SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data 6 Bulan Hanya Rp. 99K
1 Hari 16 Jam 3 Menit 44 Detik

Berbagai Macam Machine Learning & Contoh

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/974418b33ab481fb25f3ac08589505cb_x_Thumbnail800.jpeg

Di era sekarang ini kita sudah sangat berdampingan dengan yang namanya teknologi, yang dimana kita bisa mendapatkan apasaja dengan menggunakan internet. Nah salah satu teknologi yang cukup sering kita pakai yaitu machine learning. Machine learning ini sudah banyak sekali pengaplikasiannya di berbagai macam aspek seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan, teknologi, dan lain sebagainya. 


Machine Learning itu sendiri adalah salah satu cabang dari yang namanya Artificial Intelligence atau bisa kita singkat dengan AI. Pengertian dari machine learning adalah sebuah mesin pembelajar yang dikembangkan agar bisa belajar secara otomatis tanpa adanya arahan maupun bantuan dari sang user. Machine Learning juga memiliki dasar-dasar keilmuan seperti ilmu matematika, statistika, data mining, dan dasar keilmuan lainnya. Teknik-teknik dalam machine learning juga penggunaannya sesuai dengan kebutuhan dalam bidangnya masing-masing. Pada artikel kali ini kita akan membahas contoh-contoh dalam penggunaan machine learning dalam kehidupan sehari-hari.


1. Penyaring Email Spam

Salah satu teknologi milik google yaitu penyaring email spam ini menggunakan machine learning dalam pengaplikasiannya. Dengan menggunakan machine learning, email dapat memisahkan mana email yang memiliki kemungkinan tidak penting atau mengganggu user yang biasa disebut dengan email spam. Dengan adanya fitur ini user sangat terbantu untuk tetap mempertahankan inbox email para user bersih dari spam.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Chatbot Pada Marketplace

Chatbot adalah salah satu fasilitas atau fitur yang memudahkan pada pembeli maupun penjual dalam marketplace. Dengan adanya chatbot ini dapat memungkinkan pertanyaan dari para pembeli dapat dijawab secara otomatis oleh bot ini, tanpa harus penjual yang menjawab. Tentu ini akan membuat proses transaksi antar penjual dan pembeli dapat lebih cepat dan juga praktis. Chatbot ini juga termasuk ke dalam salah satu contoh dari penerapan machine learning yang dilatih untuk bisa merespon pertanyaan ataupun kata-kata yang ditujukan kepadanya.


3. Produk Rekomendasi dari Marketplace

Sistem belanja online pada marketplace sangat memudahkan kita, karena kita bisa mendapatkan barang tanpa harus melakukan interaksi langsung dengan penjual atau datang ke tokonya. Tapi pernah kah kalian memperhatikan, kira-kira kenapa rekomendasi dari marketplace terkadang sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari. Karena pada dasarnya, data-data yang sebelumnya ada atau bisa kita sebut dengan history pencarian dan juga pembelian akan dijadikan sebagai data untuk dipelajari machine learning. sehingga secara otomatis, marketplace ini akan memberikan rekomendasi barang sesuai dengan usernya.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


4. Face Detection

Teknologi pengenalan wajah atau bisa disebut dengan face detection adalah contoh penggunaan machine learning yang cukup banyak digunakan pada perangkat elektronik. Salah satu perusahaan media sosial terbesar yaitu facebook sudah menggunakannya untuk mendeteksi para usernya pada foto yang kita upload untuk mempermudah proses kita tag mereka ke dalam foto. Selain facebook, apple juga sudah menggunakan teknologi ini untuk menjadi metode unlock iphone yang sangat aman. Dengan menggunakan teknologi ini, pengguna iphone akan terasa aman karena untuk membuka smartphone mereka menggunakan face detection ini.


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :