MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 6 Menit 2 Detik 

Cara Menjadi Data Engineer, Profesi Hot Masa Kini

Belajar Data Science di Rumah 02-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/86fa7e2f2b516d90c22a20772f3f6a5d_x_Thumbnail800.png

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, prospek kerja di bidang IT sedang banyak-banyaknya dilirik. Tidak hanya profesi programmer maupun developer, kini Data Engineer menjadi profesi yang mulai digemari banyak orang. Data engineer merupakan salah satu profesi yang lebih mengarah ke insinyur, yang memiliki tugas untuk membangun infrastruktur Big Data yang masih belum terstruktur, setelah itu data engineer mengambil beberapa data yang penting dan dilakukan suatu analisa tertentu yang dilakukan oleh seorang Data Analyst atau Data Scientist.

Untuk dapat menjalani profesi sebagai Data Engineer, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pengetahuan tentang database, kemampuan logis, serta pemahaman tentang pemrograman dasar. Selain kompetensi dan latar belakang yang mendukung, terdapat beberapa pengetahuan dan kemampuan yang juga perlu kamu kuasai jika ingin berkarir menjadi Data Engineer. Penasaran bagaimana caranya agar kamu bisa berkarir di bidang yang banyak diminati ini? Simak artikel berikut ini ya!

 

1. Mengenal Profesi Data Engineer

Data engineer adalah seseorang yang bertanggung jawab atas infrastruktur data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Infrastruktur yang dimaksud disini adalah bagaimana cara kita menyusun sebuah cara untuk para tim data agar memudahkan mereka dalam melakukan analisa data. Infrastruktur ini bisa berupa database, pipeline, data warehouse, maupun sistem lainnya yang dirancang untuk memproses data berskala besar. Umumnya, mereka akan bekerja sama dengan karyawan bagian pengolahan data lainnya seperti Data analyst dan Data manager. Meski namanya mirip, ketiga profesi yang berkaitan dengan data ini punya tugas yang berbeda.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya! 

 

2. Cara Menjadi Data Engineer

Banyak cara dan tips yang dapat kamu terapkan jika ingin memulai karir sebagai Data Engineer. Hal yang paling mendasar adalah banyak membaca dan mempelajari coding. Karena salah satu syarat penting adalah memiliki keingintahuan yang tinggi, maka kamu harus banyak membaca dan mempelajari topik-topik mengenai Big Data, bahasa pemograman dan teknologi. Tidak hanya sekedar membaca, tetapi latihan yang rutin dan bergabung dalam komunitas praktisi data akan membantumu berinteraksi langsung dan berkesempatan mendapatkan pengetahuan dari praktisi data baik junior maupun yang sudah senior.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari coding yang merupakan dasar untuk menjadi seorang praktisi data. Jangan khawatir, DQLab bisa membantu kamu untuk siap menjadi praktisi data! Bangun portofolio kamu dan wujudkan mimpi untuk menjadi seorang Data Engineer yang mumpuni di dqlab.id!

 

3. Prospek Karir Data Engineer

Di era Big Data dan Industri 4.0, profesi Data Engineer semakin banyak dicari perusahaan. Tak hanya dibutuhkan perusahaan IT, mereka juga kerap dilibatkan dalam industri perbankan yang kini mulai beralih ke teknologi digital. Tidak hanya dari perusahaan IT dan industri perbankan, Data Engineer kini dibutuhkan perusahaan dari hampir semua industri, terutama perusahaan yang mulai merambah ke digitalisasi. Jadi, bisa dibilang Data Engineer memiliki prospek karir yang menjanjikan.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis : Salsabila Miftah

    Editor : Annissa Widya


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!