PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 12 Menit 54 Detik 

Cara Download Python Tanpa Ribet Versi Macbook

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a928af9548dcdf4258e67c43837e3edf_x_Thumbnail800.png

Python sendiri merupakan bahasa Pemrograman yang sangat populer. Bahasa pemrograman lain dikenal sulit dan juga susah untuk dipahami, namun beda dengan Python. Python dikenal sebagai bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk dipahami, sehingga Python sangat populer dan dapat dipelajari oleh banyak orang, mulai dari kaum awam ataupun yang sudah expert dan menguasai bahasa pemrograman. Python ini juga salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai oleh developer, ilmuwan data, dan bahkan hacker karena fleksibilitas yang Python tawarkan. Google, YouTube, Dropbox adalah contohnya. Hal ini menjadikan Python relatif lebih mudah untuk dipelajari, maka ia banyak sekali digunakan dan jauh populer bila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Sintaksnya sangat sederhana, readable juga karena Python fokus pada aspek readability (mudah dibaca). Kode Python selain mudah dibaca, ia juga mudah ditulis. Sampai saat ini bahasa pemrograman Python hampir dipakai di segala bidang seperti game dan sistem berbasis web. Python banyak digunakan oleh organisasi besar karena paradigma pemrograman yang banyak. Perusahaan pengembang perangkat lunak juga lebih memilih untuk menggunakan Python karena adanya fitur-fitur serbaguna serta penggunaan kode pemrograman yang lebih sedikit. Python mendukung Internet of Things (IoT) dengan sangat baik. IoT merupakan teknologi yang dapat menghubungkan benda-benda di sekitar Anda ke dalam sebuah jaringan yang menghubungkan satu dengan yang lain.


Bagi sahabat data yang sudah terbiasa dengan algoritma maupun pemrograman pastinya sudah familiar dengan software Python. Python membaca baris demi baris dan jika ada kesalahan, ia berhenti mendahului lebih lanjut dan memberikan pesan kesalahan kepada pengguna sehingga akan memudahkan kita semua untuk melihat adanya kesalahan dan memperbaikinya dengan segera. Python ini adalah bahasa yang multifungsi banget dan dengan Python kita bisa melakukan banyak hal dan banyak juga fungsinya, seperti contohnya kita bisa membuat website, membuat robotika, dan juga data mining. Nah, sebelum kalian ingin belajar Python lebih jauh maka kalian bisa mendownload dan menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Kalian bisa mengunduhnya melalui website resmi Python sesuai dengan spesifikasi windows pada laptop kalian. Sangat beruntung apabila aplikasi Python ini kompatibel di setiap ukuran baik 32-bit maupun 64-bit. Keluaran Python juga memiliki berbagai macam versi yang bisa kalian diakses. Buat sahabat data yang ingin banyak mempelajari tentang Python maka perlu diketahui bagaimana cara mengunduh aplikasi Python ini khususnya bagi kalian yang memiliki spek laptop versi Macbook. Mari kita cari tahu lebih dalam. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai bongkar cara praktis download aplikasi Python dari Macbook. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, pemula data maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. Perbedaan Python 2 dan 3

Python yang beredar saat ini ada dua versi, yaitu Python 2 dan juga Python versi 3. Python versi 2 merupakan salah satu versi yang paling banyak digunakan dan juga terkenal saat ini, sementara itu Python versi 3 adalah versi pengembangan lanjutan dan terbaru dari Python versi 2. Untuk pemula, lebih disarankan untuk menguasai Python versi 2 terlebih dahulu, namun jika sudah menguasai Python 2 dan cukup mahir dalam menggunakan Python 2, bisa menggunakan Python versi 3 ini. Beberapa sumber mengatakan, sebenarnya tidak ada lagi alasan untuk tidak mengupdate dari Python versi 2 ke versi 3 karena keamanan (security) dari Python kedua dalam waktu dekat akan dihentikan, namun jika kita sudah memiliki project yang telah menggunakan Python 2 dan project sudah di tengah jalan atau bahkan final, maka alasan tersebut sebenarnya sah sah saja, tapi jika bukan itu alasannya, maka sebaiknya untuk segera menggantinya dengan versi yang lebih baru (versi 3)


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL 


2. Persamaan Python 2 dan 3

Adapun keduanya baik Python versi 2 maupun versi 3, Keduanya sama sama merupakan versi bahasa Python dan keduanya juga memiliki sintaks yang cukup mudah untuk menulis dan juga membaca. Keduanya tetap sama sama mudah untuk debug program bahasa lain, tak lupa Python versi dua dan tiga tersedia di berbagai platform seperti Mac, Linux dan juga Windows. Mereka sama-sama mampu berinteraksi dengan berbagai database seperti Oracle, SQLite, dan lainnya.


3. Kompleksitas dan Variasi Library

Keuntungan menggunakan Python 2 adalah memiliki banyak libraries. Python 2 masih merupakan default di banyak sistem operasi seperti ubuntu 14.04 dan 16.04 LTS. Namun, Python 3 juga berkembang dari hari ke hari, semua perkembangan di masa depan akan diimplementasikan dalam Python 3 daripada Python 2. Melihat berbagai perbedaan dan persamaan diatas, sangat disarankan untuk menggunakan Python 3 karena komunitas saat ini juga mulai dan sangat fokus di Python 3 sehingga banyak sekali cara dan solusi yang tersedia di internet memudahkan kita saat menemukan kesulitan di Python 3 ini. Selain itu, balik lagi, beberapa sumber mengatakan Python 2 akan segera dimatikan sistem securitynya yang membuat para pengguna sangat disarankan untuk switch ke Python versi 3


4. Cara Praktis Download Python Versi Macbook

Berikut ini adalah cara praktis download Python dari versi Macbook yang bisa kalian gunakan:

  • Download file installer Python dari website resmi Python‚dan download versi yang paling baru di Mac kamu.

  • Klik kanan file installer Python > Open. 

  • Kemudian, klik continue untuk 5 tahapan selanjutnya (mulai dari Introduction sampai Installation Type) 

  • Kemudian untuk tahap Installation, biasanya akan dimintai untuk memasukkan password user komputer dan setelah diminta, langsung masukan password user komputer kamu.

  • Tunggu sampai proses instalasi berhasil dan akan muncul tampilan dengan tulisan berisikan œInstalasi telah berhasil.

  • Sama seperti Windows, cara untuk mengecek apakah Python sudah bisa digunakan atau belum, maka kita bisa cek lewat CMD (Command Prompts)


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Belajar Python Tanpa Install Softwarenya? Tentu Bisa Dong!

Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software Python loh. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu gratis!


Dapatkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan salah satunya tidak perlu install software tambahan. Karena kalian belajar secara langsung terhubung dengan live code editor dari device yang kalian gunakan. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :