MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 12 Menit : 32 Detik

Cara Membuat Visualisasi Data Infografis dengan Excel

Belajar Data Science di Rumah 27-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d552e725455d66f6aa2befdf25bef6b9_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat data pasti sudah tidak asing dengan yang namanya infografis, bukan? Infografis (Infographic) berasal dari kata 'information' dan 'graphic', yaitu metode penjabaran secara visual dari suatu informasi, data atau pengetahuan yang bertujuan untuk menjelaskan informasi yang kompleks secara cepat dan mudah dimengerti. Terkadang ketika kita ingin memberikan informasi kepada masyarakat pastinya sebagai orang yang menyampaikan informasi tentu memiliki kendala. Sebab, ternyata tidak semua pengguna bisa memahami setiap informasi yang disajikan dengan cepat dan akurat. Misalkan game online, ilustrasi gambar, portal berita, dan lain sebagainya yang ada di media sosial bisa sangat menarik.

Jadi dalam infografis sendiri yang perlu dilakukan dan diperhatikan adalah bagaimana penggunaan konsep visual dipadu-padankan dengan ilustrasi menarik namun tetap memperhatikan validitasnya data yang disajikan. Dalam surat kabar, infografis biasanya digunakan untuk menunjukkan perkiraan cuaca, peta dengan informasi data wilayah, grafik untuk data statistik, dan lain-lain.


Variasi tools disediakan untuk membuat visualisasi data berupa infografis seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan berbagai tools lainnya. Tapi, siapa sangka kalau ternyata Microsoft Excel juga bisa menghasilkan infografis yang menarik dan eye-catching loh, sahabat data. Jadi, bukan hanya sekedar sebagai aplikasi pengolah angka semata. Namun, ternyata Excel juga bisa menghasilkan grafik yang menarik. Adanya grafik yang menarik dan keren, akan memudahkan pengguna dalam menarik kesimpulan terkait data yang disajikan terutama infografis. Infografis sangat membantu dalam menjelaskan suatu pembahasan karena penyampaian informasi secara visual mampu membuat kita lebih cepat paham dibandingkan penjelasan dengan teks saja. Pada artikel kali ini, DQLab akan mengupas mengenai pentingnya infografis dalam visualisasi data dan bagaimana membuat infografis yang menarik dan keren dengan menggunakan Excel. Buat kalian yang belum tahu penggunaan infografis dan bagaimana caranya membuatnya, pastikan kalian simak artikelnya dan baca selengkapnya sampai habis ya!



1.Manfaat dan Pentingnya Infografis

Infografis tentunya sangat penting ketika kita mendapatkan sebuah informasi yang rumit menjadi lebih enak dilihat. Hal ini yang membuat penggunaan infografis menjadi penting dan bermanfaat. Sebenarnya ada banyak sekali elemen pada infografis yang dapat digunakan sesuai dengan tema pembahasan. Bila bingung akan membuat infografis dengan bentuk seperti apa, maka Anda dapat mencari berbagai bentuk infografis yang telah dibuat di berbagai situs terkenal seperti Pinterest ataupun bisa juga membuat infografis sendiri menggunakan Piktochart, Visual.ly maupun Excel. Dengan menggunakan infografis, maka setiap pembaca langsung akan mengetahui inti data yang disampaikan dengan cepat. Karena pada gambar infografis umumnya memiliki struktur yang dimulai dari judul pembahasan dan berlanjut pada pembukaan dan isi, kemudian ditutup dengan kesimpulan dan referensi data yang digunakan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2.Tips Menyusun Infografis Yang Menarik

Tips dalam menyusun infografis adalah pastikan telah ada sasaran audience yang tepat untuk data yang disajikan tersebut. Jika tidak bisa berakibat kepada salah sasaran, akibatnya penyajian data yang bisa disalah artikan maknanya. Buatlah visual infografis dengan informasi yang menarik perhatian masyarakat, dengan demikian juga dilengkapi dengan warna atau gambar yang sesuai dengan target audience. Penyajian yang tepat sasaran ini diharapkan bisa mempermudah penyampaian makna yang sebelumnya tidak sepenuhnya bisa dijelaskan atau dibaca secara tuntas, sekarang bisa diminimalisir dengan membuat penyajian data yang tanpa harus dipaksa membaca masyarakat mau membaca sampai akhir. Sesimple apapun tulisan tersebut jangan sampai keluar dari jalur informasi apa yang seharusnya disajikan. Jangan hanya fokus dengan data utama namun juga diselingi tema juga informasi pendukung lainnya.


Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!



3.Cara Membuat Infografis dengan Microsoft Excel 

Berikut adalah cara membuat infografis dengan menggunakan Microsoft Excel:

  1. Buatlah sheet dalam Excel untuk menampung data-data dan objek visual (grafik, gambar, diagram, dll) yang berkaitan dengan subjek tertentu yang akan ditampilkan pada infografis. Misalnya ada 6 subjek, yaitu: Inflasi, Pertumbuhan PDB, Ekspor, Impor, Kependudukan dan Ketenagakerjaan sehingga dibuatkan satu sheet untuk masing-masing subjek tersebut.

  2. Sisi interaktif dari contoh infografis yang saya buat adalah kita dapat melihat informasi dari masing-masing subjek berdasarkan Tahun misalnya (2011 s/d 2014) dengan cara meletakan mouse (mouseover) pada tahun yang dipilih. Untuk mengatur mekanisme ini kita buatkan fungsi VBA dengan nama MouseOver, dan kita buat juga satu sheet dengan nama 'Control' untuk menampung data-data tautan (link) dari nama 'Cell Range'. Untuk melihat daftar nama 'Cell Range' klik tab menu 'Formulas' kemudian klik 'Name Manager'. 

  3. Kemudian kita buat satu sheet utama dengan nama 'Infographic' yang akan menampilkan seluruh subjek dalam satu halaman. Sheet inilah yang nantinya akan diakses oleh audiens kita, sementara sheet-sheet yang lain hanyalah sebagai bantuan yang akan kita sembunyikan.

  4. Gunakan Camera Tool atau Paste Picture Link untuk menyatukan informasi visual dari semua subjek kedalam sheet 'Infographic'.

  5. Proteksi dengan cara memberikan password pada VBAProject dan sheet 'Infographic' agar tidak dapat dimodifikasi oleh pihak lain kecuali Anda sendiri


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!



Penulis: Reyvan Maulid Pradistya

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!