran didapatkan secara terstruktur.


Hal tersebut membuat Keizia cukup yakin dengan bekal ilmu Data yang dimilikinya dan disitulah opportunity satu persatu datang menghampiri Keizia. Ia mendapatkan kesempatan bekerja sebagai Data Analyst di salah satu perusahaan yang berfokus untuk jual beli mobil baru dan bekas. Dari situlah, Keizia terus mengembangkan skill-skill Data Analyst melalui program Digitalent PROA 2022 dan sampai pada akhirnya mengikuti Tetris Program Batch III.



2. Pengalaman Keizia Unlock Skill Baru di Tetris Batch III


Pengalaman belajar di tetris selama 1 bulan padet banget, jadi harus benar-benar suka data. Karena kalau belajarnya terpaksa akan susah” Jelas Keizia.


Meskipun banyak lika-liku yang harus dihadapi sebagai peserta di Tetris Program Batch III, tidak membuat Keizia patah semangat untuk tetap terus on track dalam belajarnya. Keizia pun menceritakan pengalaman menarik dan paling berkesan yaitu ketika Keizia ‘berkenalan’ dan belajar menggunakan Pentaho.


Hal ini karena, pembelajaran Pentaho baru ia dapatkan ketika mengikuti Tetris Program Batch III dan juga data storytelling yang tidak kalah pentingnya bagi seorang Data Analyst.

Belum genap rasanya jika kita belum merasakan challenge saat belajar, ya, Keizia menjelaskan bahwa melalui Capstone Project di Tetris Program Batch III ini menjadi tantangan baginya karena saat proses pengerjaannya, ia harus mencari dan menggunakan data yang asli untuk digunakan pada Capstone Project tersebut. 


Pastinya akan ada rasa capek, khawatir ataupun keraguan yang muncul saat proses belajar. Apakah ini merupakan keputusan yang benar untuk masuk ke dunia data. Saran saya, jika teman-teman capek boleh beristirahat dulu tapi jangan berhenti karena usaha yang kita berikan tidak akan sia-sia” Ungkapnya.


3. Day to Day Keizia sebagai Data Engineer di Xeratic

Mendapatkan kesempatan bekerja internship menjadi sebuah pengalaman berharga. Selain mendapatkan ilmu baru, hal ini juga menjadi batu loncatan talenta data berkarir di bidang data secara langsung. Setelah lulus dari program Tetris Batch III, Keizia berkesempatan untuk menjadi Data Engineer di perusahaan Xeratic. 


Banyak persiapan yang harus dilalui Keizia untuk bisa sukses sebagai Data Engineer. Berbekal dari portofolio Data Analyst yang ia miliki dan juga kesempatan internship dari Tetris Program Bacth III, Keizia semakin giat mempelajari skill yang dibutuhkan seorang Data Engineer.

Awalnya saya mendapat kesempatan untuk internship di Xeratic dan kebetulan disitu saya mendapatkan role sebagai Data Engineer. Selama internship peserta tetris mendapatkan task hampir tiap minggunya. Setelah menyelesaikan semua task, pihak Xeratic menghubungi saya dan menginformasikan bahwa kelompok saya terdiri dari 3 orang, merupakan top performance di semua task yang diberikan.” Tutur Keizia.


“Tidak hanya Data Analyst, teman-teman yang ingin berkarir di bidang data  juga dapat terjun untuk menjadi Data Engineer ataupun Data Analyst. Apabila tertarik untuk menjadi Data Engineer, temen-temen dapat mulai mempelajari mengenai database, bahasa pemograman seperti python, ETL/ELT, data warehouse, data integration dan cloud computing.” Tambah Keizia.


Setelah melalui masa internshipnya, Keizia memutuskan untuk melanjuti karirnya sebagai Data Engineer di Xeratic. Pada masa probation, ia mampu mengimplementasikan skill yang dimilikinya saat Tetris Program dan memperdalam keterampilan penggunaan Pentaho.


Day to day selama masa probation, belajar tentang pentaho  mengenai multidimensional Modeling dan memeriksa log. Selain itu juga, penggunaan SQL, Data warehouse dan performance tuning database. Skill SQL yang diberikan saat program Tetris sangat terimplementasikan di Xeratic. Untuk pentaho cukup advance, jadi diminta untuk memperdalam pentaho yang juga merupakan tools utama di Xeratic” ungkap Keizia.


4. Tips Berkarir bidang Data untuk NON IT versi Keizia!

Tak perlu khawatir dan ragu berkarir sebagai praktisi data seperti Keizia, ini ada tips untuk Sahabat DQ yang tidak memiliki latar belakang IT. Yuk, kita simak bareng-bareng:

  • Mengikuti Bootcamp, karena melalui Bootcamp sangat membantu teman-teman (terutama bagi pemula) dalam pembelajarannya. Serta di Bootcamp, terdapat materi dan mentor yang mampu menjelaskan materi lebih terstruktur.

  • Harus memiliki Portofolio Data, seperti Portofolio mengolah data, Portofolio analisis data, visualisasi data, atau membuat permodelan machine learning 

  • Skill komunikasi dengan gaya bahasa yang baik dan benar, hal ini karena dibutuhkan ketika praktisi data melakukan presentasi hasil analisis data serta mengkomunikasikan ke divisi lain atau stakeholders yang kebanyakan bukan dari ranah teknis.


Itu dia Sahabat DQ tips dari Keizia, semoga dapat membantu sahabat DQ mempersiapkan bekal skill Data untuk sukses berkarir bidang data! Gak ada salahnya kalau kalian juga ingin seperti Keizia dengan mengikuti Tetris Program dan Bootcamp di DQLab. 


Selain materi dan mentor yang terstruktur, kalian juga mendapatkan bimbingan khusus build portfolio data. Tak ketinggalan, kalian juga bisa berkesempatan internship seperti Keizia. Yuk, mulai belajar Data Science sekarang seperti Keizia di DQLab!



Nama Member Keizia Purba
Alumni Program Tetris Batch 3
Karir Data Engineer di Xeratic
Foto

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3df7e6ad96c98d96d05cc1bacd391b5c_x_Thumbnail300.jpg

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login