PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 12 Menit 18 Detik

Berminat Jadi Data Analyst? Ini Jenjang Karirnya!

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-03-2023-10-07-101230_x_Thumbnail800.jpg

Ketika seseorang ingin menekuni suatu profesi, biasanya ia telah mencari tahu terlebih dahulu tentang apa dan bagaimana terkait profesi tersebut. Data analyst memang diketahui memiliki gaji yang cukup di atas rata-rata namun tugas dan tanggung jawabnya pun cukup besar serta jenjang karir data analyst cukup menjanjikan.


Data analyst bertanggung jawab terhadap data perusahaan dan menganalisisnya sampai mendapatkan hasil atau kesimpulan yang dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan.


Profesi data analyst kini termasuk salah satu profesi yang sedang naik daun bersamaan dengan profesi data lainnya seperti data scientist, data engineer, data entry, software engineering dan profesi lainnya yang berkaitan dengan data maupun IT.


Agar tidak penasaran tentang apa saja jenjang karir data analyst, pada artikel kali ini kita akan mengenalkan secara singkat tahapan karir seorang data analyst.


1. Data Analyst Entry Level

Jenjang karir data analyst yang pertama adalah data analyst - entry level. Pada jenjang ini biasanya diduduki oleh pekerja yang baru saja turun ke dunia data yang mana pengalamannya kurang dari satu tahun. Pada bagian ini tugas dan tanggung jawab yang diberikan juga masih sederhana.


Beberapa tugas data analyst - entry level antara lain mengumpulkan data yang akurat dan dari sumber terpercaya, membersihkan data untuk menghindari kesalahan dalam interpretasi, dan membuat laporan dari hasil temuan penelitian.


Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Data Analyst Mid Level

Setelah dalam posisi entry level dan memiliki cukup pengalaman, maka tahapan jenjang karir selanjutnya adalah mid-level.


Dalam posisi ini, skill yang diperlukan pun juga bertambah yaitu seperti memiliki pengalaman minimal 2 tahun dalam bidang data, mengelola proyek analitik seperti integrasi data, analisis dan pelaporan, memahami dan mampu menerapkan bahasa pemrograman dengan baik, memiliki pengalaman tentang bisnis, dan lainnya. 


Data Analyst



3. Manajerial

Manajerial adalah jenjang karir lanjutan dari sebelumnya. Pada bagian ini manager data analyst membawahi bagian data analyst.


Beberapa tugas dan tanggung jawabnya antara lain menjaga keakuratan hasil laporan data, membangun dan mengembangkan model data, sistem otomatisasi data, metrik kinerja dan sistem pelaporan, merekrut data analyst entry level hingga junior data analyst, serta mengkomunikasikan dampak dan hasil bisnis dari wawasan kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal. 


Data Analyst


4. Spesialisasi

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Jenjang karir data analyst termasuk salah satu poin yang diincar dalam profesi ini. Semakin tinggi jenjang karir data analyst yang ditempati maka semakin besar pula tugas dan tanggung jawabnya.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login