PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 37 Menit 4 Detik 

Calon Data Scientist, Ini 4 Kiat yang Bisa Kalian Pelajari di DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e1f3006dacdc031bebb0c8ce4ddc6da2_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seseorang yang bekerja di industri data, seperti Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst merupakan suatu profesi yang menjanjikan. Tidak salah apabila saat ini banyak sekali individu yang ingin mempelajari data, baik untuk bisnis maupun diri sendiri. Namun banyak yang belum tahu bahwa menjadi seorang dari profesi-profesi tersebut memerlukan persiapan yang cukup matang, baik dari kemampuan hingga pengalaman.


Paham akan data merupakan suatu kemampuan yang diinginkan oleh banyak orang saat ini karena hampir semua informasi yang diperlukan berbentuk dalam data. Oleh karena itu, DQLab.id akan membeberkan kepada kalian kiat-kiat untuk menjadi seseorang yang berkarir di industri data. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!


1. Meningkatkan Potensi Diri

Pertama-tama adalah meningkatkan potensi diri, menjadi seorang ahli data tidak bisa hanya mengandalkan keinginan saja melainkan perlu memiliki kemampuan terlebih dahulu. Hal tersebut bisa membantu kalian apabila sudah bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan efisien.


Banyak tersedia program belajar Data Science saat ini, seperti contohnya DQLab yang menyediakan program untuk kalian mengasah soft skill dan hard skill kalian. Sebelum memulai, perlu diketahuinya apa saja yang perlu kalian tingkatkan. Dikutip dari Towards Data Science, kemampuan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • Pemahaman akan statistika dan peluang.

  • Mengerti bahasa pemrograman Phyton, R, SQL, dan lainnya.

  • Memahami visualisasi data, manajemen database, dan pembelajaran mesin.



Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Ciptakan Portofolio Data yang Menarik

Bagi kalian yang mungkin masih bingung untuk membedakan apa itu curriculum vitae dan portofolio, secara singkat portofolio merupakan alat visualisasi untuk membuktikan hal yang telah kamu lampirkan di CV. Portofolio juga memiliki fungsi yang sama dengan CV, yaitu unutk melengkapi dan menarik minat rekruter.


Apabila kalian sebelumnya belum pernah bekerja di industri data, kalian bisa melampirkan skill atau kemampuan kalian seperti pemahaman akan R, dan sebagainya. Hal lainnya juga kalian bisa melampirkan proyek yang pernah kalian lakukan, tidak perlu besar, bisa dalam skala mikro seperti tugas kuliah.


Saat kalian menciptakan portofolio juga yang perlu diingat adalah jangan menaruh secara acak dan berantakan. Hal ini bisa membuat kalian tidak terlalu diminati, oleh karena itu akan lebih baik apabila kalian merapikan data dan analisis kalian sebaik mungkin.


3. Perluas Networking Dengan Praktisi Data Industri

Salah satu dari empat kiat adalah perluas networking kalian. Networking disini didefinisikan sebagai lingkungan kalian berinteraksi, seperti lingkungan kantor, sekolah, kuliah, keluarga, atau bahkan masyarakat. Menjadi seorang Data Scientist tidak melulu hanya berkutat dengan data, namun kalian juga memerlukan kemampuan berkomunikasi.


Mengapa perlu kemampuan berkomunikasi? Ketika kalian mulai bekerja sebagai seorang Data Scientist, Data Engineer, atau Data Analyst, kalian tidak akan bekerja sendirian. Kalian akan berinteraksi dengan divisi lain yang berkaitan dengan profesi kalian. Dalam memperluas networking juga terdapat beberapa manfaat yang bisa kalian ambil, antara lain bertukar pikiran dan membuat kalian dikenal oleh banyak orang.



Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Modifikasi CV Agar Terlihat Menarik

Sebelumnya sudah dibahas mengenai portofolio, namun tidak akan lengkap apabila belum membahas mengenai CV. Bagi setiap profesi dalam bidang pekerjaan apa pun, dokumen ini merupakan salah satu faktor penting dalam melamar pekerjaan. Dokumen ini akan menjadi surat perkenalan antara kalian dengan tim rekruter perusahaan.


Dalam memodifikasi CV untuk melamar menjadi seorang Data Scientist namun belum memiliki pengalaman, kalian bisa memasukkan proyek-proyek yang pernah kalian lakukan semasa kuliah ataupun magang kerja. Apabila tidak memiliki proyek sama sekali, kalian bisa mengikuti kompetisi atau merancang proyek sendiri. Setelah itu kalian tinggal menuliskan karya tersebut di CV kalian. Satu hal terakhir yang bisa semakin membuat CV kalian dipercaya, kalian perlu mencantumkan sertifikat yang menunjukkan bahwa kalian pernah mengikuti kelas Data Science, ya!



5. Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Bagi kalian yang ingin menjadi seseorang yang berkarir di bidang data, namun bingung harus belajar dimana. Tenang saja, disini DQLab siap untuk membantu kalian memiliki skill baru mengenai Data Science. Selain mendapatkan pengalaman dan sertifikat, kalian juga bisa sekaligus memperluas jaringan disini, lho! Kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa mulai mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’. Yuk, upgrade diri kalian bersama DQLab!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!