GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 7 Menit 26 Detik 

Calon Data Scientist, Yuk Simak Roadmap Kompetensinya!

Belajar Data Science di Rumah 18-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/feb41f10dd9db4c50ff599c851055162_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist menjadi profesi yang memiliki prospek yang sangat cerah hingga beberapa tahun ke depan. Data yang tersedia saat ini berjumlah sangat banyak dan beragam jenisnya. Hal ini merupakan dampak dari adanya perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Banyak perusahaan yang mulai menyadari betapa pentingnya data dalam proses pengambilan keputusan. Sehingga mereka mulai mencari orang yang ahli untuk mengolah data yang berukuran besar ini. Salah satunya adalah Data Scientist.


Umumnya, orang yang menjadi Data Scientist akan berasal dari background pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Math), namun ini bukanlah hal yang mutlak untuk dipenuhi. Tidak menutup kemungkinan, profesi ini dapat ditempati oleh mereka yang tidak berasal dari background pendidikan STEM. Nah, apa saja sih yang harus dikuasai untuk bisa menjadi seorang Data Scientist? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai roadmap belajar versi DQLab yang bisa Sahabat DQ lakukan.


Yuk, simak pembahasannya!


1. Programming

data scientist

Programming merupakan hal yang harus dikuasai jika tertarik menjadi Data Scientist. Meskipun dalam beberapa bahasa pemrograman sudah disediakan library yang dapat mempermudah pekerjaan kita, namun kita tetap harus memahami tentang dasar dari coding itu sendiri.


Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang tersedia, namun Sahabat DQ hanya perlu menguasai yang umum digunakan oleh Data Scientist saja, seperti R, Python, dan SQL. Nah, sahabat DQ bisa mempelajari hal tersebut di Academy DQLab, loh.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Data Wrangling

data scientist

Dalam proses pengolahan data, seorang Data Scientist tetap harus memastikan bahwa data yang akan diolah sudah benar-benar bersih. Sehingga Data Scientist tetap harus mempelajari tentang data wrangling. Terlebih jika di perusahaan tersebut tidak ada orang yang menempati posisi Data Engineer. Sahabat DQ bisa mulai mempelajari hal ini di modul Python DQLab yang berjudul œData Wrangling Python. Modul ini terdiri dari 2 bab dan 15 sub-bab.


3. Exploratory Data Analysis (EDA) dan Data Visualization

data scientist

Hal selanjutnya yang harus sahabat DQ kuasai adalah EDA dan data visualization. Seorang Data Scientist perlu melihat karakteristik dari datanya terlebih dahulu, barulah kemudian bisa memutuskan akan mengolah data dengan metode yang seperti apa.


Untuk melakukan EDA, Data Scientist bisa mencoba beberapa cara, yaitu analisis deskriptif serta visualisasi data. Sahabat DQ bisa mempelajari kedua hal ini di modul yang disediakan oleh DQLab.


4. Statistika dan Machine Learning

data scientistdata scientist

Pada dasarnya seorang Data Scientist memang harus menguasai ilmu statistika, meskipun hanya basic nya saja. Algoritma-algoritma Machine Learning pun dibangun dengan menggunakan ilmu statistika. Penggunaan algoritma Machine Learning dalam pekerjaan seorang Data Scientist bukanlah hal yang asing lagi, karena hal ini dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan mereka. Di Academy DQLab, juga sudah disediakan modul yang membahas tentang Machine Learning dan Statistika.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Sekarang, Sahabat DQ tidak perlu pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab bisa kamu jadikan tempat belajar ternyaman mu. Ada 3 bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di DQLab saat ini, yaitu bahasa R, Python, dan juga SQL.


Selain modul yang berbayar, kamu juga bisa menikmati free modul dari DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup sign up menjadi member dan akan bisa menikmati modul-modul yang ada. Yuk, tunggu apa lagi?


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :