[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 11 Menit 48 Detik 

Cara Menginstall Python pada Berbagai Sistem

Belajar Data Science di Rumah 14-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/df29fa7c5f43548019e642f0ef77c838_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang interaktif dan berorientasi pada objek. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang multifungsi sehingga banyak diinstal oleh profesional di berbagai bidang. Python menggabungkan multi fungsionalitasnya dengan sintaks yang jelas sehingga membuat bahasa pemrograman ini sangat terkenal di semua kalangan penggiat data science. Bahasa pemrograman yang powerfull ini memiliki banyak fungsi dan library, dapat diaplikasikan ke berbagai sistem windows, dan dapat dihubungkan dengan C dan C++. 

Popularitas dan fungsionalitas python yang tinggi menyebabkan python banyak direkomendasikan untuk berbagai bidang industri, terutama industri yang memanfaatkan big data, web development, hingga game development. Di era digital seperti saat ini, python popularitas python kian meningkat karena beberapa universitas sudah mulai menyisipkan python pada beberapa mata kuliah. Kabar baiknya, python tidak hanya dapat diakses melalui komputer, tetapi juga dapat diakses menggunakan browser dan sambungan internet. Walaupun demikian, masih ada beberapa orang yang belum paham bagaimana cara menginstall python yang benar di berbagai device yang mereka miliki. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, DQLab akan menjelaskan cara menginstall python dengan mudah di berbagai device sehingga kamu tidak perlu bingung dan mendownload berbagai tutorial. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Menginstall Python di Windows

Jika kamu menggunakan Windows, kamu harus menginstall python dan mengkonfigurasikan beberapa setting sebelum menggunakannya. Sebetulnya, python sudah menyediakan instruksi khusus terkait sistem operasi yang dapat dilihat pada web python sebagai berikut:

Pertama kamu perlu mendownload official installer yang dapat didownload di http://www.python.org/download/. File ini memiliki ekstensi .msi. Lalu double click file tersebut untuk membuka wizard instalasi python. Setelah itu akan muncul beberapa pertanyaan. Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengizinkan default setting yang muncul karena dipastikan setting tersebut aman.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Menginstall Python di Sistem Lainnya

Python tidak hanya dapat digunakan di windows, tetapi juga bisa digunakan pada sistem lain, terutama jika kamu ingin memanfaatkan versi terbarunya. Untuk Linux dan sistem lain yang mirip dengan Unix, kamu bisa mengakses petunjuk penginstalan yang sudah disediakan oleh python dan dapat diakses pada

Jika kamu menggunakan OS X, kamu bisa mengakses petunjuk penginstalan di

3. Versi Terbaru Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman python terus berkembang. Versi terbarunya saat ini adalah versi 3.0 yang mencakup beberapa perubahan pada bahasa pemrograman yang tidak kompatibel dengan versi 2.x namun sebagian besar bahasanya sama. Python selalu mengupdate informasi mengenai versi terbarunya dan fitur-fitur tambahan apa yang ada dalam versi baru tersebut. Informasi lengkap mengenai Python 3.0 atau dikenal juga dengan Py3k dan Python 3000 dapat diakses di http://www.python.org/download/releases/


4. Mengenal Python Versi 3.0

Python 3.0 adalah versi terbaru dari bahasa pemrograman python yang dirilis pada Bulan Desember 2008. Beberapa fitur Python 3.0 telah di-backport ke versi 2.x untuk mempermudah proses migrasi di Python 3.0. Sebagian besar bahasa pada Python 3.0 dan 2.x sama, tetapi banyak detail terutama cara kerja objek bawaan seperti dictionary dan string sudah banyak berubah. Selain itu, banyak fitur yang dihapus karena tidak digunakan lagi serta library standar telah ditata ulang agar lebih efisien.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Mengenal Python Bersama DQLab

Python merupakan bahasa pemrograman yang paling populer. Sebagian besar perusahaan raksasa menggunakan bahasa pemrograman ini untuk membantu beberapa pekerjaan. Tak heran jika seseorang yang menguasai python memiliki salary di atas rata-rata. Yuk belajar python lebih dalam bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul python untuk segala kalangan yang bisa kamu gunakan sebagai panduan dalam belajar dasar-dasar hingga pemanfaatan python di level advanced. Klik button di bawah ini untuk mengakses modul tersebut dan mulai belajar sebagai bekal berkarir di era big data!



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!