FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 22 Menit 9 Detik 

Cara Kerja & Contoh Penerapan Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 02-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c2207d0f91a9909acf97b41011fcdd31_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, seperti yang telah kita semua ketahui bahwa saat ini kita sudah hidup berdampingan dengan perkembangan teknologi. Salah satu hal yang mengimbanginya adalah adanya machine learning. Machine learning & contoh penerapannya sudah sering kita jumpai bahkan kita gunakan dalam keseharian.


Hanya saja, sebagian besar orang masih belum menyadarinya atau kemungkinan memang belum mengetahui apa itu machine learning dan apa manfaatnya.


Perkembangan teknologi yang semakin pesat perlu diimbangi dengan adanya kecanggihan teknologi yang mendukung. Banyaknya informasi yang bisa diperoleh sepatutnya seimbang dengan media atau perantara yang mampu mengolah data tersebut menjadi informasi yang berguna bagi pihak-pihak yang memerlukan.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali definisi machine learning, cara kerja, jenis, serta contoh penerapannya dalam keseharian. yuk, simak bersama-sama!


1. Definisi Machine Learning

Istilah machine learning pada awalnya dikemukakan oleh ilmuwan matematika seperti Adrien Marie Legendre, thomas Bayes dan Andrey Markov pada tahun 1920. Machine learning (ML) adalah suatu mesin pembelajar yang dirancang agar dapat belajar tanpa arahan dari manusia. Machine learning ini merupakan salah satu cabang dari artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.


Machine learning sudah sering digunakan di berbagai keperluan. Machine learning pun memiliki kemampuan untuk dapat memperoleh data sendiri lalu kemudian mempelajarinya sehingga bisa melakukan tugas tertentu. 

machine learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Cara Kerja Machine Learning

Setiap kecanggihan teknologi dirancang untuk dapat mempermudah pekerjaan manusia. Begitu pula dengan machine learning, machine learning memiliki cara kerja tersendiri yang berbeda-beda sesuai dengan teknik yang akan digunakan.


Konsep utama dari machine learning tetaplah sama, yaitu meliputi pengumpulan data, pembersihan data, eksplorasi data, pemilihan data, pemilihan teknik. memberikan pelatihan terhadap model, dan evaluasi hasil ML.

machine learning


3. Jenis Machine Learning

Secara umum machine learning terbagi menjadi tiga jenis, yaitu supervised learning, unsupervised learning dan reinforcement learning. Supervised learning merupakan suatu algoritma yang dilatih untuk mengenali pola antara input data dan label output. Supervised learning ini memerlukan data yang memiliki label. 


Unsupervised learning merupakan algoritma yang mencari pola yang sebelumnya kemungkinan belum diketahui. Pada algoritma ini tidak memerlukan data yang memiliki label. Jenis selanjutnya adalah reinforcement learning, yaitu algoritma yang digunakan untuk menggunakan observasi yang dikumpulkan dari interaksi bersama lingkungan guna mengambil tindakan yang akan memaksimumkan output untuk meminimalkan resiko. Algoritma ini pun akan terus belajar berulang-ulang.

machine learning


4. Penerapan Machine Learning

Penerapan dari machine learning sudah sering kita jumpai dalam keseharian untuk berbagai keperluan. Beberapa contoh penerapan machine learning antara lain:

  • rekomendasi marketplace dalam sistem belanja online, dimana salah satu datanya diperoleh dari history pencarian

  • pengkategorian terhadap email, apakah termasuk ke dalam kategori updates, social, promotions, spam, dan lainnya.

  • pengenalan wajah, sering digunakan dalam sistem keamanan

  • search engine, memberikan saran pencarian dalam mesin pencarian google


machine learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Penguasaan machine learning merupakan salah satu hal yang wajib dikuasai oleh praktisi data. Machine learning ini memiliki berbagai manfaat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis machine learning yang dapat digunakan pun terdiri dari berbagai jenis. Kalian bisa mempelajarinya di  DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :