Top 3 Software Business Intelligence yang Bersifat Free

Top 3 Software Business Intelligence yang Bersifat Free

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/85197924497cf5fc7c94117b037f823d_100_persen.png

Software Business Intelligence merupakan sesuatu hal yang sangat mendukung profesi Business Intelligence dalam menjalankan tugas-tugasnya. Software ini digunakan untuk mengumpulkan, menganalisa, memproses, serta menghasilkan visualisasi dari data yang berjumlah besar. Selain itu software ini juga akan sangat berguna dalam proses pembuatan laporan, serta dalam proses pengambilan keputusan.

Beberapa software dari Business Intelligence ada yang bersifat open source yang artinya semua fiturnya bebas untuk diakses oleh siapa saja tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Selain itu, ada juga yang bersifat free namun hanya menyediakan fitur yang terbatas. Jika pengguna ingin meng-upgrade fitur yang dimiliki, pengguna dapat membayar dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan yang ada.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa software yang bersifat free namun terbatas untuk beberapa fitur yang cukup banyak digunakan oleh profesi BI. Penasaran apa saja? Check it out!

1. ActivTrak

Software pertama yang bersifat free adalah ActivTrack yang berasal dari Birch Grove Software. Software ini biasa digunakan oleh manager ataupun pemilik bisnis untuk melihat produktivitas dari tim mereka. Software ini dilengkapi dengan sistem yang dapat menampung 5 hingga 1000 tim. Ternyata software ini dapat diakses menggunakan cloud, SaaS, serta web. Selain itu software ini juga menawarkan aplikasi seluler baik untuk Android maupun untuk iOS. Namun sayangnya jika pengguna ingin mengupgrade software ini untuk dapat mengakses fitur yang lebih lengkap, pengguna harus membayar $7.20 per user setiap bulannya.

Baca Juga : Business Intelligence Tools : Mengenal Tableau, Senjata Ampuh Profesi BI untuk Bersaing dengan Kompetitor

2. ChartMogul

ChartMogul juga merupakan software Business Intelligence yang yang bersifat free. Software ini sangat baik digunakan untuk untuk bisnis yang mulai membangun dan mengembangkan ikatakan dengan pelanggan karena software ini dapat menganalisis tingkat churn dan juga nilai umur dari setiap pelanggan. Software ini memiliki kemampuan yang baik dalam mengatasi basis data pengguna yang besar, sehingga tidak heran ChartMogul telah digunakan oleh klien setingkat Typeform dan Docker.

Sayangnya, untuk mengakses seluruh fitur dari software ini secara lengkap, pengguna juga diminta untuk membayar sebanyak $100 perbulan. 

3. Cluvio

Cluvio merupakan software yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan query dari SQL queries terhadap database yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, Cluvio juga dapat memproses data dalam R, dan hal yang lebi penting, Cluvio dapat menghasilkan dashboard visualisasi data yang sangat menarik. Itulah mengapa, software ini banyak digunakan oleh mereka yang paling tidak sedikit memahami atau berpengalaman tentang analisis data. Software ini pasa dasarnya bersifat free, namun sayang nya untuk meng-upgrade fitur nya pengguna harus mengeluarkan $99 untuk satu lisensi dengan pengguna yang tak terbatas.

Baca Juga : Business Intelligence : Mengenal Proses Pengolahan Data Oleh Business Intelligence

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!