BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 7 Menit 16 Detik 

Cara Mudah Mengoperasikan Excel Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 09-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ddedec79ce19ec6d206b4433daadf3a5_x_Thumbnail800.jpg

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika Excel merupakan software yang mudah diandalkan untuk keperluan pengolahan data. Selain itu, excel juga dapat dipelajari oleh siapa saja dan tidak memandang jabatan dan status pekerjaan apapun karena sekarang semua mulai menggunakannya. Apalagi aplikasi Microsoft Excel sendiri banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari administrasi kantor, keperluan penggajian karyawan atau payroll, compensation and benefit, membuat tabel dan grafik, pengolahan dan analisis data, membuat perhitungan dan analisis statistik serta masih banyak sekali yang lainnya. 


Excel pun sangat kompatibel digunakan dalam berbagai medium mulai dari Windows, MacOS bahkan Linux. Microsoft Excel. telah dikenal sebagai sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang sangat membantu dalam aktivitas pengolahan data dan pelaporan karena dilengkapi fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang berupa pengolah angka dengan berbagai formulasinya untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, manajemen data dan pembuatan data


Bagi seorang pemula yang belum tahu bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Excel, ada banyak hal yang bisa kalian lakukan. Kalian juga bisa mendapatkan berbagai sumber, seperti membeli buku fisik tentang cara mengoperasikan excel, melakukan praktek berupa tutorial dari berbagai pelatihan excel. Menonton video di youtube untuk banyak-banyak mencoba dan praktek serta baca tutorial excel dalam bentuk pdf atau e-book. 


Mengoperasikan Microsoft Excel memang membutuhkan waktu dan proses perlahan-lahan. Dengan banyaknya praktek maupun latihan soal-soal membuat kita bisa menguasai dan mudah mengoperasikan Excel. Dengan banyak praktik, kita juga bisa mengembangkan ilmu kita setelah belajar microsoft excel sehingga materi yang kita kuasai juga semakin berkembang dan kita menjadi mahir untuk belajar excel. Sekarang kamu tidak perlu membuang waktu berlama-lama untuk tahu trik dan tips microsoft excel. Melalui artikel ini, kamu bisa mempelajari beberapa trik spreadsheet, sehingga kamu bisa mengembangkan skill menggunakan microsoft Excel ke level yang lebih tinggi loh sahabat DQ. 


Berikut ini DQLab akan berikan kamu cara mudah mengoperasikan Microsoft Excel anti ribet utamanya kalian nih para fresh graduate untuk siap kerja. Bagi kalian para pemula data tentunya artikel ini wajib untuk disimak dan diketahui sama-sama. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys! 


1. Pengenalan Fitur-Fitur Microsoft Excel 

Tidak kenal maka tidak sayang, buat kalian seorang pemula yang ingin mempelajari Microsoft Excel pastikan kalian harus tahu terlebih dahulu apa saja fitur-fitur yang tersedia. Pastikan kalian jangan sampai salah yaaa. Berikut ini adalah fitur-fitur Microsoft Excel:

excel

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing fitur dari Microsoft Excel:

  • Title bar: yang paling atas bagian tengah ada Judul. Title bar ini adalah nama file excel kita setelah kita simpan, jika belum disimpan maka namanya masih book1, book2, book3, dsb.

  • File Tab di kiri atas: di sini berisi perintah-perintah seperti buka file excel baru, buka file excel yang sudah disimpan, menu untuk save, save as, print, share, export, publish, dan sebagainya, sampai pengaturan excel ada di sini. Untuk keluar file tab, klik tombol Esc di keyboard.

  • Quick access toolbar: berguna untuk akses cepat di excel, misal print, save, print preview, membuat tabel, dan sebagainya. Perinta di sini bisa ditambahkan nantinya.

  • Ribbon, yang merupakan sekumpulan menu dan perintah penting beserta iconnya di excel.

  • Kolom (Columns), terdiri dari kolom A, B, C, D E, dan seterusnya.

  • Baris (Rows), terdiri dari baris 1, 2, 3 dan seterusnya.

  • Cell, adalah pertemuan baris dan kolom, misalkan CELL A1 seperti di atas, berada di kolom A dan Baris ke 1.

  • Sheet atau Worksheet, yaitu tempat di mana kita akan bekerja menggunakan excel. Isi worksheet adalah seluruh cell yang ada di sheet ini. Kita bisa menambah sheet, insert, delete, dan copy paste jika mau nantinya.

  • View Button yang berfungsi untuk memilih tampilan excel apakah mau normal, page layout, atau page break preview.

  • Zoom button, berfungsi untuk memperkecil dan memperbesar tampilan excel. Kita bisa juga menggunakan keyboard dan mouse untuk memperbesar dan memperkecil tampilan. Tekan dan tahan tombol Ctrl lalu scroll mouse ke atas untuk memperbesar dan scroll mouse ke bawah untuk memperkecil.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Tipe Data Pada Microsoft Excel 

excel

Data-data yang bisa kalian input dalam sheet atau lembar kerja Microsoft Excel berisi data numerik. Mengetahui jenis atau tipe data pada excel sangat penting karena sebagai pemula kita bisa menentukan dan mengolah data dengan tepat. Biasanya mereka terkadang kesulitan untuk menggunakan formula atau function dalam excel karena ketidakpahaman dalam jenis data yang ia gunakan.

Tidak jarang bahwa sering kita temukan berbagai kasus gagal dimuatnya formula excel yang sudah kita tuliskan. Hal ini karena perbedaan penanganan dari tipe data yang akan kita olah datanya. Padahal rumus yang sudah kita tuliskan benar. Berikut adalah tipe-tipe data yang bisa kita sisipkan dalam Microsoft Excel

  • Tipe Data Label pada excel adalah jenis data yang tersusun oleh kumpulan karakter huruf (A-Z/a-z), angka(0-9) atau karakter simbol(!,@,#, dll.). Data label biasanya digunakan sebagai bagian dari deskripsi sebuah informasi. Misalnya digunakan untuk menunjukkan nama, header sebuah tabel, atau deskripsi-deskripsi lainnya

  • Tipe data value disebut juga sebagai data numerik atau angka yakni data pada sel excel yang karakter penyusun utamanya berupa nilai angka 0-9. Ciri utama tipe data value adalah dapat digunakan dalam operasi perhitungan aritmatika misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian. Ciri lain dari data angka di excel ini adalah secara default akan ditampilkan dengan rata kanan (Align Right) pada sebuah cell excel.

  • Tipe tanggal dan waktu atau date. Biasanya ketika kalian melakukan input data dalam bentuk format tanggal atau waktu ke dalam sel lembar kerja excel, maka microsoft excel akan secara otomatis mengkonversi input data tersebut ke dalam data value tipe tanggal dan atau waktu. Contoh: 01/01/2015, 1 januari 2015, 12:00, 14:30:00, 01/01/2015 12:00, dsb.


3. Menyalin Formula Antar Worksheet

Ketika kalian ingin menyalin sebuah rumus ke lokasi worksheet lain, kalian bisa menggunakan opsi salin tempel rumus khusus kedalam sel yang ingin dituju. Dengan menggunakan salinan formula ini, tentunya akan memudahkan kalian dalam menginput data-data karena sudah tersedia setelah disalin. Berikut ini adalah cara menyalin dan menempelkan rumus antar worksheet yang bisa kalian praktekkan:

  • Tetapkan dan pilih sel dengan rumus yang ingin disalin

  • Pakai CTRL + C

  • Klik sel atau pindahkan sheet yang ingin digunakan untuk menempelkan rumus

  • Untuk menempel rumus beserta format yang ingin kalian tempelkan, kalian tekan CTRL + V atau klik menu paste

excel


4. Auto Fill Pada Microsoft Excel 

Tahukah kalian sahabat DQ, kalau pada Microsoft Excel kalian bisa mengisi sel atau melakukan input data secara otomatis berdasarkan pola tertentu. Kalian bisa dengan mudah untuk melakukan pengisian secara langsung sesuai dengan contoh yang kalian berikan. Fungsi ini dikenal dengan auto fill atau flash fill pada Microsoft Excel. Bedanya Auto Fill lebih ditujukan untuk pola pembentukan urutan data pada satu baris atau satu kolom saja, sedangkan Flash Fill lebih ditujukan untuk pembentukan data baru berdasarkan pola tertentu yang bisa lebih kompleks atau lebih rumit.


Dengan menggunakan Flash Fill, excel akan menebak data apa yang seharusnya dimasukkan data pada sel-sel lain setelah mempelajari dan menganalisa data yang anda tulis secara manual. Oleh sebab itu Flash Fill pada excel akan bekerja dengan baik jika data anda memiliki pola yang jelas. Biar kalian tidak penasaran, langsung aja yuk kita praktekkan penggunaan flash fill


Langkah-Langkah Menggunakan Flash Fill Pada Excel:

excel

  • Misalnya kalian telah membuat master data berisi nama-nama yang ada di bawah ini. Lalu kalian ingin memisahkan antara nama depan dari nama lengkap yang telah tersedia di tabel. Kira-kira bagaimana ya caranya? Yuk langsung kita praktekkan aja sahabat DQ!

  • Tulis pola nama depan salah satu sel yang bersesuaian. Umumnya pada sel data yang paling atas (Ketik "Kalistha" pada sel B2).

  • Pindahkan sel aktif pada sel lain dalam satu kolom. Untuk mudahnya tekan enter saja agar sel aktif berpindah ke bawah sel rujukan pola pada nomor 1 (Aktifkan Sel B3).

  • Berikutnya pilih perintah Flash Fill yang bisa anda temukan pada Tab HOME--Group Editing--Fill--Flash Fill atau pada Tab DATA--Group Data Tools--Flash Fill. Apabila anda sudah terbiasa menggunakan shortcut, perintah Flash Fill juga bisa anda aktifkan dengan menekan tombol Ctrl + E. 

  • Lakukan hal yang sama dari 1-3 untuk mengisi data nama belakang.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel Dari Dasar Sampai Mahir Yuk Bersama DQLab!

Bingung mau kuasai skill excel untuk persyaratan kerja dan skill wajib untuk pelamar kerja? Gausah ragu dan takut. DQLab jawabannya! Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science dan excel secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science.

Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, free guysss! Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. 


Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya.

Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :