PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 10 Menit 38 Detik

Buat Portfolio Data Analyst Eyecathing Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 11-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/img_3157-2023-07-11-150841_x_Thumbnail800.jpeg

Di era perkembangan big data seperti saat ini, pertumbuhan data di dunia sangat pesat. Bahkan, dalam satu hari ada jutaan data baru yang diproduksi. Data-data ini beraneka ragam,mulai dari data terstruktur hingga tidak terstruktur, data numerik, grafik, audio, video, dan lain sebagainya. Data yang diproduksi ini sebagian besar berasal dari sosial media dan internet, serta dapat diakses secara gratis. Sayangnya agar data tersebut dapat dibaca oleh semua orang, perlu bantuan profesional yang memiliki skill khusus untuk mengolah data. Role tersebut adalah data analyst.


Data analyst adalah salah satu profesi yang memerlukan skill set khusus karena dalam pekerjaannya akan banyak menggunakan tools dan metode khusus. Salah satu cara untuk ‘memamerkan’ skill set yang dimiliki oleh data analyst agar dapat menarik perhatian recruiter atau audience adalah dengan membangun portfolio. Portfolio data analyst berisi summary mengenai suatu project yang telah diselesaikan dan minimal terdiri dari tujuan project, tools dan metode yang digunakan, sumber data, step pengerjaan, dan kesimpulan. 


Salah satu cara untuk membangun portfolio data analyst adalah dengan mengikuti kursus atau bootcamp. Salah satu kursus atau bootcamp yang banyak direkomendasikan oleh praktisi data profesional adalah DQLab. Pada artikel kali ini, selain membangun portfolio data analyst, kita akan membahas benefit lain yang didapatkan dari DQLab. Penasaran? Yuk simak artikel ini hingga akhir!


1. Mari Berkenalan Dengan DQLab

DQLab merupakan program kursus data science yang dipelopori oleh Universitas Multimedia Nusantara bersama Xeratic. Universitas Multimedia Nusantara atau biasa disingkat dengan UMN merupakan universitas terakreditasi A yang berbasis Information and Communication Technologies, sedangkan Xeratic adalah perusahaan perusahaan konsultan bisnis serta penyimpanan data yang memberikan solusi data yang berhasil diadopsi perusahaan ternama di Indonesia. Tujuan dari program DQLab adalah untuk membangun dan mempersiapkan generasi yang siap berkarir di industri data.


Data Analyst

Ada beberapa program yang bisa kita ikuti yaitu modul belajar yang ada pada skill track dan career track, proyek data industri untuk membangun portofolio (penunjang karir), dan data challenge untuk mendapatkan feedback dari praktisi data.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Berbagai Modul Menarik

DQLab merupakan kursus data science berbasis online menggunakan modul belajar yang dikembangkan oleh perusahaan dan ahli data. Materi dan dataset yang digunakan merepresentasikan data industri yang kompleks dan kotor. Mengapa menggunakan data kotor? karena 70% data perusahaan adalah data kotor. Di DQLab kita akan belajar dengan terstruktur dan terkonsep menggunakan video, kuis, dan latihan praktek. Saat belajar bersama DQLab, kita tidak perlu membuka aplikasi lain karena hasil data modeling dan visualisasi dapat dikerjakan langsung di Live Code Editor. 

Data Analyst


3. Data Challenge

DQLab Data Challenge adalah salah satu program DQLab untuk membantu membernya untuk memvalidasi skill yang dibutuhkan dalam berkarir di dunia data. Pada program ini, member DQLab akan dibimbing untuk membangun portofolio dengan kasus dan dataset yang diberikan. Setelah menyelesaikan modul dan challenge, member DQLab akan mendapatkan sertifikat yang dapat mendukung kevalidan portofolionya.


4. Job Connector

Selain dapat belajar, kita juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai praktisi data melalui program DQLab Job Connector. Sudah banyak member DQLab yang berhasil berkarir sebagai data analyst, data engineer, dan data scientist melalui DQLab career. Program DQLab career merupakan program khusus dimana member DQLab dapat membangun portofolionya di bidang data. 


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 

Yuk bangun portfolio data analyst dan dapatkan peluang kerja menarik bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Python & SQL bersama DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login