Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Berbagai Tugas Data Scientist Pemula

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eb030bf4-851f-4249-9529-834e96e8b834-2023-06-22-204140_x_Thumbnail800.jpeg

Pada masa kini berbagai profesi terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Berbicara mengenai profesi kekinian, salah satunya adalah data scientist. Data scientist ini termasuk dalam profesi yang paling banyak diminati dan dicari oleh banyak orang dari berbagai latar belakang pendidikan. Kira-kira apakah tugas data scientist yang perlu dipahami sebelum benar-benar terjun ke dalam profesi tersebut?


Sebelum masuk ke penjelasan mengenai berbagai tugas data scientist, kita perlu mengetahui secara singkat terkait profesi ini. Data scientist merupakan profesi yang berkaitan dengan ilmu data. Profesi ini memerlukan kompetensi gabungan berbagai bidang ilmu seperti ilmu komputer, matematika, statistika, yang mana bertujuan untuk pengolahan data sampai proses interpretasi data dan penarikan kesimpulan untuk disampaikan kepada klien.


1. Mengidentifikasi Sumber Data

Data merupakan bagian utama dalam proses analisis data. Data memiliki berbagai bentuk baik itu terstruktur maupun tidak terstruktur. Data dalam perusahaan pun terdiri dari berbagai macam dan berasal dari berbagai sumber. Seorang data scientist yang nantinya juga bertanggung jawab terhadap proses analisis juga perlu mengidentifikasi dan memastikan bahwa data berasa dari sumber yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi terhadap hasil analisis data.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Data

Data yang telah disiapkan atau data yang telah tersedia dalam database perusahaan adakalanya masih berupa data mentah yang belum bisa menghasilkan informasi tertentu. Oleh karena itu perlu dilakukannya proses analisis data, yaitu proses mengolah data mentah dengan menggunakan teknik analisis data tertentu untuk menghasilkan informasi yang nantinya akan berguna untuk perusahaan atau sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.


3. Berkolaborasi dengan Tim

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, seorang data scientist tidak bekerja sendirian melainkan bekerja sama dengan tim-tim lainnya seperti tim bisnis, tim teknik, tim produk dan lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam suatu perusahaan memiliki banyak jenis data yang bisa digunakan dan berasal dari bidang yang berbeda-beda. Seorang data scientist juga perlu memiliki skill komunikasi yang baik untuk memudahkan proses penyelesaian tugas dan tanggung jawabnya. 

Data Scientist


4. Menyiapkan Laporan

Setelah proses analisis data selesai, seorang data scientist juga nantinya bertugas membuat laporan terkait hasil analisis data. Laporan hasil analisis data ini dapat dibuat dengan visualisasi data semenarik mungkin tanpa meninggalkan poin-poin penting di dalamnya. Saat ini telah banyak tersedia tools untuk membuat visualisasi data dengan mudah dan menarik. Nantinya data scientist akan menyampaikan laporan analisis data ini kepada pihak yang berkepentingan atau pihak yang berhak menerima laporan.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Untuk menjadi seorang data scientist yang profesional, seseorang perlu menguasai skill yang diperlukan calon data scientist yang dapat diperoleh melalui belajar secara online maupun offline.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login