DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 48 Menit : 37 Detik

Ingin Berkarir menjadi Data Scientist? Yuk Intip Langkah-Langkah Memulai Karir Menjadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 08-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f422826fdd072c2ae364543f7961d0a7_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist merupakan sebuah profesi yang sedang banyak diperbincangkan di dunia teknologi. Seorang data scientist selalu bekerja dengan data, terutama data yang berukuran besar. Data dapat menghasilkan informasi yang sebelumnya tidak akan pernah bisa ditemukan dan membantu pengambilan keputusan berdasarkan fakta. Tidak heran jika saat ini, data disebut dengan new gold. 


Namun, data sering kali tersebar di beberapa database. Oleh karena itu, perlu ‘alat’ yang bisa digunakan untuk menghimpun beberapa data, menggabungkan, dan memproses data tersebut. Disinilah peran data scientist dibutuhkan. Data scientist adalah sebuah profesi yang tidak hanya membutuhkan penguasaan teori tetapi juga membutuhkan banyak latihan, pengalaman, dan jam terbang. Kali ini DQLab akan membagikan beberapa langkah yang akan membantu kamu untuk berkarir menjadi seorang data scientist. Baca artikelnya sampai selesai ya!


1. Pupuk Rasa Ingin Tahu dan Berpikir Analitis

Daya tarik dari data science adalah kita dapat menjawab pertanyaan menggunakan data dan skrip kode. Pertanyaan yang mungkin muncul di pikiran data scientist adalah “dapatkah saya memprediksi apakah ada penerbangan yang tepat waktu?” atau “berapa biaya yang dihabiskan perusahaan X untuk produksi barang A perbulan?”.  Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, kamu perlu mengembangkan pola pikir analitis. Pada tahap ini pastikan kamu benar-benar memiliki minat dalam analisis data. Temukan bidang yang kamu suka dan mulai belajar menganalisis data di bidang tersebut sehingga kamu menikmati proses belajarmu.


Baca Juga: Belajar Data Scientist: Yuk Mulai Belajar Data Science Menggunakan R dan Python Bersama Dqlab!


2. Pelajari Bahasa Pemrograman yang akan Digunakan

Data scientist merupakan profesi yang membutuhkan keterampilan menjawab dan memberi solusi terhadap suatu permasalahan. Setelah berhasil mengajukan pertanyaan, hal yang harus dilakukan adalah mencari cara bagaimana menjawab pertanyaan tersebut. Cara yang dimaksud adalah dengan mengolah data sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Untuk mengolah data, kamu perlu memperhatikan bahasa pemrograman yang powerfull sehingga dapat menghasilkan hasil analisis yang maksimal. Salah satu bahasa pemrograman yang direkomendasikan adalah Python. Python adalah bahasa pemrograman yang memiliki sintaks yang konsisten dan dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan terkait data science dan machine learning yang sangat kompleks, seperti deep learning.


3. Bangun Portofolio Datamu

pada langkah ini, mulailah mengerjakan proyek untuk menjawab pertanyaan yang telah kamu ajukan untuk menunjukkan keahlianmu di bidang data. Proyek ini tidak harus rumit, kuncinya adalah menemukan kumpulan data yang menarik, mengajukan pertanyaan tentang data, kemudian menjawab pertanyaan tersebut dengan kode. Proyek sederhana ini tidak hanya membantumu memahami data science di dunia nyata, tetapi juga membantumu membangun portofolio untuk mencari pekerjaan. Setelah menyelesaikan proyek sederhana, mulailah eksplor kemampuanmu dengan menyelesaikan proyek yang lebih kompleks.


Setelah menyelesaikan beberapa proyek, kamu bisa membagikan pekerjaanmu ke orang lain. Banyak cara untuk membagikan hasil karyamu, mulai dari sosial media hingga website. Salah satu platform yang direkomendasikan untuk membagikan proyekmu adalah GitHub. Dengan membagikan hasil proyekmu, kamu akan belajar cara menyajikan hasil proyek dengan menarik, memberikan pengetahuan baru kepada orang lain sehingga hasil proyekmu dapat bermanfaat untuk orang banyak, dan mempermudah recruiter untuk menilai kemampuanmu.


Baca Juga: Kenali Peran Data Analyst Vs Data Scientist dalam Berbagai Industri


4. Yuk Bangun Portofoliomu dan mulai berkarir di bidang data science. Gunakan Voucher BELAJARGRATIS untuk Akses DQLab GRATIS Selama 1 Bulan!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  •  Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  •  Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.


Simak informasi di bawah ini untuk belajar GRATIS selama 1 Bulan dengan redeem kode voucher BELAJARGRATIS sekarang!

  1. Daftarkan akun email pada DQLab.id

  2. Aktifkan akunmu melalui email, check juga di folder SPAM

  3. Log in pada academy.dqlab.id

  4. Klik ke menu redeem voucher dan masukkan kode voucher

  5. Bisa belajar GRATIS selama 1 Bulan!


Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!