PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 6 Menit 31 Detik 

Berkat Beasiswa Tetris Batch 1, Juandi Berhasil Berkarir di Kompas Gramedia

Belajar Data Science di Rumah 28-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d1cb5d08f5bd15db82a790ee3e450550_x_Thumbnail800.jpg

Pemilik nama lengkap Juandi Antonius atau yang akrab disapa Juandi ini merupakan peserta Tetris Batch 1 yang berhasil meraih kesempatan magang di Kompas Gramedia sebagai Data Analyst. Tentunya banyak perjuangan dan pengorbanan yang telah ia lakukan untuk bisa menggapai impiannya tersebut.


Pria remaja yang kini masih duduk di bangku kuliah Jurusan Teknik Nuklir di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengaku sebelumnya ia sudah memiliki dasar pemahaman Data Science tentang statistik dasar. Lalu seperti apa ya cerita di balik perjuangannya hingga sampai di titik ini? Simak cerita selengkapnya ya!


1. Pengalaman Berkesan Belajar Intensif di Tetris Batch 1

Menurut Juandi, mendapat kesempatan beasiswa di Tetris Batch 1 merupakan pengalaman berharga. Di sini, ia bisa mendapatkan bimbingan serta arahan pembelajaran secara intensif mengenai Data Science. Juandi menambahkan, pembelajaran bahasa R diakuinya sebagai materi yang paling berkesan dan menantang. Sebab, ia baru pertama kali mempelajari R.


Lain halnya dengan materi Pentaho. Meskipun Juandi juga merasa kesulitan, namun ia dengan mudah mengikuti pembelajaran ketika melihat tayangan rekaman video yang diberikan.


œKalau Pentaho, meskipun kesulitan dan baru pertama, lalu melihat video recording langsung bisa diikutin. Karena dalam belajar Pentaho di Tetris itu data yang digunakan saat belajar dengan tugas itu sama dan hanya beda sedikit saja, jadi urutannya sama. Beda dengan R tadi, kalau di datanya berubah sedikit berarti programming harus ada yang berubah sebagian, menurut Juandi.


Mengikuti pembelajaran secara intensif selama 1 bulan mungkin bukan hal yang mudah ya, Sahabat DQ. Begitu pula yang dirasakan oleh Juandi. Tak jarang, ia sempat merasa stuck ketika belajar. Jika mengalami hal tersebut, ia akan mencoba untuk mengulang pembelajaran melalui rekaman video yang dibagikan kepada peserta.


Namun, karena kesibukannya, Juandi jadi jarang memiliki waktu. Akhirnya, ia mulai mencari teman belajar yang juga sesama peserta Tetris. Dengan begitu, mereka bisa saling sharing sehingga merasa lebih terbantu untuk bisa mengejar pembelajaran yang tertinggal.


Baca juga: Dari Guru Kimia Menjadi Data Analyst Berkat Tetris Batch 1


2. Mendapat Banyak Ilmu

Dengan mengikuti kelas belajar intensif yang diberikan Tetris, Juandi mengaku banyak mendapat banyak ilmu dan pengalaman. Salah satu ilmu yang paling ia rasakan adalah pembelajaran mengenai SQL. Hal ini rupanya juga sesuai dengan aktivitasnya sebagai Data Analyst Internship. Kebetulan, di tempat magangnya juga menggunakan SQL dan Python sebagai tools analisis data.


Kalau dari sisi soft skill, Juandi mengaku mendapat pembelajaran mengenai bagaimana cara membuat dashboard dan story telling yang lebih tertata. Hal ini ia dapatkan melalui Capstone Project, tepatnya pada saat mempresentasikan dashboard serta dapat melakukan storytelling. Adanya softskill tersebut sangat membantu Juandi dalam kesehariannya kini sebagai Data Analyst.


Berbicara tentang belajar, rasanya hal yang wajar ketika seseorang mengalami burnout. Juandi pun tak menampik, terutama pada saat di project akhir secara bersamaan Juandi juga mempersiapkan kepentingan kuliahnya sebagai mahasiswa semester akhir. Tidak hanya itu, rupanya ia juga mengikuti bootcamp lain di luar DQLab.


3. Mengatur Time Management dengan Baik

Juandi yang berhasil mendapatkan kesempatan magang berkat ketekunannya mengikuti pembelajaran intensif selama di Tetris, kini memiliki rutinitas baru sebagai Data Analyst. Di tempatnya sekarang, ia memiliki tanggung jawab dalam menganalisis pada bagian penjualan, khususnya pada bookstore. 


Untuk saat ini, Juandi mengaku ingin lebih fokus pada eksplorasi diri secara mandiri dan lebih dalam dengan menggunakan tools Big Query, SQL, serta Python. Dan untuk soal visualisasi data, ia memilih menggunakan Google Data Studio.


Dari rangkaian proses yang telah ia lewati sampai saat ini, mengatur time management merupakan kunci utamanya.


œKita harus konsisten. Jadi kalau mengambil banyak kegiatan dalam satu waktu, dilakukan dulu pekerjaannya satu persatu secara konsisten. Jadi harus sudah ditetapkan dari awal dan nggak boleh memegang hal lain selain daripada yang sedang dikerjakan. Kenapa begitu? Karena pemikiran manusia tidak boleh dibagi gitu, katanya.


Baca juga: Belajar Data Science Otodidak, Ridho Berhasil Dapatkan Beasiswa DQLab Pandora Box & Intership Xeratic


4. Quote dari Juandi untuk Sahabat DQ!

Bagi Juandi, di industri data yang kompetitif ini untuk bisa berkarir sebagai praktisi data, tidak cukup hanya dengan persiapan satu sampai tiga bulan saja, melainkan membutuhkan waktu belajar seumur hidup. 


œMungkin ada beberapa yang bilang jadi Data Analyst dalam satu bulan, tetapi sebenarnya mereka menyediakan waktu belajar selama satu bulan dan untuk belajar menjadi Data Analyst itu seumur hidup, tutur Juandi.


Juandi juga pesan nih untuk Sahabat DQ yang sedang berjuang! Menurutnya, sebagai calon praktisi data kita harus pintar dalam mengatur waktu. Tentunya, perlu konsisten dalam menjalankan pekerjaan dan tanggung jawab. Hal itulah yang akhirnya kini membawa ia ke gerbang industri data. 


Sahabat DQ ingin seperti Juandi? Sudah saatnya Sahabat DQ untuk mulai belajar Data Science bersama DQLab! Seperti Juandi, nantinya Sahabat DQ akan mendapatkan sejumlah materi pembelajaran yang dikemas ke dalam bentuk modul. 


Fitur canggih Live Code Editor juga sudah disiapkan DQLab agar pembelajaran menjadi lebih terarah. Kalau ada kendala? Tidak perlu khawatir, karena di sini ada para mentor yang siap jadi pembimbing sekaligus teman kalian. Yuk, saatnya belajar bersama DQLab!


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :