PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 17 Menit 32 Detik 

Bocoran Skill Data Scientist untuk Pemula NON IT

Belajar Data Science di Rumah 20-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/25d37f74307382893b4b174a94b938a7_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist merupakan sebutan untuk orang-orang yang ahli di bidang Data Science. Perkembangan Data Science terbilang cukup pesat dan masih menjanjikan peluang yang cukup menarik untuk beberapa tahun ke depan. Dikutip dari Danacita, disebutkan bahwa  saat ini di Indonesia membutuhkan sekitar 600,000 tenaga kerja IT. Namun saat ini jumlah talent yang tersedia di bidang tersebut hanya sekitar 20,000 saja. Jadi peluang kamu untuk bekerja sebagai Data Scientist tentu akan terbuka sangat lebar.


Untuk bisa menjadi seorang Data Scientist, tentu ada beberapa skill yang harus kamu kuasai. Skill menjadi suatu hal yang sangat penting. Bahkan kamu juga tetap memiliki kesempatan untuk berkarir sebagai praktisi data (dalam hal ini Data Science) meskipun kamu tidak berasal dari background pendidikan khusus, selama skill yang kamu miliki sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan. Karena seiring perkembangan zaman dan teknologi, proses pembelajaran tidak hanya berupa pembelajaran formal yang diberikan di perguruan tinggi saja.


Nah, kira-kira skill apa saja sih yang harus kamu kuasai agar bisa menjadi seorang Data Scientist? Penasaran dengan jawabannya? Yuk, intip bocoran skill yang telah dirangkum oleh DQLab!


1. Peluang dan Statistika

data scientist

Peluang dan statistika merupakan bagian penting loh dalam ilmu Data Science, sehingga tidak heran jika seorang Data Scientist akan sering bertemu dengan kedua hal ini. Peluang sendiri merupakan kemungkinan terjadinya suatu kejadian, semakin besar peluang maka kemungkinan untuk terjadinya suatu kejadian akan semakin besar. Nilai peluang berada di rentang 0-1, jika peluang 0, maka kejadian tersebut tidak terjadi, sementara jika satu berarti kejadian tersebut akan terjadi.


Statistika sendiri merupakan ilmu yang berhubungan dengan data, mulai dari tahap awal hingga tahap akhir proses pengolahan data pasti akan melibatkan ilmu statistika. Penggunaan statika dan peluang akan banyak digunakan dalam pembuatan model, serta menentukan model terbaik yang akan digunakan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pemrograman

data scientist

Selain statistika dan ilmu peluang, skill lainnya yang harus dikuasai oleh seorang Data Scientist adalah kemampuan menggunakan bahasa pemrograman. Seperti yang kita ketahui,  data yang digunakan oleh Data Scientist berjumlah sangat banyak dan beragam jenisnya. 


Hal ini akan menyulitkan Data Scientist dalam melakukan pekerjaannya jika pengolahan data tersebut harus dilakukan secara manual, terlebih jika datanya merupakan data yang tidak terstruktur.  Dengan memanfaatkan bahasa pemrograman, Data Scientist akan memanfaatkan bantuan komputer untuk mengolah data yang sangat banyak dan juga beragam tersebut secara otomatis dan dalam waktu yang relatif singkat.


Beberapa contoh bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh Data Scientist adalah R, Python, dan juga SQL. Kamu bisa mempelajari ketiga bahasa pemrograman dengan berlangganan modul premium DQLab, loh. 


3. Machine Learning dan Artificial Intelligence

Source: Google

Machine Learning dan Artificial Intelligence merupakan teknologi yang dibuat dimana mesin bisa meniru cara manusia dalam berperilaku. Perkembangan teknologi digital semakin pesat membuat pekerjaan data Scientist akan berhubungan dengan Machine Learning dan Artificial Intelligence. 


Pada manusia Machine Learning akan diibaratkan sebagai otak yang bisa digunakan untuk membuat sebuah keputusan berdasarkan algoritma yang dipilih. Sementara Artificial Intelligence sendiri akan diibaratkan sebagai kepala manusia. Sehingga bisa dikatakan bahwa Machine Learning merupakan salah satu bagian dari Artificial Intelligence.

Jika dilihat dari sejarahnya, penemuan teknologi Artificial Intelligence memang lebih dulu ditemukan, yaitu sekitar tahun 1950-an. Sementara teknologi Machine Learning muncul pada tahun 1980-an.


4.Kemampuan Membaca Peluang Bisnis 

data scientist

Skill selanjutnya yang harus dikuasai oleh seorang Data Scientist adalah kemampuan dalam melihat peluang dari bisnis yang sedang dijalani. Untuk bisa melihat peluang bisnis yang ada, seorang Data Scientist tentu harus memahami secara pasti bisnis yang sedang dijalani. 


Kemudian Data Scientist bisa memanfaatkan data yang ada untuk menemukan insight bisnis. Skill ini juga bisa didukung dengan adanya rasa penasaran akan data sehingga Data Scientist tidak akan merasa keberatan untuk mengeksplorasi data secara mendalam sehingga bisa menemukan pola data serta insight menarik dari data. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Kenapa sih kita harus memiliki skill? Tentu saja dalam dunia kerja yang lebih dibutuhkan adalah kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan dibandingkan nilai akademis yang tertera di dalam selembar kertas. Salah satu skill yang wajib dikuasai oleh Data Scientist adalah bahasa pemrograman. 

Menariknya, kamu ternyata bisa mempelajari 3 bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh seorang Data Scientist (R, Python, dan SQL) hanya dengan berlangganan modul premiumnya  DQLab loh.


Jika kamu adalah seorang pemula yang belum pernah belajar Data Science, kamu bisa memulai dengan mencoba free modul yang disediakan oleh DQLab. Saat ini, free modul bisa kamu nikmati untuk bahasa R yang berjudul œIntroduction to Data Science using R dan juga Python dengan judul modul œIntroduction to Data Science using Python.


Yuk, tunggu apa lagi? Giliranmu sekarang menjadi Data Scientist!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :