DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 5 Menit 8 Detik 

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel Dengan Mudah dan Keuntungannya

Belajar Data Science di Rumah 14-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ba3ba45d3eda67170480ddafbccc344a_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan salah satu software yang biasanya digunakan untuk membuat tabel. Excel akan membantu kamu untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan data ataupun berbagai rumus dengan fitur pendukung yang lainnya. Membuat tabel pada Excel tentu akan memudahkan kamu untuk mengolah serta menganalisa data. Data tersebut bisa berupa angka atau teks, kemudian disusun secara sistematis dalam baris serta kolom agar lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.


Meskipun Excel merupakan software yang akrab dengan pembuatan tabel didalamnya, masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami bagaimana cara membuat tabel di software satu ini. Apakah kamu termasuk orang tersebut?


Tenang saja sahabat data! Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan informasi mengenai cara membuat tabel di Microsoft Excel dengan mudah serta keuntungan dari membuat tabel tersebut. Penasaran kan? Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!



1. Gambaran Umum Table Excel

Tabel akan membuat pekerjaan seseorang dalam mengelola serta menganalisis grup data terkait dengan lebih mudah. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengubah rentang sel menjadi tabel Excel. Ada berbagai elemen yang terdapat pada tabel Excel seperti baris header, baris berpita, kolom terhitung, baris total dan gagang pengatur ukuran. Fungsi setiap elemen tersebut tentu berbeda-beda dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dari tabel yang dibuat oleh pengguna.


Sahabat data tenang saja, membuat tabel di Excel tidaklah ribet dan membingungkan kok! Meskipun begitu, penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai gambaran dari tabel Excel agar tidak bingung sendiri. Hal itu juga akan membantu kamu untuk dapat membuat dan menggunakan tabel Excel secara tepat dan maksimal!


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Membuat Tabel Menggunakan Menu Insert Table

Menu insert pada Excel memiliki beragam fungsi seperti menyisipkan tabel, memasukan gambar, menambahkan tools dan sebagainya. Cara untuk membuat tabel dengan menggunakan menu insert table adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel dan pilih rentang data yang akan kamu jadikan sebagai tabel

  2. Pilih tombol table yang terdapat pada tab insert. Kamu juga bisa menggunakan shortcut CTRL + T atau CTRL + L

  3. Setelah itu, akan muncul  option box yaitu “Create Table”. Pada option box atau kotak pilihan tersebut, kamu harus memastikan bahwa rentang sel atau data yang ingin dijadikan tabel sudah benar.

  4. Jika range data yang ingin kamu jadikan tabel memiliki judul kolom, maka centang pilihan my table has headers. Jika kamu tidak melakukan centang pada pilihan tersebut, maka akan muncul header baru dengan nama column 1 dan seterusnya. Nama yang terdapat pada header baru tersebut dapat kamu ubah.

  5. Klik Ok dan selesai


3. Membuat Tabel Menggunakan Menu Format as Table

Cara kedua untuk membuat tabel di Excel adalah menggunakan menu format as table. Menu format as table ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama dengan menu insert table, namun tahapannya saja yang berbeda. Tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel dan pilih rentang data yang akan kamu jadikan sebagai tabel

  2. Pada bagian tab home dan group style, silahkan kamu pilih menu “format as table”. Ada berbagai desain tabel yang bisa kamu pilih. Pilihlah salah satu diantara berbagai desain tabel tersebut.

  3. Selanjutnya, akan muncul sebuah option box yaitu “create as table”. Pada kotak pilihan tersebut, pastikan bahwa rentang sel atau range data yang kamu inginkan untuk dijadikan tabel sudah benar.

  4. Jika range data yang ingin kamu jadikan tabel memiliki judul kolom, maka centang pilihan my table has header. Hal ini sama seperti tahapan pada menu insert table sebelumnya.

  5. Klik Ok dan selesai


Bagaimana sahabat data? Kedua cara membuat tabel Excel, baik menggunakan menu insert table ataupun menu format as table ternyata mudah kan?


Yuk, coba membuat tabel secara langsung di worksheet Excel kamu!


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Keuntungan atau Kelebihan Menggunakan Format Tabel di Excel

Ada berbagai keuntungan atau kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan format tabel di Excel. Beberapa diantaranya adalah, Pertama, kamu akan dengan mudah menerapkan berbagai gaya ataupun desain tabel yang sesuai dengan keinginanmu. Kedua, memberikan nama pada tabel juga akan menjadi lebih mudah. Hal tersebut tentunya juga akan mempermudah penggunaannya sebagai referensi rumus ataupun formula Excel. Ketiga, lebih mudah dalam menambahkan baris-baris data tanpa mengubah referensi tabel. Dengan tabel Excel kamu juga bisa untuk menambahkan tombol subtotal serta filter secara otomatis dengan lebih mudah.


Intinya, membuat tabel di Excel akan mempermudah kamu dalam mengolah dan melakukan analisa data yang kamu miliki.


5. Tertarik Belajar Analisis Data? Yuk, Gabung Bersama DQLab!

Bagi sahabat data DQLab yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) tidak perlu takut untuk belajar Analisis Data. Semua orang bisa belajar Analisis Data kok! Terdapat program-program serta modul menarik DQLab yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa juga untuk sign up di DQLab.id, karena ada modul gratis yang bisa kamu akses loh!


Yuk, belajar Analisis Data bersama DQLab!



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!