MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 11 Menit : 33 Detik

Cara Membuat Visualisasi Data Trends dengan Excel

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/73d5740fc9bb0efb2390de79a6499e89_x_Thumbnail800.jpg

Cara membuat visualisasi data dengan Excel ternyata tidak begitu sulit, mengingat fitur-fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Excel memang bersifat user friendly. Umumnya Excel tidak kalah dengan tools lainnya dalam hal visualisasi. Bisa dikatakan bahwa Excel ini hampir menjadi software yang serba bisa meskipun tidak dalam tingkatan yang advanced. Pada dasarnya, Excel tidak hanya digunakan untuk membuat tabel semata, melainkan juga dapat digunakan untuk melakukan proses cleansing data, menganalisa, bahkan dapat digunakan untuk visualisasi.

Microsoft Excel pertama kali diluncurkan di tahun 1985 untuk sistem operasi Mac OS dengan nama Excel tanpa awalan Microsoft. Namun karena adanya tuntutan ke Microsoft karena telah ada perusahaan yang bergerak di bidang finansial yang menggunakan nama Excel, barulah Excel berganti nama menjadi Microsoft Excel. Selain itu Microsoft juga membeli nama Excel dari perusahaan tersebut sehingga nama Excel menjadi lebih kuat. Di tahun 1998 akhirnya Excel telah berhasil menjadi software spreadsheet yang populer dan diakui.

Nah, setelah mengetahui sejarahnya, berikut ini akan dibahas mengenai cara membuat visualisasi untuk data trend dengan menggunakan Excel. Penasaran kan? Yuk, simak ulasannya.

1. Data Visualisasi

Data visualisasi merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengubah data yang awalnya tidak berbentuk visual seperti angka, teks, dan lain sebagainya ke dalam bentuk visual. Namun dalam proses pengubahan tersebut, kita tidak bisa mengubahnya begitu saja tanpa mempertimbangkan beberapa hal. Diantaranya adalah data tersebut setelah diubah harus dapat dibaca atau bersifat readable dan juga dapat dikenali. Secara umum data visualisasi terbagi menjadi 3 bagian besar, yaitu Scientific Visualizations, Information Visualization, dan Visual Analytics yang merupakan gabungan dari keduanya.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Data Visualisasi Sangat Penting dalam Mengeksplorasi Big Data

Data Visualisasi menjadi sebuah alat yang tepat untuk mengeksplorasi data yang begitu banyak jumlahnya atau yang dikenal dengan big data dalam waktu yang lebih singkat. Selain mengeksplorasi, kita akan lebih mudah untuk memahami dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Selain itu, otak manusia lebih mudah untuk mengingat gambar dibandingkan teks atau angka, sehingga hasil visualisasi yang dihasilkan dari data akan lebih melekat dibandingkan ketika kita mengecek satu per satu data yang bervolume sangat besar tersebut.

3. Visualisasi Data Trend dengan Sparklines di Excel

Salah satu data yang membutuhkan visualisasi adalah data trend. Jika sebelumnya kita melihat data trend yang berukuran normal, maka Excel menawarkan fitur visualisasi data trend dalam grafik mini sehingga dapat digabungkan langsung dengan datanya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara:

  • Buka data yang ingin dilihat trend nya, misalkan kita ingin menggunakan data penjualan sales.

  • Klik Menu Insert, kemudian di Grup Sparklines pilih salah satu bentuk chart yang diinginkan, misalnya kita pilih yang line.

  • Kemudian ketika kotak dialog Create Sparklines nya telah muncul, pilih range data yang sesuai dan juga lokasi sparklines akan ditempatkan.

  • Ulangi langkah tersebut untuk rows lainnya, atau bisa dengan meng-copy formatnya. Misalkan kita ingin menunjukkan titik tertinggi dan terendah dari trend yang ada, maka kita dapat mencentang High Point dan Low Point di grup Show pada Menu Design yang hanya akan muncul jika hasil sparklines nya di klik.

Nah, jadi deh trend dari data penjualan dengan menggunakan sparklines.

Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!