BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE SELAMA 6 BULAN START FROM Rp179,400! 
atau kamu bisa coba buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Data Analyst : 3 Tools Populer Untuk Mulai Belajar Menjadi Seorang Data Analyst!

Belajar Data Science di Rumah 01-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a3a57cc99834f8b34694fcb42e027190_x_Thumbnail800.jpg

Jika kamu tertarik untuk belajar menjadi Data Analyst, kini sudah banyak sekali tersedia tools yang siap membantumu belajar dari dasar. Tiga tools berikut termasuk tools yang populer dalam kalangan Data Analyst yang dapat membantumu membersihkan, eksplorasi, menganalisis, hingga visualisasi data. Sebagian perusahaan juga banyak yang menggunakan data analytics tools tersebut. Dalam memilih jenis tools yang tepat haruslah mempertimbangkan banyak faktor dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Belajar menjadi Data Analyst kini sangatlah penting, karena profesi ini akan semakin populer dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Selain dengan bantuan tools, kamu juga harus belajar memiliki kemampuan seperti dapat menganalisis data, memiliki wawasan yang luas seputar Data Analytics, berkomunikasi yang baik, dan kemampuan menggunakan komputer. Penasaran tools apa saja yang sering digunakan oleh seorang Data Analyst? Yuk, simak artikel berikut!

1. Kuasai Tableau untuk Hasilkan Visualisasi Data Menarik

Tableau merupakan tools yang sangat populer dan wajib bagi seorang Data Analyst. Karena pada dasarnya data dalam jumlah yang banyak akan sulit dimengerti oleh orang awam. Maka dari itu, data tersebut harus diolah dan dirangkum agar mudah dimengerti. Tableau merupakan tools yang bisa kamu manfaatkan untuk data visualization. Tools ini dapat mempermudah dalam pembuatan analisis visual interaktif dalam bentuk dashboard. Fitur yang disediakan oleh Tableau meliputi dashboard and scorecards, ad hoc analysis dan queries, penemuan data, pemrosesan analitik online, pencarian BI, dan lainnya.

Baca juga: Yuk, Belajar Data Analyst dengan Tiga Bahasa Pemrograman Ini Bersama DQLab! 

2. Microsoft Excel : Tools Mendasar bagi Data Analyst

Microsoft Excel merupakan tools populer dalam pengolahan data yang menggunakan spreadsheet untuk memanajemen data. Hampir semua perusahaan pasti menggunakan Microsoft Excel dalam melakukan olah data. Tools ini berpartisipasi untuk melakukan analisis data menjadi lebih mudah. Beberapa fitur yang berguna dalam melakukan analisis data yang tersedia pada Microsoft Excel meliputi tabel pivot, add-ins, team, dan macro.

3. SAS (Statistical Analysis System)

SAS merupakan software statistic yang dibuat dan dikemabangkan oleh SAS Institute. SAS dapat digunakan untuk manajemen data, analisis lanjutan, analisis multivariat, dan analitik prediktif. SAS menjadi pilihan terbaik untuk melakukan analisis data karena tools ini menyediakan interface yang mudah dimengerti bagi user pemula yang ingin belajar menjadi Data Analyst. SAS memiliki banyak sekali fitur di dalamnya, diantaranya seperti basic procedures dan data management, statistical analysis, graphic presentation, data mining, econometrics dan time series analysis, dan masih banyak lagi. Output yang dihasilkan oleh tools ini dapat berupa file HTML, PDF, maupun Excel.

Baca juga: 3 Tips Sukses Belajar Data Analyst Tanpa Latar Belakang IT Maupun Statistik

4. Yuk Mulai Belajar Data Analyst Bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!