GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 41 Menit 37 Detik 

Bidang Data Science, Prospek Kerja yang Menjanjikan 2021

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/04631e1896bb2e8ba5ef31688bbf2f27_x_Thumbnail800.png

Sejak tahun 2018, bidang Data Science semakin banyak diminati oleh masyarakat. Selain karena ilmu yang seru untuk dipelajari, tetapi juga karena profesi turunan dari ilmu Data Science yang sangat menjanjikan. Ada beberapa profesi turunan Data Science, yaitu Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan Developer. 


Beberapa profesi tersebut semakin membuat bidang Data Science terlihat menjanjikan, maka dari itu banyak perusahaan yang mengincar tenaga kerja dalam bidang Data Science. Namun sangat disayangkan karena di Indonesia belum memiliki tenaga kerja yang sebanyak itu, banyak yang ingin belajar tetapi bingung harus mulai darimana. Oleh karena itu, DQLab akan memberikan kalian informasi seputar bidang Data Science yang wajib kalian ketahui.



1. Alasan Belajar Data Science

Banyak yang mengatakan bahwa Data Science merupakan ilmu menjanjikan karena dapat membawa keuntungan bagi yang mempelajarinya. Secara definisi, Data Science merupakan ilmu penggabungan antara matematika, statistik, dan ilmu komputer yang bertujuan untuk mengolah data. Siapapun dapat belajar Data Science karena belajar ilmu ini tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan tertentu.


Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kesempatan kalian untuk bergabung dengan perusahaan besar atau idaman kalian pun sangat besar. Masih banyak perusahaan yang kebingungan dalam mengelola data yang mereka miliki, oleh karena itu perusahaan membutuhkan ahli data. Meskipun kebutuhan akan tenaga kerja ini banyak, namun masih terdapat banyak orang yang belum mengetahui akan ilmu Data Science sehingga masih memungkinkan kalian untuk bersaing dengan mudah.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Dasar Ilmu Data Science

Dalam ilmu Data Science terdapat beberapa dasar ilmu yang perlu dipahami agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik. Yang pertama adalah pelacakan data atau data tracking, dalam fase ini, kalian bisa mengambil data dari berbagai sumber. Yang kedua adalah data pipelines, pengumpulan data bisa dilakukan dengan memanfaatkan fase kedua tersebut. Yang ketiga adalah business intelligence, dalam fase ini perlu memanfaatkan beberapa tool seperti R Shiny, Apache Airflow, dan Data Studio untuk mengidentifikasi dan menghitung metrik. 


Yang keempat adalah exploratory analysis yang dimana menggunakan analisis umum untuk menggali data. Yang kelima adalah model prediksi, tentunya pada fase ini kalian perlu menemukan pendekatan dan menyajikan model prediktif, serta metode untuk mengevaluasi kinerja model. Dan yang terakhir adalah produksi model, fase ini mencakup productizing Data Science sehingga memungkinkan kalian untuk menemukan pendekatan dalam penyebaran model.


3. Skill yang Perlu Dikuasai

Menjadi seorang tenaga kerja dalam bidang data tentunya memerlukan beberapa skill atau keahlian, hal tersebut diperlukan agar pekerjaan kalian nantinya dapat berjalan dengan baik. Skill pertama adalah bahasa pemrograman, skill ini akan sangat membantu kalian dalam menjadi ahli data seperti Data Scientist dna Data Analyst. Skill kedua adalah ilmu statistika, kalkulus, dan aljabar. 


Ketiga ilmu tersebut sangat berguna untuk menentukan algoritma yang akan diaplikasikan dan pengembangan software machine learning. Skill terakhir adalah komunikasi dan visualisasi data, komunikasi tentunya penting untuk dimiliki karena kalian akan bekerja sama dengan divisi lain dan tidak sendiri. Selain itu juga visualisasi data juga sama pentingnya, karena tidak banyak orang yang mengerti cara membaca data, sehingga diperlukan kemampuan untuk menyajikan data dalam bentuk grafik atau diagram.


4. Media Belajar Data Science yang Tepat

Karena saat ini sudah semakin mendigital, kalian bisa belajar lewat media-media di internet untuk belajar Data Science. Apabila kalian ingin belajar sendiri atau otodidak, kalian bisa belajar lewat video-video di Youtube atau website-website yang memberikan materi seputar Data Science. Namun, jika kalian belajar secara otodidak, kalian perlu mengeluarkan waktu atau mungkin biaya lebih untuk mendapatkan sertifikat yang berguna ketika kalian akan melamar menjadi salah satu profesi Data Science.


Selain media-media yang telah disebutkan di atas, kalian juga dapat belajar di tempat kursus, saat ini sudah banyak tersedia kursus belajar Data Science, baik secara online maupun offline. Dengan mengikuti kursus banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan dibanding belajar sendiri. Contohnya adalah materi belajar yang lengkap, sertifikat, pengajar yang berpengalaman, dan masih banyak lagi.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Kuasai Ilmu Data Science dengan Belajar Bersama DQLab

Belajar Data Science dapat kalian lakukan bersama DQLab, lho! Selain memiliki komunitas, DQLab juga menyediakan tempat kursus bagi kalian yang ingin belajar Data Science secara online agar tidak mengganggu jadwal keseharian kalian. Dengan sign up di DQLab.id, kalian bisa menikmati module gratis "Introduction Data Science with Python and R" untuk kalian kerjakan sebagai materi pertama kalian di DQLab. Seru sekali bukan? Ayo, belajar bersama DQLab.id dan temukan keuntungan lainnya!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :