PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 27 Menit 32 Detik

Buat Portfolio dari Ragam Project Data Analyst Berikut

Belajar Data Science di Rumah 06-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-03-2023-11-08-140425_x_Thumbnail800.jpg

Project data adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan ketika kita berbicara data analyst. Karena pada dasarnya, ketika kalian sudah terjun ke dalam dunia kerja menjadi seorang data analyst, akan dihadapkan dengan berbagai project untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data perusahaan.


Dengan kalian banyak menghasilkan suatu project dan berhasil maka kalian bisa menunjukkan bahwa kalian mampu dan sudah mahir sebagai data analyst. 


Project data analyst akan menampilkan suatu proses analisis, yang dimulai dari ketika kalian menemukan datanya bersumber dari mana hingga kalian membersihkan dan juga memproses data tersebut.


Project data analyst ini juga berguna untuk seorang calon data analyst untuk mendapatkan pengalaman menggunakan tools data analyst dan juga teknik-teknik yang dipakai dalam analisis data. Pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas project-project apa saja yang biasa dikerjakan oleh para data analyst.


Mari kita simak artikel dibawah ini!


1. Mendeteksi Sebuah Objek

Mendeteksi sebuah objek adalah salah satu project data analyst yang cukup menarik dalam berbagai bidang industri. Deep Neural Network (DNN) adalah metode yang bisa kalian gunakan untuk project mendeteksi sebuah objek ini.


Pada project ini kita akan mengembangkan model yang bisa mengklasifikasikan objek dan bisa secara akurat untuk memetakan objek dari kelas yang berbeda-beda. Untuk membuat project ini kalian harus memahami tentang machine learning, project ini juga membutuhkan keterampilan deep learning yang cukup mumpuni.


Data Analyst

Credit by Microsoft Developer Blogs


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Rating Film

Project lainnya yang bisa kalian coba adalah membuat suatu rekomendasi dari film-film dengan menggunakan data-data tertentu. Kalian juga bisa membuat dataset ke dalam dataframe dengan menggunakan library Python yaitu panda dan bisa melakukan operasi cleansing data.


Selain itu kalian juga perlu memperhatikan algoritma machine learning yang tidak bekerja dengan baik ketika bertemu data dalam bentuk teks. Disini kalian akan mempelajari bagaimana caranya menggunakan algoritma teks TF-IDF untuk bisa memberikan representasi numerik data teks. Pengetahuan akan machine learning disini bisa memungkinkan kalian untuk melakukan project ini dengan lebih baik. 


Data Analyst

Credit by Wikipedia


3. Deteksi Kartu Kredit

Meningkatnya volume dan potensi kerugian yang berasal dari tindak pidana penipuan dengan menggunakan kartu kredit ini memerlukan suatu solusi yang bisa memungkinkan pihak penyelenggara layanan kartu kredit bisa melakukan analisis data pada transaksinya secara tepat dan juga akurat.


Hal ini bisa dikatakan cukup mustahil ketika dilakukan secara manual oleh seorang manusia. Hal ini dikarenakan permasalahan ini hanya bisa diselesaikan dengan menggunakan algoritma machine learning seperti Artificial Networks, gradient boosting classifier, dan juga decision trees.


Dengan bisa mengaplikasikan algoritma-algoritma tersebut, sistem kalian akan secara otomatis akan memberitahukan jika terjadi sebuah kecurangan dalam kartu kredit milik pengguna.



Data Analyst

Credit by Cermati.com


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Prediksi Saham

Ide lainnya yang bisa kalian contoh atau buat dengan menggunakan algoritma machine learning adalah dengan membuat prediksi harga saham dalam pasar saham. Di era investasi digital saat ini, prediksi saham akan membantu para investor retail dalam melihat bagaimana potensi pada setiap pasar saham.


Dengan adanya banyak sekali data dalam pasar saham ini, menjadi salah satu sumber yang bagus untuk bisa dieksplorasi dan juga dikembangkan lagi menjadi project yang sangat menarik. Kalian juga harus menguasai beberapa teori seperti analisis prediktif, analisis regresi, dan juga statistics modeling.

Data Analyst

Credit by Detik.com


Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login