GRAB IT FAST! Belajar Data Science 6 Bulan Hanya Rp. 149.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQCEPATBerakhir 2 Days 5 Jam : 2 Menit : 3 Detik

Yuk, Berkenalan dengan Apa Itu Data Scientist?

Yuk, Berkenalan dengan Apa Itu Data Scientist?

Belajar Data Science di Rumah 20-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/72a5c5b05f4810932e2038a1e231cb7a_100_persen.jpg

Apa itu Data Scientist ? Jika, kebetulan kamu sering mendengar terms tersebut tapi belum memahami artinya. Singkatnya Data Scientist adalah profesi yang biasanya melakukan analisis data dengan tujuan untuk mendapatkan insight yang dapat berguna bagi perusahaan. Mungkin akan timbul pertanyaan lagi mengapa baru populer sekarang ? Jawabannya adalah karena teknologi dan ketersediaan datanya baru mendukung sekarang. Sehingga memunculkan peluang bagi kebutuhan akan sumber daya manusia yang menguasai tiga bidang yang saling beririsan yaitu matematika/statistika, IT dan domain bisnis disesuaikan dengan tempat Data Scientist tersebut bekerja misalnya di industri perbankan, e-commerce dan sebagainya.


Oleh sebab itu, seorang Data Scientist harus memiliki pemahaman konsep dasar data mining, kemampuan bahasa pemrograman, pemahaman algoritma machine learning, teknik memvisualisasikan data yang efektif, dan yang terpenting adalah harus memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan pantang menyerah, karena seorang Data Scientist harus sering melakukan trial and error untuk menemukan algoritma yang paling optimal untuk setiap data yang sedang dianalisa. Artikel ini akan membahas serba-serbi data jadi, simak terus artikel ini !


1. Apa Itu Data Scientist ?

Melanjutkan pembahasan singkat yang telah disinggung pada pembukaan artikel ini bahwa Data Scientist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk mengolah dan menganalisis data agar dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi perusahaan atau instansi terkait. Informasi yang dihasilkan tersebut dapat dijadikan sebagai pertimbangan dan pendukung dalam pengambilan keputusan di suatu perusahaan atau instansi terkait. Seorang Data Scientist akan selalu berkutat dengan data mulai dari skala menengah yang cara penanganannya cukup menggunakan tools Microsoft Excel atau SQL hingga skala besar atau sering disebut big data yang penanganannya bisa menggunakan tools Hadoop dan Hive.


Memiliki latar belakang teknis yang kuat memang menjadi salah satu privilege yang bagus untuk memulai karir sebagai seorang Data Scientist, tetapi yang terpenting adalah kemampuan serta kepribadian yang baik juga bisa mengantarkan kita untuk berkarir sebagai Data Scientist. Kita bisa mengikuti bootcamp ataupun online course untuk menunjang proses upgrade skill kita, salah satunya dengan mengikuti online course DQLab.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Skill yang Harus Dikuasai

Selain Data Scientist, sepertinya semua profesi memiliki requirement tertentu sebagai persyaratan yang wajib dimiliki oleh setiap pelamar. Maka dari itu jika kamu ingin memulai karir sebagai praktisi data khususnya Data Scientist kamu perlu mempersiapkan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi seorang Data Scientist yang handal. Seorang Data Scientist handal perlu memiliki technical skill yang terkait dengan 3 bidang studi yang saling beririsan seperti matematika/statistika, IT dan domain bisnis. Technical skill tersebut meliputi: pemahaman analisis statistik beserta tools yang digunakan, memahami konsep data mining yang kuat, memahami algoritma machine learning atau deep learning, dan memiliki kemampuan programming.


Dan jangan lupa, selain technical skill/ hard skill untuk menjadi seorang Data Scientist harus memiliki soft skill yang penting.  Adapun softskill yang harus dimiliki oleh seorang Data Scientist adalah kemampuan berpikir kritis yang baik, kemampuan berkomunikasi yang efektif, proaktif dalam hal pemecahan masalah, memiliki rasa ingin tahu yang kuat (curiosity), dan memahami proses bisnis.


3. Rekomendasi Study Case untuk Bangun Portfolio Bagi Pemula

Meskipun tidak memiliki background pendidikan STEM, kita masih memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Data Scientist melalui jalur online course, portfolio memukau dan mengikuti kompetisi. Kita bisa membekali diri dengan ketiga hal tersebut, memulai online course seperti DQLab bisa membantu kita yang masih pemula hingga advanced untuk mengembangkan technical skill kita. Selain itu, jika kita sudah memiliki pengetahuan yang cukup kita dapat langsung mencoba mengerjakan real case yang bisa dijadikan sebagai portfolio. Adapun rekomendasi study case yang bisa kita tambahkan ke dalam portfolio data kita adalah customer churn prediction, customer segmentation, sentiment analysis, analisis data COVID-19, market basket analysis, serta credit risk analysis.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Rian Tineges

    Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!