PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 52 Menit 46 Detik

Cara Mudah Hapus Elemen dari Set di Python

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2024-06-30-214021_x_Thumbnail800.jpg

Set dalam Python adalah istilah yang digunakan untuk menyebut koleksi dengan sifat tidak berurutan, tidak berubah, dan tidak mengizinkan adanya duplikasi. Set digunakan ketika kalian membutuhkan koleksi yang hanya berisi unique element.


Dengan beberapa alasan, terkadang kalian perlu menghapus elemen dari set, bukan? Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan cara mudah menghapus elemen dari set di Python, termasuk kapan kita perlu menghapus elemen, serta cara menggunakan metode remove(), discard(), dan pop().


1. Kapan Kita Menghapus Elemen dari Set di Python?

Menghapus elemen dari set di Python dilakukan ketika kalian ingin mengubah koleksi elemen unik yang ada. Hal ini bisa terjadi dalam berbagai skenario. Misalnya, kalian sedang mengelola sebuah aplikasi yang mencatat daftar peserta dalam sebuah acara. Jika seorang peserta batal ikut, kalian harus menghapus nama peserta tersebut dari set.


Selain itu, menghapus elemen dari set juga penting dalam algoritma yang memerlukan operasi set, seperti perbedaan (difference) dan perpotongan (intersection) antara dua set. Mengelola set secara dinamis dengan menambahkan dan menghapus elemen sangat diperlukan agar koleksi tetap relevan dengan kebutuhan terkini.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menghapus Elemen dengan remove()

Metode remove() dalam Python digunakan untuk menghapus elemen tertentu dari set. Metode ini akan menghapus elemen yang diberikan sebagai argumen jika elemen tersebut ada dalam set. Namun, jika elemen yang ingin dihapus tidak ditemukan dalam set, metode ini akan menghasilkan KeyError. Berikut adalah contoh penggunaannya.

Python


Pada contoh di atas, elemen 3 berhasil dihapus dari set. Namun, jika kita mencoba menghapus elemen yang tidak ada, misalnya 10, maka akan terjadi kesalahan.

Python


Untuk menghindari kesalahan ini, kalian harus memastikan bahwa elemen yang ingin dihapus benar-benar ada dalam set, atau kalian dapat menggunakan metode discard() yang akan kita bahas selanjutnya.


3. Menghapus Elemen dengan discard()

Metode discard() adalah cara lain untuk menghapus elemen dari set di Python. Metode ini mirip dengan remove(), tetapi memiliki keunggulan karena tidak menghasilkan kesalahan jika elemen yang ingin dihapus tidak ditemukan dalam set.


Ini membuat metode discard() lebih aman digunakan saat kalian tidak yakin apakah elemen tersebut ada dalam set atau tidak. Berikut adalah contoh penggunaannya.

Python


Pada contoh di atas, elemen 3 berhasil dihapus dari set tanpa masalah. Jika kita mencoba menghapus elemen yang tidak ada, misalnya 10, metode ini tidak akan menghasilkan kesalahan dan set tetap tidak berubah.

Python


Metode discard() sangat berguna ketika kalian tidak ingin menangani pengecualian yang mungkin terjadi jika elemen tidak ditemukan dalam set.


4. Menghapus Elemen dengan pop()

Metode pop() digunakan untuk menghapus dan mengembalikan elemen acak dari set. Karena set tidak memiliki urutan, elemen yang dihapus oleh pop() juga tidak dapat diprediksi. Metode ini berguna ketika kalian hanya ingin menghapus elemen tanpa mempedulikan elemen mana yang dihapus. Berikut adalah contoh penggunaannya.

Python


Pada contoh di atas, elemen yang dihapus dan dikembalikan oleh pop() adalah elemen acak. Kalian tidak dapat memprediksi elemen mana yang akan dihapus. Jika set kosong dan pop() dipanggil, metode ini akan menghasilkan KeyError.

Python


Metode pop() cocok digunakan ketika kalian perlu menghapus elemen dari set dan memprosesnya lebih lanjut, tanpa peduli elemen mana yang dihapus. Namun, kalian harus berhati-hati untuk tidak menggunakan metode ini pada set kosong untuk menghindari kesalahan.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Nah, Sahabat DQ mulai tertarik untuk mempelajari coding Python lebih dalam lagi? Tidak hanya mampu melakukan coding sederhana seperti di atas, Sahabat DQ juga bisa loh menjadi praktisi data yang menganalisis dengan coding level tingkat lanjut.


Bagaimana persiapannya? Harus belajar darimana? Pertanyaan tersebut bisa kalian temukan jawabannya di website DQLab.


Dengan modul pembelajaran yang lengkap, Live Code Editor sehingga tak perlu install aplikasi lagi, dan dilengkapi dengan beragam studi kasus, akan membuat Sahabat DQ jago melakukan coding di Python. Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login