PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 5 Jam 3 Menit 37 Detik

Berminat Jadi Data Engineer? Ini Roadmapnya!

Belajar Data Science di Rumah 07-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-2024-02-07-155817_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, kalian tidak asing kan dengan profesi data engineer? Profesi ini termasuk profesi yang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan termasuk profesi yang sedang naik daun. Selain profesi data engineer masih ada berbagai profesi lainnya seperti data scientist, data analyst, dan lainnya. Untuk menjadi seorang data engineer diperlukan beberapa tips atau roadmap yang perlu dilakukan. Lalu bagaimanakah roadmap data engineer? Yuk, simak bersama-sama!


Saat ini berbagai perusahaan besar saling bersaing untuk memberikan performa terbaik atau mencari keuntungan yang maksimal. Data engineer termasuk profesi yang berperan penting dalam perusahaan. Seorang data engineer nantinya akan bekerja sama dengan data analyst maupun data scientist. Data engineer bertugas membangun dan memelihara data yang nantinya akan digunakan oleh data scientist maupun data analyst. Setelah itu akan dihasilkan keputusan yang berguna untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan.


1. Kuasai Skill dan Tools

Seorang data engineer memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap data perusahaan. Untuk melaksanakannya dengan maksimal, data engineer perlu menguasai beberapa skill seperti menguasai ilmu matematika, statistika, struktur data dan algoritma, bahasa pemrograman, data pipeline, dan lainnya. Selain menguasai skill yang dibutuhkan, data engineer perlu menguasai tools yang dibutuhkan seperti SQL, MySQL. MongoDB, Apache Spark, Python, power BI, dan lain-lain.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pendidikan yang Relevan

Saat ini telah banyak tersedia tempat belajar atau kursus untuk lebih mendalami profesi tertentu. Untuk menjadi seorang data engineer yang masih belum mengetahui dasar-dasarnya, sebaiknya mengikuti pendidikan yang relevan. Walaupun saat ini belum banyak pendidikan atau program studi yang khusus terkait data engineer, kalian bisa memulainya dengan mengikuti perkuliahan atau latar belakang jurusan seperti analisis data, ilmu komputer, matematika terapan, atau lainnya.

Data Engineer


3. Bangun Portofolio Data

Portofolio data adalah salah satu berkas yang biasanya diperlukan dalam proses melamar kerja. Bagi seorang praktisi data, portofolio data ini diperlukan untuk meningkatkan peluang diterima dalam pekerjaan. Dalam portofolio data bisa berisi beragam [project analisis data yang pernah dikerjakan.


Selain itu peserta juga bisa melampirkan pelatihan atau skill apa saja yang pernah diikuti. Kamu bisa membangun portofolio data dengan tampilan yang menarik, serta isi yang jelas dan ringkas.

Data Engineer


4. Paham Dunia Data

Dataset atau kumpulan data merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh terlupakan. Salah satu tugas utama seorang data engineer adalah bertanggung jawab terhadap data perusahaan yang akan dikelola. Untuk lebih memahami peran serta tugasnya maka data engineer perlu memahami terlebih dahulu terkait dataset dan segala sesuatu yang berkaitan dengan database maupun data warehouse.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Data engineer adalah suatu profesi yang perlu dipelajari dan banyak dibutuhkan di masa kini. Data engineer perlu menguasai beberapa skill yang diperlukan. Kamu bisa belajar dasar-dasar skill data engineer di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp LiveClass di DQLab sekarang!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login