DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 14 Menit 28 Detik 

Bocoran 4 Cara Menjadi Data Scientist Handal

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/05fde3f3f689f75722fd3c143cf688db_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan internet saat ini memberi dampak ke berbagai bidang, salah satunya adalah bidang data. Dengan adanya perkembangan internet ini para pengguna dengan mudah dapat mengakses informasi. Informasi atau data tersebut semakin bertambah dengan pesat dalam waktu yang singkat, sehingga muncullah istilah big data. Big data, sesuai dengan namanya merupakan data dalam ukuran dan volume yang cukup besar sehingga akan sangat merepotkan jika harus dianalisis menggunakan cara manual. Oleh karena itu muncullah profesi data scientist yang secara umum tugasnya adalah mengolah data terutama data dalam ukuran besar. Cara menjadi data scientist pun terbilang tidak terlalu susah, namun tetap memerlukan ketekunan dan kekonsistenan dalam belajar terutama bagi pemula. 


Data scientist saat ini disebut sebagai profesi terseksi di abad ini. Mengapa demikian? Dari beberapa alasan, salah satu alasan yang perlu diperhatikan adalah saat ini sangat banyak diperlukannya peran data scientist namun masih sangat sedikit peminatnya. Padahal, data scientist dapat dikatakan sebagai ‘seseorang’ yang berada di belakang layar keseharian kita. Aplikasi atau bahkan gadget yang kita gunakan menggunakan jasa data scientist, bahkan kegiatan keseharian kita pun sebenarnya memiliki andil dari data scientist pula. Penasaran dengan cara menjadi data scientist profesional? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Kuasai Dasar Data Science

Data scientist adalah sebutan bagi orang yang menerapkan data science. Apa itu data science? Data science adalah suatu bidang ilmu yang digunakan untuk mengolah data dengan tujuan penerapan strategi bisnis atau lainnya. Data science ini bukanlah ilmu yang berdiri sendiri, melainkan gabungan dari beberapa ilmu dasar lainnya, seperti matematika, statistika, pengetahuan bisnis, bahasa pemrograman, dll. Jadi dapat dikatakan bahwa seorang data scientist tidak hanya bertugas mengolah data saja, akan tetapi diharapkan pula dapat mengkomunikasikan hasil analisis tersebut sebagai pertimbangan kemajuan bisnis. 

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tingkatkan Soft Skill

Ketika ingin menekuni suatu profesi, tidak heran bila seseorang tersebut dituntut untuk memiliki atau menguasai skill terkait baik hard skill maupun soft skill. Begitu pula untuk menjadi seorang data scientist, selain memahami ilmu dasarnya, data scientist diharapkan untuk memiliki soft skill seperti intuisi terhadap data yang baik, berpikir kritis, komunikasi yang baik, memahami strategi bisnis, bisa menguasai visualisasi data, tekun, teliti serta pantang menyerah. Softskill ini tentunya akan sangat membantu seorang data scientist dalam proses analisis data dari awal hingga akhir.

data scientist


3. Membangun Portofolio

Portofolio merupakan suatu dokumen yang menunjukkan hasil kerja atau sesuatu yang telah dikerjakan seseorang. Sepatutnya portofolio yang dibuat relevan dengan pekerjaan yang akan dicari. Sebagai contoh jika kita ingin menjadi data scientist, maka kita perlu untuk membangun portofolio data, dimana dalam portofolio itu berisikan contoh studi kasus yang telah kita selesaikan. Portofolio data perlu dibuat menarik, mudah dipahami, dan sesuai dengan tujuan atau menjawab permasalahan yang ingin diselesaikan. Dengan portofolio yang menarik dan sesuai, sangat besar kemungkinan kamu akan dilirik oleh perusahaan yang kamu incar lho!

data scientist


4. Mengikuti Pelatihan

Saat ini memang dapat dikatakan bahwa data scientist adalah profesi yang diminati, namun salah satu hal yang menjadi kendala adalah masih banyak orang yang baru mengenal profesi ini sehingga baru belajar data science. Namun bagi para pemula jangan khawatir, kesempatan untuk menjadi data scientist masih lebar, para pemula dapat belajar serta mengasah skill dengan cara mengikuti pelatihan. Pada saat ini pelatihan data science tidak hanya dapat diikuti secara offline, akan tetapi sudah banyak pula lembaga atau badan perusahaan yang menyediakan pelatihan data science secara online.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Mulai Bergabung Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Data scientist merupakan salah satu profesi yang diminati para kaum milenial masa kini. Data scientist perlu menguasai ilmu dasar data science serta memiliki keterampilan bahasa pemrograman. Ilmu dasar data science serta penerapannya dapat kita pelajari di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dapat kita terapkan pada data sekunder lohh. Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!