BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 32 Menit 45 Detik 

Cara Cepat Rumus Lengkap Excel dengan Fungsi Trigonometri

Belajar Data Science di Rumah 01-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3da94c82706282bdc945d19836061574_x_Thumbnail800.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan fungsi trigonometri? Fungsi matematika yang satu ini sudah kita kenal sebelumnya di pelajaran matematika. Fungsi trigonometri merupakan salah satu fungsi dalam matematika yang terdiri dari fungsi sinus, cosinus dan tangen. Nah, ternyata persoalan mengenai fungsi trigonometri ini bisa kalian selesaikan hanya dengan menggunakan Microsoft Excel. Betapa kerennya Microsoft Excel ternyata fungsi matematika yang kita dapatkan di sekolah juga bisa diaplikasikan dalam Microsoft Excel. Kita tahu sendiri bahwa fungsi dari Microsoft Excel sendiri adalah sebagai aplikasi pengolah angka dan secara detailnya Microsoft Excel berguna untuk membuat, mengedit, mengurutkan serta menganalisis data, Microsoft Excel juga dapat memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan logika atau matematika. 


Bagi kalian fresh graduate alias lulusan baru nih, pastinya Excel harus kalian kuasai. Kenapa? Karena sekarang excel sudah familiar di perusahaan bidang manapun tanpa terkecuali. Mau kalian bekerja di ranah sales, atau ranah marketing pun Excel tetap dibutuhkan sebagai software pokok dalam menunjang proses pengolahan data perusahaan. Dengan banyaknya ragam rumus serta formula yang disediakan, tentunya Excel sangatlah bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari. Mengingat banyaknya data dan berbagai sheet yang tersedia maka rumus Excel setidaknya dapat membantu produktivitas kerja kita agar lebih rapi dan terstruktur. Meskipun demikian, walaupun banyak aplikasi spreadsheet yang tersedia ternyata Microsoft Excel selalu menjadi parameter yang digunakan dalam dunia kerja. 


Beberapa posisi yang dipersyaratkan oleh perusahaan pastinya menggunakan excel sebagai aplikasi pengolah data. Berikut ini DQLab akan berikan kamu referensi cara cepat untuk mencari nilai dari fungsi trigonometri yaitu sinus, cosinus dan tangen.  Bagi kalian para pemula data tentunya artikel ini wajib untuk disimak dan diketahui sama-sama. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. Mengenal Fungsi Trigonometri 

Fungsi trigonometri merupakan salah satu fungsi dalam matematika yang terdiri dari fungsi sinus, cosinus dan tangen. Adapun masing-masing fungsi trigonometri ini dapat dijelaskan lebih lanjut menggunakan grafik fungsi trigonometri. Fungsi dari periode itu sendiri merupakan suatu jarak antara dua puncak/lembah atau jarak antara awal puncak dan akhir lembah. Selain itu, terdapat amplitudo yang merupakan setengah dari selisih nilai maksimum dan minimum dari suatu fungsi. Fungsi trigonometri memiliki nilai minimum dan maksimum, cara menentukannya dapat menggunakan metode grafik dan melalui rumus. Metode grafik dengan cara menggambarkan grafiknya, titik puncak pada bukit adalah nilai maksimum sedangkan titik terendah pada lembah adalah nilai minimum


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

 

2. SIN

Sekarang kita akan bahas masing-masing fungsi trigonometri dimulai dari fungsi trigonometri sinus. Sinus (lambang: sin; bahasa Inggris: sine) dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi miring (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90 derajat). Nilai sinus positif di kuadran I dan II dan negatif di kuadran III dan IV. Pastinya ketika kalian saat SMA hafal-hafalannya kalau ketemu dengan fungsi sinus, diingat aja sidemi alias sinus perbandingannya depan dengan miring. Ternyata kita bisa mencari nilai sinus hanya dengan bantuan Microsoft Excel saja sahabat DQ. Caranya sangat mudah. Disini kita sudah sediakan angka mana saja yang ingin kita isi dan cari nilai sinusnya. Berikut kita simak tutorialnya dibawah ini ya!

excel

excel


3. COS

Kosinus atau cosinus (simbol: cos; bahasa Inggris: cosine) dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang terletak di sudut dengan sisi miring (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90 derajat). Nilai kosinus positif di kuadran I dan IV dan negatif di kuadran II dan III. Pastinya ketika kalian saat SMA hafal-hafalannya kalau ketemu dengan fungsi cosinus, diingat aja cosami alias fungsi cosinus perbandingannya antara sisi samping dengan miring.


Ternyata kita bisa mencari nilai cosinus hanya dengan bantuan Microsoft Excel saja sahabat DQ. Caranya sangat mudah. Disini kita sudah sediakan angka mana saja yang ingin kita isi dan cari nilai cosinusnya. Berikut kita simak tutorialnya dibawah ini ya!

excel

excel


4. TAN

Tangen (lambang tg, tan; bahasa Belanda: tangens; bahasa Inggris: tangent) dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang ada di depan sudut dengan sisi segitiga yang terletak di sudut (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90 derajat). Nilai tangen positif di kuadran I dan III dan negatif di kuadran II dan IV. Pastinya ketika kalian saat SMA hafal-hafalannya kalau ketemu dengan fungsi tangen, diingat aja tandesa alias fungsi tangen perbandingannya antara sisi depan dengan samping. Ternyata kita bisa mencari nilai tangen hanya dengan bantuan Microsoft Excel saja sahabat DQ. Caranya sangat mudah. Disini kita sudah sediakan angka mana saja yang ingin kita isi dan cari nilai tangennya. Berikut kita simak tutorialnya dibawah ini ya!

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel Dari Beginner Sampai Profesional Yuk Bersama DQLab!

Bingung mau kuasai skill excel untuk persyaratan kerja dan skill wajib untuk pelamar kerja? Gausah ragu dan takut. DQLab jawabannya! Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science dan excel secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, free guysss! Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. 


excel


Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :