LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 38 Menit 47 Detik

Berikut Manfaat Pelatihan MySQL bagi Employee

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-06-2023-10-17-112743_x_Thumbnail800.jpg

Pada masa kini terdapat berbagai macam software atau tools yang tersedia untuk memudahkan pekerjaan. Tidak hanya profesi yang berkaitan dengan teknologi yang membutuhkan software.


Namun khususnya profesi  yang berkaitan dengan perkembangan teknologi memerlukan banyak software yang dapat menyesuaikan dengan pekerjaan mereka.. Salah satu tools tersebut adalah MySQL. Banyak perusahaan yang membuat pelatihan employee dengan MySQL guna untuk memudahkan para karyawan.


Karyawan atau pekerja dalam suatu perusahaan perlu mendapatkan hak-hak mereka pada umumnya. Salah satu diantaranya adalah mendapatkan pelatihan maupun kegiatan seminar atau sejenisnya. Kegiatan pelatihan tersebut pun dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan atau urgensi perusahaan saat itu.


Jika karyawan memerlukan pelatihan software maka perusahaan bisa mengadakannya atau mengirim karyawan tersebut untuk belajar di suatu tempat pelatihan. Berikut pentingnya mengadakan pelatihan bagi karyawan


1. Karyawan Adalah Aset Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki karyawan atau pekerja yang bertanggung jawab atas sesuatu pekerjaan yang biasanya dikategorikan sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan karyawan tersebut. Bagi setiap perusahaan, karyawan dapat dikatakan sebagai aset perusahaan.


Hal ini tentunya didasarkan dengan berbagai alasan seperti karyawan merupakan sumber daya terbesar, perpanjangan tangan dari bisnis, proses rekrutmen yang mengeluarkan biaya cukup banyak, dan dapat memberikan inovasi baru.

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menambah Wawasan

Kegiatan pelatihan dilakukan biasanya dengan beberapa tujuan, salah satunya adalah menambah wawasan bagi karyawan. Dengan adanya kegiatan pelatihan maka karyawan akan mendapatkan banyak ilmu baru atau ilmu yang lebih update.


Dalam kegiatan pelatihan biasanya tersedia materi atau kurikulum yang tersusun dengan rapi sehingga memudahkan karyawan dalam menerima materi yang diberikan.

SQL


3. Meningkatkan Kemampuan

Skill atau kemampuan merupakan kunci utama seseorang dalam melakukan pekerjaan. Sebagai contoh untuk bisa mengelola database dengan baik maka karyawan perlu meningkatkan skill yang diperlukan dalam bidang data.


Skill tersebut seperti menggunakan software database MySQL, bisa mengoperasikan komputer, paham dasar-dasar data, dan masih banyak lainnya. Pihak perusahaan dapat memfasilitasi peningkatan skill itu dengan cara mengadakan pelatihan.

SQL


4. Meningkatkan Kualitas SDM

Sumber daya manusia adalah satu hal yang tidak boleh terlewatkan dalam perusahaan. Sumber daya manusia bagi perusahaan tentunya adalah karyawan. Setiap perusahaan tentu ingin memiliki SDM yang cukup jumlahnya dan memiliki kualitas yang baik pula.


Dengan memiliki SDM yang berkualitas tentu dapat membuat perusahaan mampu bertahan dan mampu bersaing dengan banyaknya perusahaan masa kini. Peningkatan kualitas SDM dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan pelatihan, pendidikan, pembinaan, perubahan sistem, adanya penghargaan, dan masih banyak lainnya.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Karyawan yang bertugas mengelola data biasanya menggunakan bantuan software MSQL. MySQL ini juga menggunakan dasar-dasar bahasa SQL. Kamu bisa belajar SQL dari dasar terlebih dahulu di DQLab


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login