DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 37 Menit : 28 Detik

Business Analyst dan Data Scientist, Profesi Mana yang Cocok untuk Karirmu?

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/91b60a4c6375ffbffb4579bda627c14b_x_Thumbnail800.jpg

Business Analytics dan Data Science, kedua istilah ini digunakan secara bergantian dalam industri data. Dan ini merupakan dua pekerjaan paling populer di bidang data. Kedua peran ilmu ini serupa dalam banyak hal, melibatkan pengumpulan data dan pemodelan data.

Namun kedua istilah ini ternyata juga memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda. Profesi mana yang tepat untukmu? Yuk kita lihat perbedaannya!

1. Pahami Perbedaan Antara Business Analyst dan Data Scientist

Perbedaan utama antara Business Analyst dan Data Scientist adalah dari tanggung jawab keduanya. Data Scientist bertugas mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk nantinya menghasilkan informasi yang dapat berguna dalam pengambilan keputusan suatu instansi atau perusahaan.

Sementara itu, Business Analyst bertugas menganalisis data untuk menyarankan berbagai keputusan bisnis. Keputusan ini merupakan sebuah saran dan yang memberikan keputusan akhir tetaplah pimpinan di perusahaan tersebut. Tujuan dari hasil keputusan tersebut berguna untuk memperbaiki masalah, membuat perusahaan tersebut menjadi lebih baik, dan mencegah kemungkinan masalah di masa depan.

Baca juga: Berkarir Menjadi Business Analyst Handal Menggunakan Feynman Techniques

2. Skills dan Tools yang Dibutuhkan dalam Business Analytics dan Data Science

Business Analytics

Seorang Business Analyst harus mahir dalam menyajikan simulasi dan perencanaan bisnis. Sebagian besar perannya adalah menganalisis tren bisnis. Misalnya, analisis web atau analisis harga. Beberapa tools yang digunakan dalam Business Analytics adalah Excel, Tableau, SQL, dan Python. Teknik yang paling umum digunakan adalah metode statistic, forecasting, pemodelan dan storytelling.

Data Science

Seorang Data Scientist harus mahir dalam aljabar linear, pemrograman, dan ilmu dasar komputer. Tools yang digunakan adalah R, python, scikit-learn, PyTorch, dan yang paling umum seperti statistic, machine learning, deep learning, dan NLP.

3. Jenjang Karir Untuk Business Analyst dan Data Scientist

Kelebihan Data Scientist terletak pada kemampuan pengkodean, matematika, dan penelitiannya. Jenjang karir seorang Data Scientist cenderung menjadi pengusaha teknologi. Sedangkan Business Analyst, memiliki kemampuan yang kuat dalam manajemen proyek dan pemikiran yang strategis. Jenjang karir seorang Business Analyst cenderung berperan dalam bisnis dan kewirausahaan. 

Baca juga: Berkarir Menjadi Data Engineer, Intip 3 Tips Soft Skill untuk Menghadapi Era Big Data

4. Yuk, Mulai perjalanan karir kamu menjadi Business Analyst bersama DQLab Sekarang!

Nah, bagaimana teman-teman? tertarik untuk berkarir sebagai Business Analyst? Bersama DQLab kamu dapat memulai karir sebagai Business Analyst loh! Sebagai Business Analyst tentu kamu harus memiliki basic data knowledge seperti Python programming, R, SQL, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mempelajari itu semua dan dimulai secara GRATIS di DQLab. Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  2. Akses module Introduction to Data Science
  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab 


Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!