PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 37 Menit 59 Detik 

Calon Data Scientist Wajib Tahu 4 Tugas Utamanya Di Industri

Belajar Data Science di Rumah 18-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/131c0d3e0c144c6f05d75a8b8f2ddd32_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist sehari-harinya menggunakan data sebagai makanan sehari-hari. Salah ambil data sedikit saja, Data Scientist bisa salah kaprah dalam mengambil keputusan. Jadi, sebisa mungkin bagi seorang Data Scientist untuk meminimalisir ruang kesalahan (room for error) apabila ada kesalahan dalam pengambilan data.


Dengan data yang dimiliki oleh perusahaan ataupun organisasi maka Data Scientist dapat menghasilkan rekomendasi yang tepat dan akurat. Bentuk datanya juga bermacam-macam. Bisa dari tim terkait ataupun sistem informasi yang telah disediakan oleh perusahaan.


Peluang kerja Data Scientist yang semakin meningkat menyebabkan persaingan pada profesi satu ini juga semakin ketat. Sahabat Data yang tertarik untuk berkarir menjadi Data Scientist perlu untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab dari profesi tersebut. 


Lantas, apa saja sih tugas dan tanggung jawab seorang Data Scientist khususnya di era digital seperti sekarang? Pada artikel kali ini, DQLab telah merangkum tugas dan tanggung jawab umum Data Scientist! Yuk, simak penjelasan berikut!


1. Melakukan Riset dan Mengumpulkan Data 

Data adalah senjata utama para praktisi data. Ibaratkan chef yang ingin memasak makanan lezat, data ini seperti bahan mentah yang harus dipastikan apakah masih segar atau tidak karena akan berdampak pada kelezatannya.


data scientist


Memastikan bahwa data yang digunakan merupakan data yang benar-benar valid memang menjadi tugas seorang Data Scientist. Karena jika asal menggunakan data, bisa jadi hasilnya tidak bisa menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan, sehingga bisa berdampak pada kesalahan dalam pengambilan keputusan.


Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh Data Scientist untuk memastikan apakah data yang ada valid atau tidak adalah dengan melakukan riset. Riset dilakukan oleh Data Scientist untuk mengetahui peluang besar bagi perusahaan seperti membuat rangkaian data mengenai permasalahan yang dialami oleh perusahaan agar pengambilan keputusan lebih kredibel.


Selain itu, dengan melakukan riset, seorang Data Scientist dapat mengetahui apakah data yang akan digunakan berasal dari sumber yang bersifat valid dan reliabel.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Membersihkan dan Mengatur Data

Tidak jarang, Data Scientist akan bertemu dengan raw data atau data mentah yang masih kotor, sehingga disinilah peran Data Scientist untuk melakukan pemisahan dan seleksi manakah yang masuk ke dalam data terstruktur dan manakah data yang masuk ke dalam data yang tidak terstruktur.



Tugas-tugas lain yang dilakukan Data Scientist yaitu menghilangkan data yang tidak dibutuhkan, membuat data baru berdasarkan data yang sudah ada sebelumnya, hingga menyamakan format data. Selain itu, Data Scientist juga akan bertugas untuk menyiapkan data agar siap untuk dianalisis dengan menggunakan metode yang diinginkan.


3. Pemodelan Machine Learning

Seorang Data Scientist juga bertanggung jawab untuk membuat dan membangun algoritma Machine Learning. Jika sebelumnya seorang Data Scientist melakukan pembersihan data dan ekstraksi data, maka Data Scientist juga melakukan pembuatan model Machine Learning.


data scientist


Pastinya membuat model Machine Learning ini membutuhkan kedisiplinan, experience yang tinggi, jiwa eksperimental, kesabaran hingga kreativitas.


Hal ini dikarenakan mereka harus bisa memilih manakah algoritma yang tepat sesuai dengan data yang diperoleh dan tujuan pengambilan datanya. Jangan sampai data yang diperoleh itu tidak sesuai dengan algoritma yang dipilih tentunya keputusan yang diambil juga akan kurang tepat.


4. Training dan Testing Algoritma Machine Learning

Tugas terakhir yang tidak kalah penting adalah Data Scientist harus terus bereksperimen untuk model atau metode dalam menangani data. Agar dapat mengolah data dengan cepat dan tepat, Data Scientist harus memahami data tersebut kemudian menetapkan model atau metode mana yang tepat untuk kumpulan data yang dimiliki.

data scientist


Eksperimen ini bertujuan untuk membuktikan bahwa model atau metode yang digunakan oleh Data Scientist sudah sesuai. Jika penerapan model tidak sesuai dengan data, maka bisa saja hasil yang diinginkan tidak akan tercapai atau hasil analisis yang tidak maksimal.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Sudah paham kan, apa saja tugas Data Scientist? Bener banget, Data Scientist memiliki peran yang sangat penting sehingga banyak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang mencari talent-talent data handal dengan kompetensi Data Scientist.


Profesi ini menarik banyak orang baik yang punya background IT maupun non IT, apalagi dengan tawaran gaji dan karir yang menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan.


Kamu salah satu yang berasal dari non IT? Tenang, kamu bisa mulai belajar Data Science sebagai ilmu yang akan membawa dirimu menjadi seorang Data Scientist. Caranya gampang, tinggal Sign Up di DQLab.id dan kamu bisa langsung belajar secara gratis!


Tunggu apa lagi? Siapkan diri kamu menjadi Data Scientist dengan belajar Data Science secara gratis, praktis dan aplikatif bersama DQLab!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :