[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 15 Menit 59 Detik 

Calon Data Analyst, Kenali Rolenya dengan Persiapkan Hard Skill Ini

Belajar Data Science di Rumah 17-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6c686e71a2226ff25102390ece47fb53_x_Thumbnail800.jpg

Ketika kalian bekerja menjadi profesi apapun, sudah pasti kalian memerlukan beberapa skill dasar yang dapat menunjang profesi kalian. Sama halnya dengan menjadi profesi di industri data, seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Sebelum kalian menjadi profesi tersebut, diperlukan pembelajaran dalam berbagai bidang agar pekerjaan kalian kedepannya bisa terjamin.


Pembelajaran biasanya dilakukan sebelum dan saat kalian menjalani profesi tersebut. Kali ini, DQLab akan memberikan beberapa bocoran kepada teman-teman yang ingin menjadi Data Analyst mengenai tugas, skill, tools, dan latar belakang profesi tersebut. Yuk, simak dengan seksama agar bisa mempersiapkannya dengan matang!


1. Tugas Seorang Data Analyst

Pekerjaan atau tugas seorang Data Analyst pastinya sangat berkaitan dengan data, mungkin teman-teman juga belum tahu bahwa pekerjaan Data Analyst juga berkaitan dengan Data Scientist dan Data Engineer. Meskipun pekerjaan Data Analyst tidak serumit kedua profesi lainnya, tetapi efek yang diberikan juga sama pentingnya.


Secara simpel, tugas seorang Data Analyst adalah mengumpulkan data dengan teknik data mining, menganalisis data tersebut, mengolah data hingga berubah menjadi suatu informasi, dan menyajikan informasi tersebut kepada orang lain dengan visualisasi yang rapi dan apik. Selain itu juga, Data Analyst bertugas untuk menjaga perusahaan secara internal dengan pembersihan data atau cleaning. Hal ini dilakukan agar perusahaan terhindar dari masalah di masa mendatang.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Skill yang DIperlukan Calon Data Analyst

Setiap profesi pasti perlu memiliki skill dasar atau penunjang untuk pekerjaannya. Meskipun tidak seteknis dan serumit profesi Data Scientist dan Data Engineer, tetap saja sebagai calon Data Analyst, teman-teman perlu memiliki tujuh skill teratas yang patut dipelajari sebagai bekal untuk kedepannya.

  • Pemahaman dalam bahasa pemrograman seperti R, Python, dan SQL.

  • Dapat menggunakan Excel dengan mahir.

  • Mengerti akan machine learning sebagai tools untuk membantu pekerjaan.

  • Memiliki kemampuan berpikir yang kritis dan intuisi yang tajam.

  • Dapat melakukan visualisasi data dengan baik.

  • Dapat mempersiapkan presentasi yang mudah, ringan, dan rapi.


3. Tiga Tools Paling Populer di Kalangan Data Analyst

Tidak hanya di kalangan Data Scientist dan Data Engineer saja, tetapi di kalangan Data Analyst juga memiliki tiga tools terpopuler yang sering digunakan dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Tools-tools ini membantu Data Analyst dalam hal-hal, seperti visualisasi data, pengumpulan informasi, dan pengolahan data. 


Tools pertama adalah Microsoft Excel, aplikasi ini berfungsi untuk mengolah data agar dapat diatur dengan lebih baik dan mudah. Tools yang kedua adalah Tableau, tools ini biasa digunakan oleh Data Analyst untuk memvisualisasikan hasil data yang mereka miliki agar lebih mudah dimengerti orang lain. Tools terpopuler yang terakhir adalah Xplenty, pembersihan dan perubahan data merupakan salah satu tugas Data Analyst, oleh karena itu tools ini sangat berguna untuk menjamin data-data tersebut aman ketika dikelola.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Latar Belakang yang Tepat Untuk Data Analyst

Apabila kalian ingin menjadi Data Analyst, sebenarnya tidak ada hal yang terlalu spesifik, namun kalian perlu memiliki skill-skill dasar yang telah disampaikan tadi dan memahami tanggung jawab profesi tersebut. Pemahaman dari segi soft skill dan hard skill sangat diperlukan dalam profesi ini.


Selain itu juga, tempat belajar seperti kursus atau latar belakang pendidikan formal akan sangat membantu perjalanan karir kalian di industri data. Jika tidak memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan, kalian bisa memiliki latar belakang pendidikan non formal seperti kursus yang tersertifikasi. Banyak sekali tempat kursus saat ini yang bisa menyesuaikan dengan keseharian kalian, contohnya seperti DQLab.


5. Ayo, Asah Kemampuan Kalian Bersama DQLab!

DQLab yang dinaungi oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic hadir untuk membantu kalian, calon Data Analyst dalam hal pengembangan soft skill dan hard skill. Banyak keuntungan yang bisa kalian dapat dengan menjadi bagian dari DQLab. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan diri kalian atau sign up di DQLab.id, kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’. Keuntungan lainnya adalah kalian akan mendapatkan sertifikat ketika menyelesaikan kursus di DQLab.id. Yuk, jangan sampai ketinggalan!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!