SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 52 Menit 27 Detik

Berikut Struktur Dasar Pernyataan Ganda di Excel

Belajar Data Science di Rumah 22-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-08-2024-05-23-214838_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, kalian sudah tahu bukan bahwa data adalah suatu kebutuhan utama dalam perusahaan maupun kegiatan sehari-hari. Setiap perusahaan memiliki berbagai jenis data. Salah satu software pengolahan data adalah microsoft excel. Microsoft excel memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah memiliki berbagai rumus. Dalam excel disediakan berbagai rumus atau formula yang bisa digunakan seperti kebutuhan, salah satunya adala menerapkan tutorial pernyataan ganda di excel. 


Beberapa tahun belakangan ini penggunaan internet semakin mudah diakses oleh siapapun. Kemudahan mengakses internet ini menghasilkan banyak macam data sampai ada istilah big data yang mengartikan kumpulan data yang sangat besar dan bisa diakses dalam waktu yang relatif cepat. Software atau aplikasi yang tersedia untuk mengatasi permasalahan data pun juga semakin banyak dan bermacam-macam. Pada artikel kali ini kita akan mengenali lebih dalam terkait


1. Sejarah Microsoft Excel

Microsoft excel adalah sebuah aplikasi pengolah data yang berada di bawah naungan Microsoft. Aplikasi ini  dibuat oleh Doug Klunder dan pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 Microsoft. Pada awalnya microsoft excel ini hanya bernama ‘excel’ saja. Namun dikarenakan banyak komplain dari perusahaan terkait kesamaan nama, akhirnya pihak Microsoft mengubah namanya menjadi Microsoft Excel. Pada awalnya, excel hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Mac, namun seiring berjalannya waktu pada tahun 1985 Microsoft juga merilis excel versi Windows.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pengertian Pernyataan Ganda

Pernyataan ganda dalam microsoft excel mengacu pada kondisional ‘if then else’. Dengan demikian dalam hal ini tentu memerlukan berbagai pernyataan yang memiliki kondisi benar (TRUE) atau salah (FALSE). pernyataan ganda dalam excel memiliki struktur dasar =IF(logical_test, value_if_true, value_if_false). Dengan menggunakan struktur dasar excel tentu akan lebih memudahkan dalam menerapkan penyelesaian permasalahan pernyataan ganda.



3. Pentingnya Membersihkan Pernyataan Ganda

Seorang praktisi data atau data analyst perlu melakukan proses data cleaning. Proses data cleaning ini merupakan bagian dari proses analisis data. Dalam tahapan data cleaning praktis data akan melakukan proses pembersihan, seperti menyelesaikan -permasalahan data tidak lengkap, data duplikat, data kosong,data tidak konsisten dan lainnya. Proses data cleaning ini penting untuk dilakukan agar menghasilkan data yang benar-benar bersih dan siap untuk  dianalisis agar hasil analisis data menjadi lebih valid dan tidak rancu.

Excel


4. Cara Menggunakan

Cara menggunakan excel untuk menyelesaikan permasalahan data dalam excel ini memiliki beberapa langkah yang mudah diterapkan. Jika kalian ingin menerapkannya, terapkan beberapa step berikut:

  • menyiapkan data

  • gunakan fungsi IF

  • gunakan pernyataan ganda dengan pengkondisian TRUE atau FALSE

  • bisa menambahkan lebih banyak kondisi tambahan (opsional)

  • menerapkan semua formula sampai baris terakhir.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel diketahui memiliki begitu banyak rumus yang bisa diterapkan untuk berbagai keperluan, Kamu bisa belajar dasar-dasar excel dengan mengerjakan modul yang ada di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login