Buat Akun DQLab & Akses kelas Data Science R, Python, SQL, Excel GRATIS
 SIGNUP GRATIS

Cara Buat Tabel Di Excel, Cukup 4 Langkah Saja!

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/668dffc0eb53f7d444af4fed7f6631e1_x_Thumbnail800.png

Belajar microsoft excel adalah langkah utama yang tepat bagi kamu pemula yang ingin berkarir sebagai data analyst dan data scientist namun tidak memiliki background STEM tanpa perlu memulai dari materi koding terlebih dahulu. Antarmuka microsoft excel yang user friendly dan juga file .xls kompatibel di berbagai program lain membuat excel masih menjadi andalan untuk semua berbagai profesi ataupun kegiatan akademisi. Selain itu juga, microsoft excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. Rasanya tak heran jika, microsoft excel bisa kamu masukan ke daftar urutan pertama untuk belajar menguasai skill data scientist dan kamu bisa memulainya dari cara buat tabel di excel.


Fitur-fitur dan berbagai rumus serta formula yang sangat bermanfaat untuk melakukan analisis data agar dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan yang lebih baik. Sebelum kamu terjun ke dalam materi-materi yang lebih advanced, tentunya akan lebih baik jika kamu memulai dari materi mendasar terlebih dahulu. Yuk, simak artikel kali ini tentang 4 langkah sederhana membuat tabel di excel.


1. Langkah Pertama: Buka Dokumen Excel

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah membuat software microsoft excel, ada 2 kemungkinan antara kamu ingin membuat dokumen baru atau ingin membuka dokumen excel yang sudah kamu buat sebelumnya. Jika, kamu ingin membuat dokumen excel baru caranya cukup klik blank workbook maka secara otomatis dokumen kamu akan terbentuk dan pastikan kamu menginputkan data terlebih dahulu. Namun, jika kamu ingin membuka dokumen yang sudah kamu buat sebelumnya cukup klik menu open dan kamu tinggal pilih dokumen mana yang ingin kamu buat tabelnya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Langkah Kedua: Pilih Data

Sebelum membuat tabel kamu harus memilih data terlebih dahulu dengan cara klik sel pojok kiri atas yang terisi data yang ingin kamu buatkan tabelnya. Setelah sel tersebut telah kamu klik, tahan tombol Shift pada keyboard sembari  mengklik sel kanan bawah akhir dari data tersebut. Agar lebih jelas mari perhatikan gambar dibawah ini:


Misalnya, pada contoh seperti diatas data kamu berada di sel A1 sampai A9 lalu turun sampai C9, klik A1 lalu klik C9 sambil menekan tombol shift, hingga terblok seperti pada gambar diatas.


3. Langkah Ketiga: Pilih Insert

Setelah itu pada menu toolbar Insert lalu pilih Table, atau kamu bisa gunakan shortcut Ctrl+L secara bersamaan. Selanjutnya akan muncul  jendela “Create Table”, dan pastikan rentang data yang akan kamu buat sudah sesuai. Jika, data kamu sudah benar selanjutnya kamu centang pada bagian My Table Has Header. Jika, tidak dicentang, maka di bagian atas tabel yang kamu buat akan muncul header baru. Setelah itu klik OK dan kamu telah berhasil membuat table.


4. Langkah Keempat: Ubah Desain Tabel 

Langkah keempat ini optional, bisa kamu lakukan bisa tidak. tergantung dengan kebutuhan kamu saja. Jika kamu menginginkan desain tabel yang lebih cantik tapi tetap sesuai kebutuhan, maka kamu bisa menggantinya dengan klik “Design” yang ada di atas menu excel lalu pilih design table sesuai dengan keinginan kamu.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Panduan Belajar Excel Lengkap dari Nol Hingga Advanced di DQLab

Untuk berkarir sebagai data scientist salah satu teknikal skill yang perlu dikuasai adalah excel. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar data analyst dan data scientist dengan memulainya dari materi excel. Tetapi, tidak punya waktu untuk pergi ke lembaga kursus dan memilih untuk belajar otodidak, dan malah overdosis informasi? Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!