DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 40 Menit 40 Detik 

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah untuk Pemula!

Belajar Data Science di Rumah 16-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2cbb988c94d66921d25d865660901f6f_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data dari Microsoft yang bisa membantu kamu untuk dari mulai mengolah data yang menggunakan perhitungan dasar hingga penggunaan fungsi yang lebih kompleks. Selain itu, Software ini sangat membantu kamu untuk menganalisis, meringkas data dan melakukan perhitungan seperti aritmatika ataupun matematika.


Ada banyak fungsi yang disediakan di Excel, salah satunya adalah membuat grafik dengan cepat. Dengan mengetahui cara membuat grafik tersebut, kamu bisa melakukan pekerjaan secara lebih ringkas dan efisien. 


Bagi kamu yang belum memahami cara membuat grafik di Excel, DQLab akan menjelaskan secara rinci dari mulai gambaran umum, tipe grafik, cara membuatnya hingga fungsi grafik di Excel. Yuk, belajar buat grafik bareng DQLab!


1. Gambaran Umum Grafik 

Grafik adalah salah satu bentuk penyajian data yang menggabungkan angka, huruf, simbol, gambar, lambang dan lukisan. Grafik disajikan dalam media yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai suatu data dari penyaji materi kepada penerima materi. Definisi lain dari grafik adalah sekumpulan data berupa angka-angka yang diubah dan dibentuk menjadi lebih sederhana serta singkat menggunakan gambar atau pola. Pada umumnya, tujuan pembentukan grafik yaitu mempermudah pembaca untuk memahami data yang disajikan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Tipe Grafik yang Terdapat pada Excel

Grafik sebagai salah satu bentuk representasi data melalui visual ternyata tidak dapat digunakan untuk semua jenis data. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan data yang diperlukan serta variabel yang sesuai. Berikut adalah tipe-tipe atau model grafik yang sering digunakan di Microsoft Excel beserta penjelasan singkatnya  :

  • Pie Chart

    Jenis grafik pie chart atau diagram lingkaran ini biasanya digunakan untuk menampilkan kontribusi setiap nilai yang dimasukkan. Dengan menggunakan pie chart, kamu dapat melihat hasil data dalam bentuk persentase (%)


  • Column Chart

    Column chart atau yang biasa disebut sebagai diagram batang memiliki fungsi untuk membandingkan nilai dalam bentuk berbagai kategori. Diagram batang ini sangat cocok untuk membandingkan data dengan kurun waktu tertentu


  • Bar Chart

    Grafik satu ini biasanya digunakan untuk membandingkan beberapa item. Contohnya, grafis dari pertumbuhan penduduk di suatu tempat dengan kurun waktu tertentu. Bar chart juga digunakan pada data yang memiliki jumlah banyak.


  • Line Chart

    Line chart merupakan grafik yang sangat cocok untuk digunakan pada data yang menunjukkan perbandingan mengenai naik turunnya suatu tren. Grafik ini juga sangat efektif untuk mengidentifikasi pola atau tren dengan data yang berkelanjutan.


Selain jenis-jenis grafik diatas, ada berbagai jenis atau tipe grafik lain di Excel seperti Area Chart, Scatter Chart, Stock Chart, Surface Chart, Doughnut Chart, Bubble Chart dan Radar Chart.


3. Cara Membuat Grafik 

Berikut adalah cara atau langkah membuat grafik dengan mudah untuk pemula :

  • Langkah pertama, bukalah aplikasi Microsoft Excel di PC atau Laptop kamu

  • Silahkan pilih “blank workbook” dan pastikan untuk membuat rangkaian data yang akan kamu jadikan sebagai grafik

  • Selanjutnya, pilih data dengan cara blok termasuk bagian kolom dan baris data

  • Silahkan klik menu toolbar, kemudian pilih “insert”. Setelah itu, kamu bisa pilih bagian charts atau grafik sesuai dengan keinginan, sesuai dengan kebutuhanmu

  • Perlu diingat bahwa setiap jenis grafik memiliki fungsi dan jenis model yang berbeda-beda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu

  • Setelah itu, grafik akan muncul secara otomatis di lembar kerja Excel

  • Silahkan klik menu “design” apabila ingin memberikan perubahan pada warna grafik dan sebagainya


Bagaimana sahabat data? Ternyata membuat grafik di Excel mudah bukan?

Selain memiliki jenis grafik yang beragam, kamu juga bisa memberikan warna ataupun perubahan lainnya pada grafik agar lebih sesuai dengan seleramu. Yuk, langsung coba membuat grafik di Excel!


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Fungsi Grafik di Excel

Grafik memiliki fungsi yang beragam seperti menjabarkan data yang ada pada suatu tabel sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan analisa. Selain itu, grafik juga membuat data-data yang berupa angka menjadi gambaran dengan bentuk yang lebih sederhana, namun tetap detail, singkat dan jelas. Melalui grafik, kamu juga bisa menerangkan atau mengamati perkembangan, perbandingan atau peristiwa sebuah objek yang saling berkaitan.


5. Yuk, Signup dan Akses Mini Quiz DQLab Sekarang!

Dengan mengikuti kursus Data Science Online, kamu bisa memperdalam kompetensi dengan lebih fleksibel loh!

Yuk, sign up sekarang di DQLab.id untuk langsung menikmati Quiz GRATIS secara seru dan menyenangkan! Siapkan diri untuk berkarir di ranah data bersama DQLab.


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!