BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 16 Menit 19 Detik 

Big Data Analytics: Mengenal Kegunaannya dalam Tingkatkan Bisnismu!

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a79649907038a2fe26688d0f1745649a_x_Thumbnail800.png

Big Data Analytics merupakan salah satu teknik strategi yang berkembang dan mulai diaplikasikan pada bisnis di era digital ini. Big Data yaitu berupa kumpulan informasi yang besar dan kompleks sehingga membutuhkan praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, maupun Data Engineer untuk mengekstrak manfaat data tersebut. Dengan dampak positif yang signifikan pada bisnis yang dijalankan, membuat peningkatan pebisnis maupun data enthusiast mempelajari ilmu Data Science dan mengaplikasikannya pada project yang mereka lakukan baik project pada skala kecil maupun skala besar seperti membantu meningkatkan bisnis. 


Untuk membahas apa itu Big Data Analytics dan mengapa kegunaannya sangat populer untuk meningkatkan bisnis, artikel DQLab akan membahas tuntas bersama sahabat data DQLab terutama jika kamu sedang menjalankan bisnis. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini!


1. Apa itu Big Data Analytics?

Big Data Analytics merupakan sebuah penggunaan teknik analitik tingkat lanjut terhadap pada kumpulan data besar yang sangat besar dan juga jenis data yang beragam mulai dari terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur. Hal ini, big data yang didapatkan dari berbagai sumber yang berbeda dengan ukuran yang berbeda. Big Data Analytics tidak hanya membantu organisasi non profit namun juga membantu berbagai sektor organisasi bahkan yang profit sekalipun. Penggunaan big data lalu melakukan big data analytics akan mendatangkan sebuah peluang inovasi dan membantu identifikasi pola atau trend yang ada.


Dengan adanya Big Data analytics pada akhirnya akan mendorong sebuah keputusan, pemodelan dan juga sebuah prediksi hasil masa depan yang bisa ditindaklanjuti dengan baik dan juga cepat. Karena, hal ini data yang didapatkan secara real-time data dengan demikian tidak harus menunggu terlalu dalam menganalisis data.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Penggunaan Big Data Analytics di Berbagai Sektor Industri

Dengan analitik yang canggih yang diterapkan pada Big Data maka akan membantu mendapatkan hasil yang maksimal dari dataset yang dimiliki. Big Data dan Data Science sangatlah erat hubungannya, sehingga membutuhkan praktisi data untuk bisa mengekstrak data tersebut menjadi informasi atau sumber solusi yang tepat, sebagai contoh yaitu dalam industri perbankan atau finance. Menerapkan Big Data Analytics dalam sektor finance akan mampu meningkatkan penargetan pelanggan menggunakan customer analytics. Dan biasanya, penggunaan Big Data Analytics pada sektor ini akan membantu melakukan manajemen dengan baik terhadap informasi data customer sekaligus mengurangi risiko yang merugikan hingga terjadinya penipuan.


3. Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Adapun kegunaan dari Big Data yang bisa dimanfaatkan pada bisnis dan menjadi bentuk strategi bagi kerja internal bisnis atau perusahaan, karena Big Data membantu meningkatkan operasional dengan pesat dan juga efisien dalam mengumpulkan data informasi pelanggan yang besar dan banyak. Data yang telah dimiliki tersebut nantinya akan dianalisis kemudian diinterpretasikan untuk mengetahui temuan pada data yang bermakna misalnya seperti preferensi pelanggan, perilaku pembelian pelanggan, selera pelanggan, dsb. Dengan penggunaan Big Data Analytics juga menjadi tim internal dapat bekerja secara produktif karena tidak harus menunggu lebih lama serta lebih proaktif dalam membuat keputusan dengan mengesampikan sifat bias pada decision making.


4. Loyalitas Pelanggan dan Reputasi Online

Tujuan Big Data Analytics bagi bisnis yang dijalankan yaitu untuk mengumpulkan dan menganalisis jumlah data dengan volume yang sangat besar. Jejak digital yang ditinggalkan oleh pelanggan akan membantu mengungkapkan banyak hal tentang perilaku, kebutuhan dari pelanggan. Sehingga dibutuhkannya layanan khusus untuk menjaga loyalitas pelanggan, dengan menggunakan Big Data Analytics akan membantu mengekstrak data tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka, semakin tinggi personalisasi akan semakin dekat pelanggan dengan produk atau layanan kamu secara signifikan.


Media online kini sudah menjadi salah satu bentuk digital marketing sudah banyak bisnis terutama UMKM, reputasi online pada bisnis akan berpengaruh pada keinginan mereka untuk membeli produk atau menggunakan layanan bisnis. Dari Big Data Analytics dapat membantu menjelajahi dunia online yang luas untuk mengetahui dan memahami apa yang dikatakan orang tentang produk atau layanan bisnis kamu, dengan kata lain adalah melihat ulasan dari pelanggan (salah satu bentuk data informasi pelanggan berdasarkan customer experience)


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


5. Yuk Mulai Belajar Ilmu Data Science GRATIS untuk Optimalkan Bisnismu bersama DQLab!

Mengimplementasikan Big Data Analytics dan ilmu Data Science tentunya sahabat data DQLab dapat menggali data yang lebih luas dan dalam, membantu pembuatan strategi yang dapat ditindaklanjuti serta keputusan bisnis. Untuk memulai pembelajaran Data Science di era digital, kini kamu bisa belajar secara otodidak bersama DQLab!


Tidak memiliki latar belakang pendidikan secara formal bukan menjadi hambatan kamu memiliki kesempatan serta peluang memberikan keuntungan bagi bisnis. Ingin bergabung? Caranya mudah banget sahabat data DQLab tinggal signup di DQLab.id kemudian memulai œBelajar Gratis dengan module GRATIS œIntroduction to Data Science with R atau œIntroduction to Data Science with Python.


Selangkah lebih maju dengan aplikasikan Data Science dalam bisnismu dan lebih unggul dari kompetitor, selamat mencoba sahabat Data DQLab! 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :