[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 14 Menit 57 Detik 

Bingung Belajar Analisis Data? Ketahui Dulu Jenis-jenisnya Disini

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/338576e63c888dad4d98d9f01f2cb131_x_Thumbnail800.png

Analisis data menjadi suatu teknik yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan informasi dengan memproses atau mengolah data. Ketika melakukan suatu penelitian, kalian tentunya perlu menganalisis data agar mudah dipahami. Selain itu juga, analisis data sangat penting untuk mendapatkan solusi atau kunci jawaban atas permasalah penelitian yang sedang berjalan.


Sangat mungkin apabila masih terdapat beberapa orang yang kurang mengenal penelitian, metodenya hingga teknik analisis data. Namun, ketika kalian menempuh kuliah, kalian akan sangat sering berjumpa dengan berbagai istilah penelitian tersebut. Maka dari itu, akan lebih baik apabila kalian terlebih dahulu mengenal dan mengakrabkan diri dengan informasi seputar teknik analisis data.


1. Apa Itu Analisis Data?

Analisis data merupakan suatu proses atau upaya mengolah data menjadi suatu informasi baru. Informasi yang didapat tentunya berperan penting dalam memecahkan suatu masalah. Proses pengolahan data tersebut sangat diperlukan agar karakteristik data mudah dimengerti dan dapat dijadikan solusi untuk suatu masalah, khususnya masalah yang berkaitan dengan penelitian.


Definisi lainnya dari analisis data adalah kegiatan analisis pada suatu penelitian yang sedang dikerjakan dengan memeriksa seluruh data dari instrumen penelitian, seperti contohnya catatan, dokumen, hasil tes, rekaman, dan lainnya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membuat data semakin lebih mudah dipahami sehingga dapat menarik atau memperoleh suatu kesimpulan.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Jenis Teknik Analisis Data

Dalam analisis data, terdapat dua jenis teknik yang sering digunakan dalam penelitian. Dua jenis teknik penelitian tersebut adalah kualitatif dan kuantitatif. Kedua jenis teknik analisis data tersebut selalu digunakan sebagai metode penelitian kuliah atau pendidikan. Pada umumnya, teknik analisis data kualitatif merupakan bahasan konseptual suatu permasalahan. 


Teknik dalam analisis data kualitatif adalah analisis konten, analisis naratif, dan analisis wacana. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif merupakan penelitian dengan data numerik yang dapat dihitung secara akurat dengan menggunakan hasil survei responden. Teknik dalam analisis data kuantitatif adalah analisis deskriptif, dan analisis inferensial.


3. Model Teknik Analisis Data

Selain jenis tekniknya, dalam suatu penelitian juga terdapat dua model analisis data, yakni teknik analisis data model induktif dan deduktif. Model induktif merupakan analisis data yang prosesnya didapatkan dari fakta-fakta menuju teori. Model induktif digunakan untuk menghindari manipulasi data-data penelitian.


Sedangkan untuk model kedua yaitu model deduktif, model teknik analisis data deduktif merupakan analisis data yang berkebalikan dari model induktif. Pada model teknik analisis data deduktif, prosesnya lebih mengarah kepada teori-teori baru kemudian menuju ke fakta-fakta atau data penelitian.


4. Cara Menganalisis Data

Ketika kalian sudah menjalankan tahapan jenis dan model teknik analisis data, kalian sudah melewati tahap awal pengolahan data. Setelah itu, kalian perlu menganalisis dan menafsirkan data-data tersebut agar dapat dimengerti dan diubah menjadi suatu informasi. Ketika menganalisis dan menafsirkan data, kalian dapat menggunakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif atau kuantitatif.


Namun yang perlu kalian perhatikan adalah ketika kalian memilih metode penelitian tersebut perlu disesuaikan dengan data-data yang kalian miliki. Proses analisa data tersebut penting karena merupakan satu-satunya jalan yang perlu kalian lewati agar bisa mendapatkan jawaban dari permasalahan penelitian yang kalian jalankan atau lakukan.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Kuasai Cara Menganalisis Data Bersama DQLab

Mempelajari teknik-teknik analisis data sangat menguntungkan untuk kalian lakukan karena tidak hanya ketika sedang menempuh pendidikan saja, melainkan ketika kalian memutuskan untuk menjadi salah satu profesi data tentunya kalian akan menggunakan teknik analisis data untuk mempermudah pekerjaan kalian. DQLab dapat membantu kalian belajar mengenai teknik-teknik analisis data, kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, lalu kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi awal kalian di DQLab. Yuk, belajar bersama DQLab.id dan dapatkan banyak pengetahuan seputar data!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!