2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 16 Menit 21 Detik

Bongkar Jobdesk Data Scientist, Karir Penuh Tantangan

Belajar Data Science di Rumah 06-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-02-2024-05-04-095022_x_Thumbnail800.jpg

Profesi Data Scientist telah menjadi sorotan dalam dunia kerja modern, karena adanya peningkatan permintaan yang pesat dari berbagai industri. Seorang Data Scientist bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan big data untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis. Mereka bisa menggunakan berbagai alat dan teknik, termasuk pemrograman, ilmu statistika, serta Artificial Intelligence untuk mengubah data mentah menjadi insight yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah kompleks dan menemukan peluang bisnis.


Pekerjaan seorang Data Scientist akan menentukan arah langkah selanjutnya dari sebuah perusahaan. Hal ini karena perusahaan menjadi sangat bergantung pada Data Scientist dalam proses pengambilan keputusan. Namun, di balik tanggung jawab inti yang umumnya dikenal, ada beberapa aspek pekerjaan yang unik dan menarik yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa saja job desk unik dari seorang Data Scientist. Yuk, simak pembahasannya!


1. Menciptakan Cerita dari Data

Data Scientist

Pekerjaan seorang Data Scientist tidak hanya tentang mengolah angka dan statistik, tetapi juga tentang menciptakan narasi yang meyakinkan dari data. Untuk bisa melakukan tugas ini, Data Scientist membutuhkan skill untuk menyusun cerita yang koheren dan bermakna dari hasil analisis yang didapatkan. Dengan menggunakan visualisasi data yang tepat dan bahasa yang mudah dimengerti, Data Scientist harus mampu menjelaskan insight yang didapatkan kepada para stakeholder non-teknis dengan cara yang memikat.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Detektif Data untuk Memecahkan Misteri Bisnis

Data Scientist

Data Scientist seringkali berperan menjadi detektif data, dimana mereka harus menggali dan menyelidiki data untuk mencari tahu penyebab di balik tren atau fenomena yang sedang diamati. Hal ini bisa menjadi tantangan yang menarik karena seringkali masalahnya tidak jelas dan memerlukan pemecahan masalah kreatif. Misalnya, Data Scientist harus mengidentifikasi faktor apa yang menyebabkan penurunan tiba-tiba dalam penjualan atau mengungkap pola anomali dalam perilaku pelanggan.


3. Menjadi "Translator" Antar-Disiplin

Data Scientist

Salah satu jobdesk unik Data Scientist adalah peran mereka sebagai "translator" atau jembatan antara tim teknis dan non-teknis. Mereka harus mampu memahami bahasa dan kebutuhan dari kedua belah pihak, lalu kemudian mengkomunikasikan hasil analisis data secara efektif kepada para stakeholder yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis. Untuk bisa menjalankan peran ini dengan baik, Data Scientist membutuhkan kemampuan komunikasi yang kuat serta pemahaman mendalam tentang kedua dunia tersebut.

4. Membawa Etika dalam Penggunaan Data

Data Scientist

Dalam era di mana data menjadi semakin berharga, tanggung jawab seorang Data Scientist juga mencakup aspek etika. Mereka harus mempertimbangkan implikasi sosial, privasi, dan keamanan dari penggunaan data, serta memastikan bahwa analisis mereka dilakukan dengan integritas dan keberlanjutan. Mereka juga perlu memastikan bahwa data digunakan untuk kebaikan dan tidak digunakan dalam hal yang merugikan sebagai bagian penting dari pekerjaan seorang Data Scientist.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Peran seorang Data Scientist tidak hanya tentang menganalisis angka dan menghasilkan model prediktif. Ada aspek pekerjaan yang unik dan menarik yang dapat membedakan mereka dari profesi lainnya. Dengan kemampuan untuk berkolaborasi lintas-disiplin dan menjaga etika dalam penggunaan data, mereka memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan bisnis dan teknologi.


Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login