Klaim Voucher Potongan Rp 50.000 untuk 100 Transaksi Pertama
Kode Voucher: MULAIBELAJARDATA . Berakhir 2 Days 13 Jam : 58 Menit : 23 Detik Claim Now

Business Intelligence Software: Tableau vs Microsoft Power BI, Yuk Cari Tahu Software BI yang Paling Cocok untuk Bisnismu!

Business Intelligence Software: Tableau vs Microsoft Power BI, Yuk Cari Tahu Software BI yang Paling Cocok untuk Bisnismu!

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/323b6a68067d4f70df77ea291855602a_100_persen.jpg

Tableau dan Microsoft Power BI adalah dua pelopor business intelligence (BI) dan software untuk visualisasi data. Tableau menawarkan software visualisasi yang mudah digunakan oleh semua kalangan. Sedangkan Power BI lebih bersahabat untuk perusahaan kecil atau perusahaan berkembang dalam segi harga maupun fungsionalitas. Power BI menawarkan interface yang mudah digunakan dan dashboard yang powerful.


Tableau dan Power BI memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Tableau dapat digunakan untuk mengintegrasikan titik data dalam jumlah tak terbatas dan menawarkan opsi dukungan yang komprehensif. Di sisi lain, Power BI mungkin lebih baik untuk perusahaan kecil dan menengah karena harganya lebih terjangkau. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing software, kamu harus bijak dalam memilih software business intelligence yang tepat untuk bisnismu. Masih bingung memilih software yang tepat? Tenang, kali ini DQLab akan membantumu memilih software business intelligence yang sesuai dengan bisnismu. Baca artikelnya sampai selesai ya!

1. Tableau dan Power BI

Tableau merupakan business intelligence software yang powerful untuk visualisasi data dan mencari informasi tersembunyi dari sebuah data. Tableau dapat digunakan oleh semua jenis organisasi dan bisnis. Dengan fitur drag-and-drop yang sederhana, kamu dapat dengan mudah menganalisis data utama, berbagi informasi penting ke seluruh perusahaan, membuat visualisasi, dan laporan yang inovatif. Selain itu, Tableau menawarkan opsi untuk menyisipkan dasbor ke dalam aplikasi bisnis yang sudah ada. Misalnya SharePoint yang dapat kamu gunakan untuk analisis cepat.


Microsoft Power BI adalah software analisis berbasis cloud dan platform business intelligence yang menawarkan gambaran umum data perusahaan secara lengkap. Power BI menghubungkan berbagai data dari semua sumber dan menawarkan dashboard yang dapat diskalakan yang bisa kamu manfaatkan untuk memilih berbagai visualisasi data.


Baca Juga: Kenali Profesi Business Intelligence pada Berbagai Macam Industri Masa Kini


2. Visualisasi dan Sumber Data

Tableau dan Power BI dapat kamu gunakan untuk menyiapkan visualisasi data yang canggih yang akan membantumu menemukan pola, mengurangi biaya, mempercepat proses, dan menghasilkan kesimpulan. Tableau dapat kamu gunakan untuk membuat berbagai jenis visualisasi dasar, termasuk peta persebaran panas, diagram garis, dan scatterplot. Kamu tidak perlu ilmu coding untuk mengembangkan visualisasi yang canggih dan kompleks menggunakan Tableau. Power BI dapat membantumu dalam proses upload dataset. Kamu dapat memilih berbagai visualisasi data yang sesuai dengan jenis dan skala datamu. Namun, Power BI memiliki limit data saat melakukan analisis yaitu 3.500 data.


Tableau dan Power BI dapat terhubung ke berbagai sumber data. Namun, Tableau menawarkan fitur yang lebih baik dengan koneksi ke sumber data yang berbeda, sedangkan Power BI sangat terintegrasi dengan Microsoft, termasuk platform Azure cloud. Tableau terhubung ke ratusan konektor data secara otomatis termasuk online analytical processing (OLAP), big data seperti NoSQL, Hadoop, dan cloud. Power BI juga dapat dihubungkan ke sumber eksternal seperti SAP HANA, JSON, MySQL, dan lain sebagainya. Saat kamu menambahkan data dari beberapa sumber, Power BI akan menghubungkan data-data tersebut secara otomatis. Selain itu, kamu juga dapat terhubung ke database Microsoft Azure dan layanan online seperti Salesforce dan Google Analytics.

3.Customer Support dan Harga

Tableau menyediakan direct support yang tersedia melalui telepon dan email. Tableau juga menawarkan tiga produk utama yaitu Tableau Desktop, Server, dan Online. Kamu dapat mengakses customer support yang sesuai dengan versi software yang kamu gunakan. Kamu juga dapat mengakses forum komunitas Tableau dan menghadiri pelatihan dan acara lainnya. Customer support pada Power BI akan lebih cepat ditanggapi jika kamu menggunakan Power BI berbayar karena customer support untuk Power BI gratis sangat terbatas. Namun, Power BI menawarkan sumber daya dukungan, forum komunitas pengguna, dan contoh bagaimana pengguna lain menggunakan Power BI sehingga ketika kamu mengalami kesulitan, kamu bisa mencontoh panduan dari pengguna lain.

Jika membicarakan perihal harga, secara umum Power BI lebih terjangkau. Power BI menyediakan free trial Pro selama 60 hari, sedangkan free trial Tableau hanya 14 hari. Selain itu, biaya Power BI mulai dari $ 9,99 per pengguna per bulan, sementara Tableau Explorer mulai dari $ 35.

Jadi, setelah membaca artikel dari DQLab, apakah kamu sudah tau software business intelligence mana yang sesuai dengan bisnismu?


Baca Juga: Business Intelligence : Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Business Intelligence di Era Modern


4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk menikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!