PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 33 Menit 13 Detik 

Buat Tabel di Excel dengan 5 Langkah Mudah!

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3f66c601319237b89dd7ea145d1f2421_x_Thumbnail800.jpg

Setiap individu pasti ingin mengerjakan suatu hal dengan lebih efisien, cepat, dan tertata. Saat ini, banyak sekali aplikasi yang membantu keinginan tersebut, salah satunya adalah Microsoft Excel. Excel merupakan aplikasi software pengolah data yang di dalamnya tersedia komponen-komponen, seperti lembar kerja atau spreadsheet, rumus fungsi, tabel, grafik, dan lainnya. 


Dalam artikel ini, DQLab akan membahas mengenai salah satu komponen pembantu yang terdapat di dalam Excel, yaitu tabel. Pengaplikasiannya tentu membutuhkan cara-cara atau langkah yang mudah dimengerti oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, mari kita simak satu persatu dimulai dari pengertian, fungsi, cara membuat, hingga cara menghapus tabel dalam Excel.


1. Pengertian Tabel di Excel

Tabel sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah daftar yang berisikan ringkasan sejumlah data atau informasi yang saling berkaitan. Informasi tersebut dapat berupa teks atau bahkan angka yang tersusun dalam sejumlah baris dan kolom sehingga lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti. Tabel yang akan dibahas dalam artikel ini dapat diterapkan dalam Excel 2007, 2010, 2013, hingga 2016.


Selain menyediakan lembar kerja atau spreadsheet, Excel semakin berkembang dalam penyajian fitur-fitur yang dapat membantu kita, seperti tabel ini. Fitur ini sangat berguna untuk pengelompokkan data mengenai suatu informasi tertentu. Namun yang perlu diperhatikan adalah, meskipun lembar kerja Excel telah berbentuk kolom, tetap memerlukan format khusus untuk membuat suatu tabel.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi Penggunaan Tabel di Excel

Tabel dalam Excel sangat berfungsi untuk mempermudah kalian dalam mengolah dan menganalisa data terkait pekerjaan atau kebutuhan kalian. Kalian dapat melakukan pekerjaan seperti sorting, menyaring, memperindah tampilan hingga mempermudah penulisan. 


Pembuatan tabel di Excel tidak hanya sekadar memberikan border atau garis pembatas dalam suatu kumpulan data, namun kalian menjadikannya suatu range atau jangkauan data sebagai sebuah format tabel menggunakan table tools yang telah disediakan di dalam Excel. Karena cara penggunaannya yang mudah dimengerti dan diaplikasikan, tabel menjadi salah satu fitur yang penggunaannya sangat sering dipakai.


3. Langkah-langkah Membuat Tabel di Excel

Membuat tabel dalam Excel tidak bisa langsung terjadi begitu saja, namun diperlukan langkah-langkah atau cara pembuatan yang sangat mudah dan simpel. Cara membuat tabel dalam semua versi Excel sebenarnya hampir sama, namun terdapat dua pemilihan menu yang berbeda. Menunya adalah insert dan format, oleh karena itu mari kita mulai dari menu insert terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya untuk menu insert :


  • Blok bagian kolom dan baris yang ingin kalian ubah menjadi tabel.

  • Pilih tombol "Table" pada tab "Insert".

  • Klik opsi "Create Table".

  • Apabila bagian data yang kalian blok memiliki judul kolom, maka centang bagian "My table has headers". Jika tidak dicentang, maka pada bagian atas tabel yang kalian buat akan muncul judul baru dengan nama column1.

  • Klik "OK", lalu tabel baru sudah muncul pada spreadsheet kalian.


Menu kedua adalah format, berikut langkah-langkahnya :


  • Blok bagian kolom dan baris yang ingin kalian ubah menjadi tabel.

  • Pada tab "Home", klik fitur "Format as Table".

  • Kalian bisa bebas memilih desain yang sesuai dengan keinginan kalian.

  • Klik opsi "Create as Table".

  • Seperti langkah-langkah menu insert, jika data yang kalian blok memiliki judul, kalian perlu mencentang bagian "My table has headers".

  • Klik "OK", lalu tabel baru akan muncul pada spreadsheet kalian.


4. Cara Menghapus Tabel di Excel

Apabila kalian sudah membuat tabel dan merasa kurang puas dengan hasilnya, kalian bisa menghapus tabel tersebut. Namun dalam menghapus tabel terdapat tiga maksud, yang pertama menghapus tabel beserta isinya, menghapus tabel tanpa menghilangkan format tabel, dan menghapus format tabel saja tanpa menghilangkan isinya. Untuk menghapus tabel beserta isinya, kalian bisa menyeleksi seluruh tabel termasuk header, kemudian tekan tombol "Delete" pada keyboard kalian.


Untuk menghapus isi tabelnya saja, kalian bisa menyeleksi semua baris kecuali bagian header, kemudian tekan "Delete". Dan untuk menghapus tabel tanpa menghilangkan isi dan formatnya, kalian bisa pilih dan blok bagian mana saja pada tabel. Setelah muncul tab "Table Tools-Design", klik tab tersebut dan pilih menu "Convert to Range", dengan begitu kalian bisa memiliki isi dan format data namun tanpa tabel.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Ayo Belajar Lebih Banyak Lagi dengan DQLab!

Dengan informasi yang telah disampaikan, apakah kalian tertarik untuk belajar lebih dalam mengenai Excel? Selain berguna untuk Data Science, Excel juga berguna untuk pekerjaan lain, seperti absensi siswa hingga form pemesanan. Jadi kesimpulannya, Excel bisa kalian gunakan untuk kegiatan sehari-hari kalian. Kalian bisa belajar lebih banyak lagi, kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, kemudian kalian dapat menikmati keuntungan awal, yaitu mengerjakan module gratis "Introduction Data Science with Python and R". Yuk, belajar bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :